Jika kita ingin mencari guru yang MURSYID yang dapat membimbing perjalanan kerohanian dan memasuki makam tauhid :
Bangunlah pada sepertiga ( 1/3 ) malam, lakukan solat dua (2 ) rakaat dan berdoalah seperti berikut :
" Yaa Allah , yaa Tuhanku..! Tunjukkanlah kepadaku hamba-hamba-Mu yang soleh.
Tunjukkanlah kepadaku orang-orang yang mampu membimbingku kepada Engkau (yaa Allah ) , iaitu :
* Orang-orang yang memberi makan kepadaku dengan makanan Engkau,
* Orang yang memberi minum kpd ku dengan minuman Engkau ( yaa Allah ) ,
* Orang yg memberi celak mata kedekatan ku dengan cahaya kedekatan
Engkau ( yaa Allah ) * dan orang memberi tahu kepada ku akan sesuatu
yang sudah dilihatnya dengan nyata, bukan dengan sekadar taklid atau
ikut-ikutan.. ( yaa Allah ).
"Ya Allah ! Tunjukkanlah aku kepada
seorang hamba daripada hamba-hamba-Mu yang soleh untuk menyampaikan aku
kepada keredhaan-Mu ( yaa Allah ) dan memperkenalkan aku jalan menuju
keredhaan itu".
Aamiin .. yaa Allah
Yaa Robbal 'Aalamiin ..
**
-Syeikh Abdul Qadir Jailani-
******************************************************
Justeru itu ,
Untuk memastikan adakah ia seorang GURU MURSYID yg sah lagi benar , tanyalah kpd nya empat ( 4 ) perkara berikut :
Pertama : Minta kpd nya dgn cara beradab n sopan agar beliau dpt
menunjukkan bukti sanad n silsilah ( rantaian ) yg sah drp beliau sampai
kpd Rasulullah S.A.W.
Kedua : Bertanya lah kpd nya dgn sopan n beradab : Adakah Tuan boleh membimbing n membawa saya sampai Allah n Rasul ?
Ketiga : Bertanyalah kpd nya : Adakah Tuan boleh menjamin saya di Padang Mahsyar ?
Keempat : Bertanya lah kpd nya : Boleh kah Tuan melimpahkan NUR MUHAMMAD kpd saya dgn barakah Rasulullah S.A.W ?
***
Klu beliau menjawab : IN SYA ALLAH ... Duduk lah BERADAB dgn nya n BELAJAR lah dgn nya dgn bersungguh-sungguh ....
***
Klu dia kata : " Oooo ... ana x sanggup .. diri ana sendiri pun x lepas ... "
Angkat kaki perlahan-lahan ...CABUT LARI drp nya .... Sbb. :
* Buang masa
* Buang tenaga
* Buang wang
ALLAHU AKBAR
Hidup pastikan aman tenteram dunia wal akhirat kalau saja kita selalu bertafakur untuk mengingat Allah dan mengingat kehidupat akhirat, minimal 5 menit dalam sehari semalam
Jumat, 22 Desember 2017
"AKU ALLAH, TIADA TUHAN SELAIN AKU"
Seorang pemuda mengajukan soalan dalam ruangan Al-Hikam kepada seorang
Syeikh Sufi, “Maaf ustaz, bagaimana pendapat ustaz terhadap kisah Syeh
Siti Jenar yang mengaku Allah itu aku, dan aku itu Allah. Apakah ini
termasuk tasawuf juga?”
Syeikh Sufi menjawab, “Ana Al Haq... insan yang sudah syuhud menyaksi bahawa La Maujud ilalLah. Fana dalam ke-ESA-an Dari Allah dan Dengan Allah swt yang tiada lagi secubit pun hakikat dirinya. Diri yang berdiri dengan asma-asma dan sifat-sifat Allah swt semata-mata. Hamba yang total La haulawala...
Cuba baca Ayat ni kuat-kuat sampai satu bilik dengar!
Allah SWT berfirman:
اِنَّنِيْۤ اَنَا اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنَا فَاعْبُدْنِيْ ۙ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ
"Sesungguhnya Akulah Allah; tiada tuhan melainkan Aku; oleh itu, sembahlah akan Daku, dan dirikanlah solat untuk mengingati Daku."
