Laman

Selasa, 28 Desember 2021

SIFAT MA’ANI

 Allah Hu.


Bismillahifat Apakah Yang Terkandung Di Dalam Ma’ani.?


Sifat yang terkandung di dalam sifat ma’ani ada tujuh perkara:


1. Qudrat = kuasa

2. Iradat = berkehendak

3. Ilmu = mengetahui

4. Hayat = hidup

5. Sama’ = mendengar

6. Basar = melihat

7. Qalam = berkata-kata


Bagaimana Menterjemah Sifat Ma’ani Pada 

Diri Kita.?


Sifat ma’ani Allah Ta’ala yang jelas terzahir pada diri kita ada tujuh:


1. Hidup

2. Mengetahui

3. Berkuasa

4. Berkehendak

5. Melihat

6. Mendengar

7. Berkata-kata


Ada dengan terang dan jelas menzahir Sifat-Sifat-Nya ke atas Diri kita. Tujuan dizahirkan Sifat-nya supaya dijadikan sebagai pedoman, sebagai panduan dan sebagai iktibar untuk kita mengenal, melihat dan memandang Allah melaluinya.


Allah bukan Ain (bukan benda) yang boleh dikenal melalui bentuk hitam dan putih. 

Allah menzahirkan Sifat-Sifat-Nya ke atas Diri kita adalah bertujuan supaya dijadikan Tempat memandang Sifat-Sifat-Nya kepada mereka-mereka yang berpandangan jauh.


Ramai yang masih tidak memerhatikannya. Sifat hidup, Sifat mengetahui, Sifat berkuasa, Sifat berkehendak, Sifat melihat, dan Sifat berkata-kata yang dipakaikan Allah atas Diri kita, adalah menjadi tanda kebesaran-Nya atas Diri kita supaya kita memerhati dan melihatnya. Sifat-Sifat tersebut bukannya Sifat peribadi kita tetapi Sifat tersebut sebenarnya adalah hak kepunyaan Mutlak Allah Ta’ala.


Sifat yang kita pakai ini adalah pinjaman semata-mata. Dari itu hendaklah kita sedar dan insaf akan hal itu. Kesemua Sifat-Sifat tersebut adalah hak milik Allah dan kepunyaan Allah swt yang sepatutnya dikembalikan semula kepada Tuan yang Ampunya, *sementara hayat masih dikandung badan*.


Penzahiran Sifat ma’ani (Angin) atas Makluk (Diri kita) adalah sekadar pinjaman yang berupa pakaian sementara, yang Akhirnya dikehendaki kembali semula kepada Tuan 

yang Ampunya. Allah tidak boleh diibarat atau dimisalkan dengan sesuatu.


Maha suci Allah dari ibarat dan misal. Segala misalan atau segala perumpamaan yang dinukilkan itu, hanyalah sekadar untuk mempermudahkan faham. Sifat ma’ani itu, adalah seumpama Bayang-Bayang, manakala Allah Ta’ala itu, adalah seumpama Tuan yang Ampunya bayang.


Tidakkah engkau melihat kekuasaan Tuhanmu.? – bagaimana ia menjadikan Bayang-Bayang itu terbentang luas kawasannya dan jika ia kehendaki tentulah ia menjadikannya tetap tidak bergerak dan tidak berubah Kemudian Kami jadikan matahari sebagai tanda yang menunjukkan perubahan bayang-bayang itu;


Allah Jadikan Manusia dalam Bayang-Nya


Maksud Bayang itu, adalah merujuk kepada Makhluk dan Diri kita. Bayang (Diri) sebenarnya tidak mempunyai apa-apa Sifat. Bayang hanya sekadar Sifat yang menumpang dari yang Ampunya bayang. Bergeraknya bayang adalah gerak daripada yang Ampunya Bayang. Berdirinya Bayang adalah dengan berdirinya Tuan yang Ampunya Bayang (Allah). Mustahil Bayang itu boleh berdiri dengan sendiri tanpa kuasa dari yang Ampunya Bayang (Allah). Bayang dengan yang Ampunya Bayang itu, mustahil bersatu dan mustahil bercerai.


