( TAJALI - SUPAYA DAPAT KITA MENGGULUNG TUBUH JASMANI DAN ROHANI MENJADI NOR / CAHAYA YANG SUCI )
INILAH JALANNYA - APABILA KITA SEMBAHYANG PANDANGLAH NAFAS KITA
KARENA HAKIKAT NAFAS ITU SENDIRI ADALAH NOR MUHAMMAD, KALAU PUN KITA
RASAKAN YANG KELUAR DARI HIDUNG ITU ANGIN, TETAPI ANGIN YANG KELUAR
DARI HIDUNG ITU ADALAH UJUNGNYA DARI NAFAS ITU, DAN KITA IKTIQODKAN (
YAKINKAN DENGAN HAQUL YAKIN ) BAHWA NAFAS ITU NOR MUHAMMAD ( DIRI NORANI
YANG ADA PADA DIRI KITA ) YANG MELIPUTI TUBUH JASMAN KITA DAN ROHANI
KITA DALAM KHOYAL KITA ATAU AQAL-FIKIRAN KITA, MAKA KETIKA ITU JADILAH
TUBUH JASMANI DAN ROHANI NOR MUHAMMAD SEMATA-MATA SEHINGGA DALAM
PANDANGAN AQAL-FIKIRAN KITA TIDAK LAGI BERTUBUH JASMANI DAN ROHANI HANYA
BERTUBUH NOR ( CAHAYA ) SAJA DALAM INGATAN KITA, KARENA HAKIKAT NOR ITU
ADALAH WUJUD ALLOH ITU, DAN KETIKA ITU LEPASLAH KITA DARI SYIRIK KHAFI (
SYIRIK YANG TERSEMBUNYI ). DAN BERSABDA ROSULULLOH SAW
( وجودك ذنب لا قياس له لغيره )
ARTINYA:" WUJUDMU ITU DOSA, TIADA QIYAS BAGINYA, BAGI LAINNYA." DAN
APABILA KITA DAWAAMKAN ( KEKALKAN SENANTIASA ) CARA YANG AL-FAQIR
TULISKAN INI INSYA ALLOH TA'ALA AKAN NAMPAKLAH DI WAKTU SAKROTUL MAUTNYA
ITU CAHAYA NOR MUHAMMAD MEMENUHI ATAU MELIPUTI BATANG JASMANI KITA
SEPERTI APA YANG DILANTUNKAN DALAM SHOLAWAT NABI SAW YANG BERBUNYI ( نور
المصطفي ملا، الاكوان )
ARTINYA:" NOR MUHAMMAD YANG MEMENUHI (
MELIPUTI ) SEKALIAN ALAM." TIDAKKAH ENGKAU KETAHUI BAHWA ALLOH ITU
HAKIKAT ALAM DAN SEBENAR-BENAR ALAM ITU BATANG TUBUH KITA, INILAH YANG
KITA MESRAKAN DALAM INGATAN KITA SEKURANG-KURANGNYA DI DALAM SEMBAHYANG
LIMA WAKTU, KARENA TELAH TERMAKTUB DI DALAM HADIST QUDSI YAITU
( يا محمد من ذكرك فقد ذكرني )
ARTINYA:" YA MUHAMMAD ! BARANG SIAPA MENGINGAT ENGKAU, SUNGGUH DIA
TELAH MENGINGAT AKAN AKU." DAN FOKUSKAN INGATAN KITA SAMPAI JAZAM YAKNI
PUTUS MAKRIFAT KITA DENGAN HAQUL YAKIN ( DENGAN SEBENAR-BENAR KEYAKINAN )
TIADA SYAK, ZHON DAN WAHAM BAHWA NOR MUHAMMAD ITULAH BATANG TUBUH
KITA, JADILAH BATANG TUBUH KITA QODIM ( TIDAK AKAN HANCUR BINASA ).
BANYAK ( PADA UMUMNYA ) PARA FILOSOF MUSLIM BERPENDAPAT BAHWA ALAM INI
QODIM ARTINYA WUJUD ALAM INI BERSAMAAN DENGAN WUJUD ALLOH DI ANTARANYA
FILOSOF MUSLIM YANG BERPENDAPAT ALAM INI QODIM IALAH, IBN RUSYD, IBNU
THUFAIL, DLL, DAN DI ANTARA FILOSOF YUNANI MENGATAKAN ALAM INI QODIM, (
TIDAK ADA PERMULAAN DAN TIDAK ADA KESUDAHAN ) IALAH, ARISTOTELES,
PLATO, DAN SIDHARTA GAUTAMA ( DARI INDIA ) . DAN MEREKA BERKEYAKINAN
SEPERTI ITU, KARENA MEREKA MELIHAT PUTUS PADA SATU TITIK ( NOR MUHAMMAD )
YAITULAH HAKIKAT SEGALA SESUATU DI ALAM INI, NOR MUHAMMAD INI ADALAH
SIFAT YANG TIDAK BERPISAH DENGAN ZATNYA.MAKA QIYASKANLAH OLEHMU KARENA
HAL YANG AL-FAQIR SEBUTKAN INI ADA HUBUNGANNYA DENGAN TANASUKH (
REANKARNASI ) YANG SEBAGIAN AHLI FILOSOF MEYAKININYA. WALLOHU A'LAM