(QS. Ta-Ha 20: Ayat 14)
Baca kuat-kuat. Dengar suara yang keras dan kuat-kuat! Engkau yang baca itu mengaku Allah ke? Atau bagaimana? Atau engkau isbatkan kepada Zat dan Sifat dan Afaal Allah pemilik AKU itu? Itulah Tauhid yang kena mengadap guru. Bukan fikir dengan akal yang penuh dangkal lagi bodoh dengan penuh nafsu tapi dengan hati yang bercahaya... waridat dari illahiyah.
Kita tak duduk pun maqam tu. Tapi Sheikh Abu Yazid Al-Bustami, Sheikh Ibnu Mansur Al-Hallaj dan Sheikh Siti Jenar dan lain-lain mereka yang diberi maqamat Insan Kamil yang berjaya keluar dari wujud dirinya secara sempurna serta syuhud menyaksi hakikat Ke-ESA-an Allah swt di martabat Tajalli Zatiyah.
Yang menyuruh disembah itu Zat dan yang kena suruh agar menyembah itu sifat. Siapa Aku dalam ayat itu? Dan siapa aku ketika engkau menyebut AKU? Kan dah pening... jangan tanya soalan tinggi-tinggi sangat dalam ruang sempit ni. Akal yang gelap akan faham lain lagi mengikut kegelapan hati masing-masing.”
“Matikan diri sebelum mati maka hilanglah keakuan. Betul ke Tuan Guru?” Tanya pemuda yang lain.
Syeikh menjawab, “Hati-hati dengan aku. Itu bayangan sifat. Bisa KUN oleh Zat yang Maha Meliputi. Semua dosa dari punca aku. Semua amal juga dari punca aku... tapi aku siapa pemiliknya?
Tak ada kita pun. Itulah mati sebelum mati. Bukan mati hakiki tapi mati rasa wujud dari sifatmu. Matikan kehendakmu. Matikan segala sifat-sifat yang kamu rasa dari dirimu. Itu semua anugerah Allah, penisbahan dari-Nya, Tajalli dari-Nya. Itulah Tauhid Hakiki. Hidup dengan Allah setiap nafas dan waktu. Di mata Sufi, bukan Al-Haq saja yang perlu di isbatkan pada Pemilik Hakiki... Al-Zahir... Al-Batin... Al-Qadiir... Al-Bashiir, Al-Aliim, Al-Sami' dan lain-lain juga milik Zat secara mutlak.”
“Hendaklah ada sekelompok dari orang-orang yang beriman yang mendalami masalah-masalah agama untuk memberikan peringatan kepada kaumnya".
(Qs. At Taubah: 122)
“Maka hendaklah kalian bertanya kepada Ahli Zikir jika memang kalian tidak tahu".
(Qs. An Nahl: 43)
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, bahawa Allah SWT berfirman:
أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى
“Aku (Allah) sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku.” (Muttafaqun ‘alaih).
Syeikh Sufi menjawab, “Ana Al Haq... insan yang sudah syuhud menyaksi bahawa La Maujud ilalLah. Fana dalam ke-ESA-an Dari Allah dan Dengan Allah swt yang tiada lagi secubit pun hakikat dirinya. Diri yang berdiri dengan asma-asma dan sifat-sifat Allah swt semata-mata. Hamba yang total La haulawala...
Cuba baca Ayat ni kuat-kuat sampai satu bilik dengar!
Allah SWT berfirman:
اِنَّنِيْۤ اَنَا اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنَا فَاعْبُدْنِيْ ۙ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ
"Sesungguhnya Akulah Allah; tiada tuhan melainkan Aku; oleh itu, sembahlah akan Daku, dan dirikanlah solat untuk mengingati Daku."
(QS. Ta-Ha 20: Ayat 14)
Baca kuat-kuat. Dengar suara yang keras dan kuat-kuat! Engkau yang baca itu mengaku Allah ke? Atau bagaimana? Atau engkau isbatkan kepada Zat dan Sifat dan Afaal Allah pemilik AKU itu? Itulah Tauhid yang kena mengadap guru. Bukan fikir dengan akal yang penuh dangkal lagi bodoh dengan penuh nafsu tapi dengan hati yang bercahaya... waridat dari illahiyah.