Diri kita dengan wajah Allah itu, adalah seumpama ujud Bayang dengan yang Ampunya Bayang atau seumpama Bayangan wajah di permukaan cermin. Sifat ma’ani itu tidak boleh berdiri dengan sendiri tanpa bergantung dari sifat maknawiah. Hubungan antara sifat ma’ani dengan sifat maknawiah itu, adalah seumpama hubungan antara Bayang dengan yang Ampunya Bayang.


Contohnya seumpama Sifat mata dengan penglihatan, Sifat telinga dengan pendengaran dan Sifat mulut dengan yang berkata-kata. Walau bagaimana keadaan sekalipun, ianya tetap tidak boleh bercerai dan juga boleh bercantum. Inilah yang dikatakan hubungan Sifat ma’ani dengan sifat ma’anawiah itu, bercantum tidak bercerai tiada.


Tiada bercerai antara Nafi dan Isbat, dan siapa-siapa yang menceraikan antara keduanya maka orang itu kafir adanya.


Bayang bukan Cahaya tetapi tidak lain dari Cahaya. Cahaya bukan Matahari tetapi tidak lain dari Matahari. Begitu jugalah contohnya hubungan antara Allah dengan Diri kita. Dari itu marilah kita sama-sama mengambil faham dan insaf bahawa Sifat yang kita miliki ini, sebenarnya hak kepunyaan Allah, yang harus kita serah kembali kepada yang Ampunya.


Tujuan mempelajari Sifat ma’ani adalah bertujuan supaya kita mengaku bahawa sebenarnya Diri kita ini tidak ada, tidak wujud, dan tidak terjadi. Yang wujud, yang ada dan yang terjadi adalah hanya semata-mata Allah, seumpama Sifat Bayang, terzahirnya Bayang itu, adalah bagi tujuan menampakkan dan menyata Sifat yang Ampunya Bayang itu sendiri.


Di dalam keghairahan membicarakan soal Sifat ma’ani, harus diingat bahawa Allah tidak bertempat. Allah tidak menjelma ke atas jasad. Allah tidak bertempat di dalam atau di luar badan, Allah tidak bersatu, tidak bercantum dengan badan, Allah bukan kesatuan, Allah bukan bersyarikat, bukan bercantum dengan jasad kita. Ada orang yang mengaku bahawa Allah menjelma di dalam jasad dan tidak kurang pula ada yang mengaku menjadi Allah dan sebagainya.


Bukan kita yang meliputi Allah, tetapi Allah lah yang meliputi kita. Kesemua Sifat yang kita miliki ini adalah milik Allah, Sifat yang ada pada diri kita akan hancur, binasa dan hilang lenyap, Sifat yang kekal dan yang Abadi itu, hanyalah Allah swt.


Dan janganlah engkau menyembah tuhan yang lain bersama Allah. Tiada Tuhan melainkan Allah. Tiap-tiap sesuatu akan binasa melainkan Zat Allah. Bagi-Nya lah kuasa memutuskan segala hukum, dan kepada-Nya lah kamu semua dikembalikan.


Apa Hubungan Sifat Maani Dengan Roh.


Sifat ma’ani adalah wajah Allah yang terzahir melalui Sifat dan rupa paras Roh, melalui Sifat mata, mulut, telinga, dan anggota tubuh seluruhnya. Sebagaimana rupa dan paras Roh, sebegitulah Wajah ma’ani Allah, kerana Rohlah Sifat ma’ani Allah.


Untuk melihat Sifat ma’ani Allah, lihatlah pada Wajah dan Sifat rupa paras Diri kita sendiri.

NUR SEBAGAI BUAH DZIKIR.

 Asalamualaikum Warahmatullahu Wabarahkatuh.


l  Bismillahirahmanirahim.


NUR SEBAGAI BUAH DZIKIR.


٭٭ قومٌ تسبِقُ انوارهُم اذكارهُم وقومٌ تسبِقُ اذكارهُم انوارهُم وقومٌ تتساوٰى اذكارهُم و انوارهُم وقومٌ لا اذكار ولا انوار. نعوذ بالله من ذالك ٭٭.


 Sebahagian kaum ada yang Nur (makrifat)nya mendahului dzikirnya,  dan sebahagian kaum dzikirnya mendahului Nur-nya, dan sebahagian lagi kaum yang tidak berdzikir dan tidak punya nur., Na’udzubillahi-min-dzalik.


