Suatu zikir hanyalah untuk menyelamatkan hati dari nafsu keduniawian dan nafsu keinginan, nafsu itu menarik kejelekan, maka tidak ada yang selamat dari nafsu, kecuali bergantung pasrah kepada Allah SWT.
Aktifitas wirid/zikir yang terus menerus akan menjadi warid yaitu timbul cahaya ke-ilahy-an yang masuk kedalam hati yang akan membedakan hak dan batil.
Oleh karena itu jelaslah bahwa ilmu tarekat sangatlah penting karena pengaruh zikrullah terhadap pribadi mukmin makin kuat, sehingga membawa pengaruh positif dalam hidup dan kehidupan pribadi yang luhur.
Pelaksanaan zikir Naksabandiyah sebagai berikut :
1. LATIFAH QOLBU
Latifah yang berarti duduknya di Latifatul qolby, adanya dibawah susu sebelah kiri jarang dua jari condongnya kedalam.Dalam pengisian zikir……..arahnya kedalam dan harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya, maka tetaplah di Latifatul qolby.
Wilayahnya nabi Adam,
tempatnya nafsu Lawwamah, bersifat > suka mencela, menuruti hawa
nafsu, bohong, menganiaya, bangga diri, menggunjing, pamer, bangga diri,
Warnanya : kuning
2. LATIFAH RUH
Latifah yang berarti
duduknya di Latifatul Ruh, adanya dibawah susu sebelah kanan jarang dua
jari condongnya keluar kedalam. Dalam pengisian zikir…..arahnya keluar
kedalam dan harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya di Latifatul
Ruh. Dari
Latifatul qolby ke Latifatul Ruh ada perjalanan zikir sebanyak 1000
kali dan setelah mengerjakan zikir perjalanan tetaplah di Latifatul Ruh.
Wilayahnya nabi Ibrahim
dan nabi Nuh. Tempatnya nafsu Mulhimah, bersifat > lapang dada,
dermawan, merendah, sabar, taubat, qonaah, tahan menghadapi kesusahan.
Warnanya : merah
3. LATIFAH SIR/SIRRI
Latifah yang berarti duduknya di Latifatul Sir,
adanya di atas susu sebelah kiri jarang dua jari condongnya keluar.
Dalam pengisian zikir ….arahnya keluar dan harus diisi dengan zikir
sebanyak-banyaknya di Latifatul Sir. Dari Latifatul Ruh ke Latifatul Sir
ada perjalanan zikir 1000 kali. Bilamana dalam pengisian Latifah Qolby
5000 kali, maka Ruh harus juga diisi 5000 kali. Setelah mengerjakan
perjalanan zikir dari Ruh ke Sir maka tetaplah berada di Latifatul Sir.
Wilayahnya nabi Musa, tempatnya nafsu Mutmainah, bersifat > senang ibadah, bersyukur, ridho, tawakal, sayang dengan sesama makhluk, takut melanggar larangan Allah/Waro.
Warnanya : Putih
4. LATIFAH KHOFI
Latifah yang berarti
duduknya di Latifatul Khofi, adanya di atas susu sebelah kanan jarang
dua jari condongnya kedalam. Dalam pengisian zikir ….arahnya kedalam dan
harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya di Latifatul Khofi. Dari
Latifatul Sir ke Latifatul Khofi ada perjalanan zikir sebanyak 1000
kali. Bilamana dalam pengisian Latifah qolby 5000 kali dan Sir juga
harus 5000 kali. Setelah mengerjakan perjalanan zikir dari Sir ke Khofi
maka tetaplah di Latifatul Khofi.
Wilayahnya nabi Isa,
tempatnya nafsu Mardiyah, bersifat > baik budi, welas asih,
menjalankan kebaikan, tahu diri, sayang sesama makhluk.
Warnanya : Hitam
5. LATIFAH AHFA/AKFA
Latifah yang berarti
duduknya di Latifatul Akfa, adanya di tengah-tengah dada condongnya
keatas kedepan. Dalam pengisian zikir …..arahnya keatas kedepan dan
harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya di Latifatul Akfa. Dari
Latifatul Khofi ke Latifatul Akfa ada perjalanan zikir sebanyak 1000
kali. Bilamana dalam pengisian Latifatul Qolby, Ruh, Sir dan Khofi harus
sama diisi 5000 kali. Setelah mengerjakan perjalanan zikir dari Khofi
ke akfa maka tetaplah di Latifatul Akfa.