Kita tak duduk pun maqam tu. Tapi Sheikh Abu Yazid Al-Bustami, Sheikh Ibnu Mansur Al-Hallaj dan Sheikh Siti Jenar dan lain-lain mereka yang diberi maqamat Insan Kamil yang berjaya keluar dari wujud dirinya secara sempurna serta syuhud menyaksi hakikat Ke-ESA-an Allah swt di martabat Tajalli Zatiyah.
Yang menyuruh disembah itu Zat dan yang kena suruh agar menyembah itu sifat. Siapa Aku dalam ayat itu? Dan siapa aku ketika engkau menyebut AKU? Kan dah pening... jangan tanya soalan tinggi-tinggi sangat dalam ruang sempit ni. Akal yang gelap akan faham lain lagi mengikut kegelapan hati masing-masing.”
“Matikan diri sebelum mati maka hilanglah keakuan. Betul ke Tuan Guru?” Tanya pemuda yang lain.
Syeikh menjawab, “Hati-hati dengan aku. Itu bayangan sifat. Bisa KUN oleh Zat yang Maha Meliputi. Semua dosa dari punca aku. Semua amal juga dari punca aku... tapi aku siapa pemiliknya?
Tak ada kita pun. Itulah mati sebelum mati. Bukan mati hakiki tapi mati rasa wujud dari sifatmu. Matikan kehendakmu. Matikan segala sifat-sifat yang kamu rasa dari dirimu. Itu semua anugerah Allah, penisbahan dari-Nya, Tajalli dari-Nya. Itulah Tauhid Hakiki. Hidup dengan Allah setiap nafas dan waktu. Di mata Sufi, bukan Al-Haq saja yang perlu di isbatkan pada Pemilik Hakiki... Al-Zahir... Al-Batin... Al-Qadiir... Al-Bashiir, Al-Aliim, Al-Sami' dan lain-lain juga milik Zat secara mutlak.”
“Hendaklah ada sekelompok dari orang-orang yang beriman yang mendalami masalah-masalah agama untuk memberikan peringatan kepada kaumnya".
(Qs. At Taubah: 122)
“Maka hendaklah kalian bertanya kepada Ahli Zikir jika memang kalian tidak tahu".
(Qs. An Nahl: 43)
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, bahawa Allah SWT berfirman:
أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى
“Aku (Allah) sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku.” (Muttafaqun ‘alaih).
ADA TUJUH JENIS PERSAHABATAN TETAPI HANYA SATU SAMPAI KE AKHIRAT
1. TA'ARUFFAN
Persahabatan yang terjalin secara kebetulan, seperti pernah bertemu di Lapangan Terbang, hotel, hospital, pejabat pos, ATM, dan lainnya.
2. TAARIIHAN
Persahabatan yang terjalin kerana faktor sejarah, misalnya teman sekampung, satu kelas, satu sekolah, satu asrama, dan sebagainya.
3. AHAMMIYYATAN
Persahabatan yang terjalin kerana faktor kepentingan tertentu seperti rakan bisnes, politik dan sebagainya.
4. FAARIHAN
Persahabatan yang terjalin kerana faktor hobi, seperti teman futsal, golf, badminton, memancing, melancong dan sebagainya.
5. AMALAN
Persahabatan yang terjalin kerana kerjaya, misalnya sama-sama guru, doktor, arkitek, tentera dan sebagainya.
6. ADUWWAN
Sahabat tetapi musuh, depan kita bukan main dia baik lagi tapi bila belakang kita ... Allah! Pijak semut pun tak mati! Talam dua muka. Seperti firman Allah SWT : "Kalau kamu mendapat kebaikan atau kesenangan, ia menyakitkan hati, bila kamu ditimpa musibah, mereka senang hati ..." (Surah Ali Imran : 120)
Rasulullah SAW mengajarkan doa : "Allahumma Ya Allah ... selamatkanlah aku dari sahabat yang bila melihat kebaikanku dia bersembunyi tetapi bila dia melihat keburukanku dia sebarkan."
7. HUBBAN LIMAANAN
Sebuah ikatan persahabatan yang lahir batin, tulus saling cinta dan sayang kerana ALLAH Azza wa jalla, saling menolong, menasihati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-diam di penghujung malam, dia mendoakan sahabatnya. Boleh jadi ia tidak bertemu, tetapi dia cinta sahabatnya; kerana Allah Ta'ala SWT jua.