Kaum yang Nur-nya mendahului dzikirnya yaitu : Maj-dzubuun atau Murooduun (orang yang langsung ditarik oleh Allah bolih makrifat), mereka setelah mendapat nur makrifat lalu berdzikir, sedang kaum yang dzikirnya mendahului Nurnya yaitu para Salikuun atau Murii-duun ( orang yang berusaha mencapai makrifat atau wushul kepada Allah), mereka bermujahadah/memerangi nafsunya dengan berdzikir sehingga mendapatkan nur makrifat.


ذاكِرٌ ذكرَ ليَسْتنيرَ قلبه فكان ذاكِراً وذاكرٌ اِستنارَ قلبه فكان ذاكِراً والذي استَوَت اَذكارُهُ واَنوارُهُ فبذِكرهِ يَهتدى وبنُورهِ يقتدى ٭٭


Orang berdzikir yang dzikirnya untuk mendapatkan terang hatinya (yaitu salikuun/muriduun, dan ada orang yang berdzikir sedang hatinya telah terang/mendapat nur (yaitu Majdzubuun/murooduun)mereka semua disebut berdzikir.”


Golongan kaum yang mendapat nur sebelum dzikir itu di sebut dalam ayat  :  يَختصُّ برَحْمَتهِ من يشـَاءُ “Allah menentukan/mengkhususkan rahmat-Nya pada siapa yang dikehendaki-Nya.”


Sedangkan golongan yang berdzikir kemudian mendapatkan Nur, disebutkan dalam ayat :  “ وَالَّذِينَ جاَهَدُوا فِيْناَ لنَهْدِيَنـَّهُمْ سُبُلَنـاَ

 Dan mereka yang benar-benar berjuang dijalan kerirhoan-Ku, pasti Aku pimpin (Aku tunjukkan jalan kami).”


Syeih Abul-Abbas Al-Mursy berkata : sebagian kaum ada yang mendapatkan karunia/karomah dari Alloh dengan taat kepada Alloh(salikuun), dan ada yang bisa taat kepada Alloh sebab karunia/karomah dari Alloh(majdzubuun).


٭٭ ماكان ظاهرُ ذكرٍ الا عَن باطن شهودٍ وفكْرٍ ٭٭


 Tidak akan terjadi dzikir pada anggota lahir kecuali sebab musyahadah dan berfikir (tentang keagungan Allah) dalam bathin (hati)nya .”


Yang dimaksud dzikir disini yaitu semua amal lahir, sebab semua amal lahir itu pasti timbul dari hati yang memandang Allah(musyahadah) dan berfikir tentang keagungan Allah.

Apabila anggota lahir disibukkan dengan berdzikir kepada Allah, itu sebagai tanda adanya cinta kepada Allah dalam hatinya; ketika seseorang cinta sesuatu maka banyak menyebutnya, dan tidak ada cinta kecuali dari mengenal (makrifat).


Alhasil adanya dzikir pada anggota lahir itu timbul dari adanya musyahadah dalam bathinnya, bagi para arifiin. Atau timbul dari berfikir tentang anugerah dari Allah, bagi orang-orang yang mencari pahala.


Dalam hal dzikir manusia terbagi menjadi tiga bahagian : 

1. Orang yang mencari pahala(awam).

 2. Orang yang berharap sampai/wushul kepada Allah(salik). Dan 

3. Orang yang mengagungkan dan memuliakan Allah(’Arif).


٭٭ أشهدكَ من قبل أن يستشهِد ك فنطقت باءلٰهيتهِ الظواهرُ وَتحققت بأحديته القلُوبُ وَالسرَائرُ ٭٭


Allah ta’ala telah memberi syuhud (kesaksian) kepadamu, untuk menyaksikan ke-Tuhanan-Nya Allah sebelum  Allah menuntut kamu supaya menyaksikan keagungan Allah , lalu anggota lahirmu mengucapkan (menyatakan) ke-Tuhanan-Nya Allah dan hatimu menyaksikan sifat Esa-Nya Allah.”


Allah telah membukakan pada semua ruh manusia dialam ghaib tentang ke-Tuhanan Allah dan sifat Esa Dzatnya Allah, dan tentang Allah meliputi dan mengurusi semua makhluknya, lalu setelah Allah melahirkan arwah tadi kealam dunia yakni Allah mngumpulkan ruh dengan jasad lahir, lalu Allah menuntut ruh tadi untuk menyaksikan ke-Tuhanan-Nya Allah, maka ruh tadi menyaksikan dengan lisan lahirnya,. Jadi kesaksian ruh itu mengikuti penyaksian ruh dialam ghaib.