Wilayahnya nabi Muhammad SAW, tempatnya nafsu Kamilah, bersifat > ilmu yakin, ainul yakin, haqqul yakin.
Warnanya : Hijau
6.LATIFAH NAPSI
Latifah yang berarti
duduknya di Latifatul Napsi, adanya di tengah diantara dua alis
condongnya kebawah kebelakang. Dalam pengisian zikir…. arahnya kebawah
kebelakang dan harus diisi dengan zikir sebanyak-banyaknya di Latifatul
Napsi. Dari Latifatul Akfa ke Latifatul Napsi ada perjalanan zikir
sebanyak 1000 kali. Bilamana dalam pengisian Latifatul qolby, Ruh, Sir,
Khofi sama, maka di Latifatul Akfa juga harus sama ( misalnya 5000 kali
). Setelah mengerjakan perjalanan zikir dari Latifatul Akfa ke Latifatul
Napsi maka tetaplah duduk di Latifatul Napsi.
Tempatnya nafsu Amarah, bersifat > serakah, takabur, khianat, pelit, syahwat.
Warnanya : merah, kuning, hijau, biru. ( dominan merah )
7. LATIFAH QOLAB/QOLAM
Latifah yang berarti
duduknya di Latifatul qolam adanya di tengah embun-embunan condong
kedalam (seluruh badan). Dalam pengisian zikir …..arahnya kedalam
ditengah-tengah dada. Dari Latifatul Napsi ke Latifatul Qolam, ada
perjalanan zikir sebanyak 1000 kali. Bilamana dalam pengisian Latifatul
Qolby, Ruh, Sir, Khofi, Akfa sama, maka di Latifatul Napsi juga harus
sama 5000 kali. Setelah mengerjakan perjalanan zikir dari Latifatul
Napsi ke Latifatul Qolam maka Latifatul Qolam harus diisi sebanyak 5000
kali. Kemudian dinaikan ke Hadiyat>Kulhu Allah hu ahad….
Ma’iyat>Wahuwa ma’akum aena ma kuntum…..Akrobiyah>Wahuwa Akrobu
minha, minha fi warid.
Setelah mengisi zikir di
Latifatul Qolam maka kembali ke Latifatul Qolby dengan perjalanan zikir
sebanyak 1000 kali, maka tetaplah zikir untuk seterusnya di Latifatul
Qolby yang berarti langsung tenggelam/fana, isilah zikir
sebanyak-banyaknya sebagai tanggung jawab diri sendiri.
Tempatnya nafsu Kamilah, bersifat> Tajjali, laduni, irsad, ikmal, baqobillah.
Warnanya : merah, kuning, hijau, biru ( pelangi )
Zikir latifatul jasad /
Qolam caranya sebagai berikut, masukan zikir Hu Allah lewat napas, tarik
ke lubang hidung sebelah kiri dimasukan ke pangkal jantung diisi zikir
Allah 5000 kali. Dari jantung disebarkan lewat urat ashabat ke semua
denyut nadi, artinya jantung dan nadi menjadi satu disebarkan ke seluruh
tubuh/Latifatul jasad dan mengisi rongga-rongga tubuh dengan zikir
sehingga seluruh tubuh berzikir
2.Untuk melancarkan jantung adalah buang napasnya sedikit……tarik napasnya yang panjang.
Untuk menyebarkan zikir
keluar masuknya napas di jantung, harus belajar cara memberhentikan dan
melancarkan jantung, adalah sebagai berikut :
1.Untuk memberhentikan jantung adalah buang napasnya yang panjang……. tarik napasnya sedikit.2.Untuk melancarkan jantung adalah buang napasnya sedikit……tarik napasnya yang panjang.
Sebagai catatan >Jantung ada dua bagian :
1.Pangkal Jantung ada 101 urat ashabat adalah rupa kerajaan ilahy. 2.Ujung Jantung, kerajaan iblis/darah kotor yang harus dibersihkan/dihancurkan. wassalam, Semoga Allah SWT selalu menyertai kita. Amin.
1.Pangkal Jantung ada 101 urat ashabat adalah rupa kerajaan ilahy. 2.Ujung Jantung, kerajaan iblis/darah kotor yang harus dibersihkan/dihancurkan. wassalam, Semoga Allah SWT selalu menyertai kita. Amin.