Dari 7 jenis di atas, 1 hingga 6 akan LENYAP. Yang tinggal hanya persahabatan yang ke-7. Persahabatan yang terjalin kerana Allah SWT sebagaimana dalam firman Nya: "Pada hari itu (Kiamat) sahabat-sahabat karib akan menjadi musuh bagi yang lain, kecuali persahabatan kerana ketaqwaan." (Surah Az-Zukhruf :67)....
Semoga kita semua bersahabat kerana Islam dan Taqwa serta Hubban Limaanan. InshaAllah.
Wallahu'alam.
Persahabatan yang terjalin kerana faktor sejarah, misalnya teman sekampung, satu kelas, satu sekolah, satu asrama, dan sebagainya.
3. AHAMMIYYATAN
Persahabatan yang terjalin kerana faktor kepentingan tertentu seperti rakan bisnes, politik dan sebagainya.
4. FAARIHAN
Persahabatan yang terjalin kerana faktor hobi, seperti teman futsal, golf, badminton, memancing, melancong dan sebagainya.
5. AMALAN
Persahabatan yang terjalin kerana kerjaya, misalnya sama-sama guru, doktor, arkitek, tentera dan sebagainya.
6. ADUWWAN
Sahabat tetapi musuh, depan kita bukan main dia baik lagi tapi bila belakang kita ... Allah! Pijak semut pun tak mati! Talam dua muka. Seperti firman Allah SWT : "Kalau kamu mendapat kebaikan atau kesenangan, ia menyakitkan hati, bila kamu ditimpa musibah, mereka senang hati ..." (Surah Ali Imran : 120)
Rasulullah SAW mengajarkan doa : "Allahumma Ya Allah ... selamatkanlah aku dari sahabat yang bila melihat kebaikanku dia bersembunyi tetapi bila dia melihat keburukanku dia sebarkan."
7. HUBBAN LIMAANAN
Sebuah ikatan persahabatan yang lahir batin, tulus saling cinta dan sayang kerana ALLAH Azza wa jalla, saling menolong, menasihati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-diam di penghujung malam, dia mendoakan sahabatnya. Boleh jadi ia tidak bertemu, tetapi dia cinta sahabatnya; kerana Allah Ta'ala SWT jua.
Dari 7 jenis di atas, 1 hingga 6 akan LENYAP. Yang tinggal hanya persahabatan yang ke-7. Persahabatan yang terjalin kerana Allah SWT sebagaimana dalam firman Nya: "Pada hari itu (Kiamat) sahabat-sahabat karib akan menjadi musuh bagi yang lain, kecuali persahabatan kerana ketaqwaan." (Surah Az-Zukhruf :67)....
Semoga kita semua bersahabat kerana Islam dan Taqwa serta Hubban Limaanan. InshaAllah.
Wallahu'alam.
CARA MENSUCIKAN DIRI SETELAH MELAKUKAN ZINA
بِسْمِ اللهِ الْرَّحْمَنِ الْرَّحِيمِ
CARA MENSUCIKAN DIRI SETELAH MELAKUKAN ZINA
Suatu hari, Rasulullah sedang duduk di dalam masjid bersama para sahabat. Tiba-tiba datanglah seorang wanita yang kemudian masuk ke dalam masjid. Dengan ketakutan, wanita tersebut mengaku kepada Rasulullah bahwa dia telah berzina. Mendengar hal itu, memerahlah wajah Rasulullah SAW seperti hampir meneteskan darah. Kemudian beliau bersabda kepadanya, Pergilah, hingga engkau melahirkan anakmu.
Sembilan bulan berlalu, wanita itu akhirnya melahirkan. Dihari pertama nifasnya, dia datang kembali membawa anaknya, dan berkata kepada Rasulullah SAW: Wahai Rasulullah, sucikanlah aku dari dosa zina
Rasulullah melihat kepada anak wanita tersebut, dan bersabda: Pulanglah, susuilah dia, maka jika engkau telah menyapihnya, kembalilah kepadaku.
Dengan sedih, wanita itu akhirnya kembali lagi kerumahnya.
Tiga tahun lebih berlalu, namun si wanita tetap tidak berubah pikiran. Dia datang kembali kepada Rasulullah untuk bertaubat. Dia berkata: Wahai Rasulullah, aku telah menyapihnya, maka sucikanlah aku!