Dalam keterangan kitab lain hikmah ini juga diartikan : Allah sudah memperlihatkan Dzatnya kepadamu, sebelum Ia menuntut kepadamu harus mengakui kebesarannya, sehingga nyata mengakui ke-TuhananNya segala makhluk lahir, dan nyata hakikat ke-Esa-anNya dalam hati dan sir.


٭٭ أكرمك بكراماتٍ ثلاث جعلك ذاكِرًا له ولولا فَضله لم تكن أهلاً لِجرَيان ذِكرِه عليكَ، وجعلك مذكوراً به اِذْ حقق نِسبتَه ُ لديكَ وجعلك مذكوراً عنده فتمم نِعْمته عليكَ ٭٭


 Allah telah memuliakan engkau dengan tiga karomah (kemuliaan): Allah telah menjadikan engkau seorang yang berdzikir kepada-Nya, jika tidak karena anugerah-Nya, nescaya  engkau tidak pantas/layak untuk berdzikir kepada-Nya. Allah telah menjadikan engkau disebut dengan asma Allah, karena Allah telah menisbatkan asma itu kepada engkau. Allah telah menjadikan engkau disebut  disisi Allah , maka dengan demikian Allah telah menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu.”


Allah berfirman :  

 Dan sesungguhnya dzikir Allahh kepada hamba itu lebih besar (dari pada dzikir hamba kepada Allah)”.


Bagaimana seorang hamba yang hina boleh menyebut dan mengabdi kepada Tuannya yang maha agung, kalaulah tidak karena anugrah Tuhan tidaklah mungkin engkau bolih berdzikir dengan lisanmu.


Karomah yang kedua, Engkau dijadikan orang yang disebut dengan asma Allah (Allah sendiri yang menisbatkan asma/dzikir itu kepadamu) , seperti contoh : Ya waliyyallah, Ya shafiyullah, itu kerana Allah sudah memberikan sifat khususiyyah pada kamu.


Karomah yang ketiga,Engkau disebut-sebut disisi Allah dihadapan para malaikat al-muqorrobin. Itulah sempurna-sempurnanya nikmat.


Dalam sebuah hadits qudsi , dari Abi Hurairah ra. Berkata : Rasulullah saw. Bersabda : Allah berfirman : Aku selalu mengikuti perasangka hambaku, dan aku selalu mendampinginya selama ia berdzikir  pada-Ku,  jika ia berdzikir padaKu dalamhatinya, Aku ingat padanya dalam Dzatku, dan bila ia dzikir pada-Ku di muka umum, aku ingati dia didalam umum yang lebih baik dari golongannya,  dan bila ia mendekat padaKu sejengkal maka Aku mendekat padanya sehasta, bila ia mendekat padaKu sesehasta maka Aku mendekat padanya sedepa, dan bila ia datang kepadaKu berjalan, Aku datang kepadanya berlari.

Salam Santun Dan Salam Tauhid

Ma'rifat itu SANGAT BIASA

 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.


Setelah orang mencapai ma'rifat, apa yang selanjutnya dilakukannya ???

Setelah sampai MENGENAL ALLAH, bisa terhubung, terkoneksi,  lantas apa yang terjadi ???


Tidak ada !!"


Ma'rifat itu SANGAT BIASA. tidak ada yang aneh, tidak ada yang khusus, tetapi dimensinya saja yang khusus Lil khusus tetapi Zahir jasmaninya sangat biasa2 saja. 

Tidak ada perubahan dari sisi jasmaninya yang mencolok. Karena dia akan selalu SEMBUNYI DI KERAMAIAN TERANG. 

Tetapi, karena QOLBUNYA telah terhubung dengan Allah maka dia akan dipakai ALLAH sebagai #RAHMATAN LIL ALAMIN, dia akan #MEMBAWA VISI DAN MISI KETUHANAN. Dia menjadi #KHALIFAH di dunia,...yang memancarkan #CAHAYA TUHAN.  

Dia tidak keramat, tidak sakti, tidak luar biasa. Dia BIASA2 SAJA seperti pada umumnya.