Rasulullah SAW bersabda kembali kepada semua yang hadir disana, Siapa yang mengurusi anak ini, maka dia adalah temanku di surga
Sesaat kemudian beliau memerintahkan agar wanita tersebut dirajam. Setelah wanita tersebut meninggal, beliaupun menshalatinya.
Melihat hal tersebut, umar Bin Khatab merasa sangat heran sekali. Beliau berkata: Engkau menshalatinya wahai Nabi Allah, sungguh dia telah berzina!.
Rasulullah kembali bersabda: Sungguh dia telah bertaubat dengan satu taubat, yang seandainya taubatnya itu dibagikan kepada 70 orang dari penduduk Madinah, maka taubat itu akan mencukupinya. Apakah engkau mendapati sebuah taubat yang lebih utama dari pengorbanan dirinya untuk Allah? (HR. Ahmad)
Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua
Catatan : ini menunjukan, Bahwa Dosa berzina tak akan Hilang kecuali dengan Cara seperti Rasulullah,JikaDosa berzina Bebas dengan Cara bertaubat, maka Sudah jelas Rasulullah juga tidak akan menghukum Rajam pada wanita tersebut.. Tak Cukup Hanya membaca istighfar,tak Cukup Hanya bertaubat.
Tetapi Cukup dengan Hukuman seperti di atas,jika pezina itu Adalah Muhson ( sudah menikah ),maka Hukumannya adalah Rajam sampai ajalnya seperti Hadits di atas,jika pezina itu Ghoir Muhson ( belum menikah ) maka Hukumannya Di Cambuk dengan 100 kali Cambukan.
Dan dengan Hukuman seperti itulah Dosa orang yang berzina akan di Hapuskan Oleh Allah SWT.
Wallahu a'lam
آللّهُمَ صَلّیۓِ ۈسَلّمْ عَلۓِ سَيّدنَآ مُحَمّدْ وَ عَلۓِ آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ
آللّهُمَ صَلّیۓِ ۈسَلّمْ عَلۓِ سَيّدنَآ مُحَمّدْ وَ عَلۓِ آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ
آللّهُمَ صَلّیۓِ ۈسَلّمْ عَلۓِ سَيّدنَآ مُحَمّدْ وَ عَلۓِ آلِ سَيّدنَآ مُحَمَّدٍ
Adapun dalil Tentang Makrifat:
1. AWALUDIN MA’RIFATULLAH Artinya :Awal agama adalah mengenal Allah.
2. LAYASUL SHALAT ILLA BIN MA’RIFAT Artinya :Tidak syah shalat tanpa mengenal Allah.
3. MAN ARAFA NAFSAHU FAQOD ARAFA RABBAHU Artinya :Barang siapa mengenal dirinya niscaya dia pasti akan mengenal Tuhannya.
4. ALASTUBIRABBIKUM QOLU BALA SYAHIDNA Artinya :Bukankah aku ini Tuhanmu ? Betul engkau Tuhan kami,kami menjadi saksi.(QS.AL-ARAF 172)
5. AL INSANNU SIRRI WA ANNALLAHU SIRRUHU Artinya :Manusia itu rahasiaKU dan akupun ALLAH rahasia baginya.
6. WAFI AMFUSIKUM AFALA TUBSIRUUN Artinya :Aku ALLAH ada didalam Jiwamu mengapa kamu sendiri tidak dpt melihat (Q.s. Adz-Dzariyat:21)
7. WANAHNU AKRABI MIN HABIL WARIZ Artinya :Aku ALLAH lebih dekat dari urat nadi lehermu.
8. LAA TAK BUDU RABBANA LAM YARAH Artinya :Aku tidak akan menyembah Allah bila aku tidak melihatnya lebih dahulu.
9. INNAHU ALIMUN BIZATISH SHUDUR Artinya: Sesungguhnya AKU ALLAH maha mengetahui segala isi hati (Q.s AL MULK:13).
10. WA HUWA MA AKUM AINAMA KUNTUM Artinya: AKU ALLAH berada dimana saja kamu berada. (Q.s AL HADID:4).
11. “KEMANAPUN ENGKAU HADAPKAN WAJAHMU DISITULAH WAJAH ALLAH” (Al-baqarah : 115).