Karena setinggi apapun seseorang, tetap akan ketemu ORDINAT ZERO (0,0,0,0,0,0). Akan ketemu sumbu 2 gaya yaitu syariat dan hakekat.

MA'RIFAT, ibarat ada nyala lilin dalam hatinya yang dijaga jangan sampai padam. Baik dari angin kekiri, kekanan, kedepan, kebelakang, keatas, kebawah. 

Karena nyala lilin itu BISA MATI walaupun terkena sapuan angin sekecil apapun. 

( Bermula qolbu seorang mukmin itu----BAITULLAH)#nabi

#Angin itu hanyalah kias.  Aslinya adalah tentang was2, kekhawatiran, kecintaan, harap keinginan, hasrat, marah benci, sukacita, objektifitas, dll. 

Sehingga nyala itu jangan sampai mati karena itu semua. 

(Tidak akan masuk surga seseorang yang dalam hatinya masih ada sebiji zarah kesombongan)2 #nabi


Dia akan menjaga dirinya dengan  SIFAT BAIK, PIKIRAN BAIK, PERANGAI BAIK, SIKAP BAIK, PERBUATAN BAIK.  


Dan seorang ahli MA'RIFAT akan selalu menjaga SUMBU 2 GAYA ( gaya syariat dan gaya hakekat), atau jika tidak, DIA AKAN TERJATUH dari MA'RIFATnya.  Biasanya jatuhnya bermula dengan BADAI LOGIKA. #SEHINGGA LOGIKANYA MENGALAMI TURBULENSI  dan kembali turun

 Menjadi syari'at mentah lagi,......


Logikanya, MA'RIFAT itu ada di ORDINAT ZERO, di alam mutlak, maka tidak ada lagi positif negatif. 

Jika mengaku ma'rifat tapi kok masih ributkan positif dan negatif, itu artinya bukan MUTLAK.


Positif negatif itu letaknya ada di alam AKAL SADAR manusia. Masak dialam diatas sadar masih ada baik buruk, positif negatif ????

Tapi buahnya akan selalu BAIK2 DAN POSITIF.  Tapi baik dan positif nya BUKAN DARI SEBAB  SUBJEKTIF NYA.  artinya dia bersyariat tapi DI SYARIAT KAN.  Bukan syari'at versi diri manusianya. 

SUUUUUUUULITT menjaga nyala lilin di tengah badai. Tapi harus bisa, atau nyala nya mati dan jatuh


Silahkan jika ada yang mau undang kami untuk presentasi ilmiah mengenai topik ini, di forum kajian Islam, lintas agama, praktisi, intelektual atau akademisi UNTUK MENERANGKAN URAIAN2 ILMIAH

Mengel Allah

 Puncak tertinggi adalah mengenal ALLAH… ALLAH itu ADA 

Untuk mencari yang ADA, seseorang itu perlu MATI… "… 

Oleh sebab itu jangan asyik dengan angan-angan kosong dan khayalan semata 

Salik dan dunia ini … hanya WUJUD dalam fikiran…. bagaimana pun TIDAK ADA pada hakikatnya… Kedua-duanya semata-mata... KOSONG. Sesuatu yang KOSONG tidak dapat mengenal kepada yang ADA.


MAN ini adalah bertaraf makhluk, namun apabila ia mengenal dirinya 

NAFSAHU (Manusia) maka barulah ia mengenal TuhanNya yang bernama 

RABBAHU, Yaitu Tuhan yang bertaraf LAISA KAMISLIHI SYAIUN 

( Yang tidak berupa apa pun jua) 

Maksudnya lagi : MAN ini jika kita bawa kepada pengertian NAFSAHU maka ia akan membawa kepada manusia yang " Laisa kamislihi syaiun" yaitu manusia yang Batin atau dikenal sebagai Insan atau di kenal juga sebagai DIRI SEBENAR DIRI yang bertaraf NYAWA atau NAFAS, Nyawa atau Nafas adalah bagian dari diri Rohani, fungsinya adalah menghidupkan diri Jasmani atau diri yang bernama DIRI TERPERI. 

Coba rasakan di dalam tubuh ini : 

ada yang TURUN dan NAIK atau yang KELUAR dan yang MASUK. 


Oleh karena itu jika mencari yang ADA melalui sesuatu yang TIDAK ADA adalah sia-sia belaka 

Sebab yang TIDAK ADA ... tidak akan mampu menzahirkan yang ADA 

Sebaliknya … Yang ADA lah yang mampu mewujudkan segala sesuatu "yang tidak ada"... KOSONG... kepada yang ADA 

Dzat yang ghaib lagi ghaib itu… selama-lamanya tidak akan ada kenyataannya…. tetapi ada penzairan sifat-sifatnya 

Terutamanya kepada salik yang mukmin.. salik yang mengenal-NYA. Si salik hanya menjadi kenyataan … TAJJALLI… DZAT yang GHAIBUL GHAIB 

Dari AHDAH.. timbul…WAHDAH.. Yaitu kenyataan kesempurnaan SifatNYA.. Inilah pintu untuk mengenal yang ADA…. yang TIADA... KOSONG… tidak boleh berubah menjadi Yang ADA 

DIA lah yang ADA, DIA lah Yang Zahir…Yang Batin…Yang Awal dan Yang Akhir... DIA itu adalah AKU... AKU yang bergelar TUAK LOMBOK ILAHI 

Oleh sebab itu WUJUD AKU lebih terang dan nyata daripada WUJUD-WUJUD yang lain... AKU lah Yang Melihat dan Yang Di Lihat.. WUJUD ENGKAU itu tidak ada…. Alias KOSONG….semata-mata.


Inilah Amaliyahnya : Pejamkan mata, tongkatkan lidah kelelangit langit mulut, lalu Tarik nafas sedalam mungkin, kemudian ditahan, sewaktu menahan nafas baca doa ini 1x: 

Bisamillahirahmanirrahim... 

HUU ALLAH HAQ... 

SIFATKU SIFAT MUHAMMAD... 

DZAT ALLAH... 

SIFAT MUHAMMAD... 

AKU DUDUK DALAM ALIF LAM LAM HA... 

HILANG DALAM KALIMAH TAUHID... 

LAILAHAILALLAH MUHAMMAD RASULULLAH 

Setelah itu keluarkan nafas seperti biasa, lakukan amaliah ini sesering mungkin sampai tercapai hajat di hati.


Hilangkan tubuh menjadi Nur,sehingga tubuh engkau menjadi Ruh.

maka hilanglah tubuh menjadi ‘TITIK’, titik itulah asal muasal kejadian ‘ALIF’.


maka Alif yang bergerak didalam lautan rahasia itulah yang disebut 

‘HAYAT’. maka hiduplah dan bergeraklah tubuh, itulah yang dinamakan SifatNya.


yang ada di dalam tubuh engkau, itulah yang disebut RahasiaNya,

 maka AKULAH yang LAISA dan jangan dicari lagi.


Apabila telah fana sifat makhluk dan sifat salik sendiri ke dalam wajahNya,maka WajahNya akan dapat terlihat, di kala itu sifat makhluk atau sifat salik telah kamil dlm WajahNya.


DIA Yang Zhahir dan Yang Bathin, Yang sesungguhnya "selalu bersama" dengan kemanusiaan. Disadari ato tidak, ....beriman ato tidak, ....muslim ato tidak,  DIA selalu ada bersama kemanusiaan dan DIA amat dekat bahkan jauh lebih dekat dari urat lehernya sendiri.


Coba renungkanlah ini, .....

Manusia zhahir terlihat nyata pada JASAD TUBUH-nya, sedangkan DIA zhahir nyata terlihat pada seluruh SIFAT-NYA...... Dan yang bathin pada manusia adalah segala SIFAT-nya, sedangkan DIA bathin justru pada DZAT-NYA.... kenyataan-NYA, DIA selalu ada bersama kemanusiaan, satu-kesatuan atau ketunggalan yang tak terpisahkan, Tauhid.


Itulah sesempurna-sempurnanya manusia yang "bersatu/manunggaling/meleburkan" zhahir dan bathin-nya kepada Zhahir dan Bathin-NYA (kembali pulang, ilayihi raji'un), yaitu mematikan/melenyapkan/membathinkan segala kehendak jasad (hawa nafs)-nya dan mewujudkan/menzhahirkan segala Sifat-NYA.....menjadi perwujudan DIA Ar Raahman, yang menjadi rahmat bagi semesta alam, fitrah kemanusiaannya yang merupakan mutlak FITRAH-NYA, tak akan pernah berubah (QS 30:30).