Untuk bisa sampai pada ma'rifatulloh tergantung pada mujahadah kita,
Tanpa adanya guru pasti akan kesasar
Tanpa adanya guru pasti akan kesasar
MISTERI BLACK BOX RUH VS JIWA
Bagian 1 dari 2 tulisan
Sahabats kali ini saya akan berusaha untuk berbagi dan berdiskusi
dengan anda semua tentang perbedaan jiwa dan ruh. Materi ini sebenarnya
agak berat dan rumit untuk saya sampaikan ke dalam tulisan sehingga
mudah untuk memahami. Karena kita berbicara dengan sosok atau sesuatu
yang sangat abstrak yang ada pada diri kita.
Terkadang saya berdiskusi dengan bebarapa teman didunia nyata tentang masalah jiwa dan ruh ini, banyak yang mengingatkan saya dan melarang saya untuk membahas tentang ruh ini. Menurut mereka ruh itu tak bisa dibicarakan karena ruh adalah urusan Tuhan. Namun saya balik bertanya kepada mereka yang berpendapat seperti itu dengan pertanyaan pamungkas saya “ Memang di alam semesta ini apa ada yang tidak merupakan urusan Tuhan?” biasanya setelah saya tanya dengan pertanyaan pamungkas saya ini mereka diam sejenak dan berucap….”iya….yaa….tidak ada peristiwa dialam semesta ini yang tidak di urus Tuhan, semua peristiwa adalah urusan-Nya juga.
Biasanya mereka yang mempunyai pendapat tentang pelarangan membicarakan tentang ruh itu beradasrkan firman allah dalam ayat berikut ini..
“Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit"(Qs.17:85)
Masalah ruh ini sudah lama dibahas oleh para pemikir-pemikir islam terdahulu, diantara ulama yang membahas tentang ruh sebut saja Ibnu Qoyyim al Jauziah murid dari tokoh Islam terkemuka Ibnu Taimiyah yang dalam kitabnya yang berbicara tentang Ar Ruh Ibnil Qoyyim yang dalam edisi bahasa indonesianya diterjemahkan dengan Roh. Menurut pendapat beliua antara ruh dan jiwa itu adalah sama. Ruh adalah bentuk lain dari jiwa dan sebaliknya.
Saya juga membaca kitab karangan Imam al Ghazali yang berjudul “KIMIYAA US SA’ADAH” yang dalam judul bahasa indonesianya di beri judul “Mencarai Jalan kebahagiaan”. Yang dalam pemahaman beliau juga masih berpendapat bahwa ruh itu adalah sama dengan hati. Atau ada juga kitab yang ditulis oleh Prof. Dr Ahmad syaauqi Ibrahim dengan judul “Ar Rus Wa an Nafs al Aql Wa al Qorin” yang dalam edisi bahasa Indonesia diberi judul “Misteri Potensi Gaib manusia”. .
Saya juga membaca buku karangan anak bangsa Adam Troy Efendi yang berjudul “Ilmu Sedikit Untuk Segala-galanya” yang pemaparanya sangat apik namun agak berat. Saya juga membaca buku Karya anak bangsa lainnya seorang insinyur Teknik Nuklir Agus Mustofa dengan judul “Menyelam Ke samudra Jiwa dan Ruh” yang sangat menarik karena pembahasannya di pandang dari segi ilmu sains modern terkini. Atau saya juga membaca buku karya ustad. Abu Sangkan yang berjudul “Berguru kepada Allah”. Dan masih banyak referensi buka yang lain yang tidak bisa saya tuliskan disini. Saya berdoa kepada Allah semoga mereka (guru-guru) saya yang hidup diberikan kukuatan untuk berkarya dalam kebaikan, dan bagi yang telah tiada semoga diberikan tempat yang nyaman, luas, terang benderang disisi-Nya
Itulah referensi saya selama bertahun-tahun menyelami pemahaman tentang jiwa dan ruh, yang semoga saya bisa berbagi dengan anda semua. Jika anda tidak paham dengan apa yang saya tuliskan silakan anda merujuk kepada kitab-kitab yang saya sebutkan sebelumnya. Anda boleh percaya atau tidak dengan apa yang akan saya utarakan dalam tulisan saya ini. Karena bagi saya sebagai pembelajar kita tidak boleh mengatakan “hanya saya yang benar dan yang lain salah”.
Kebanyakan dari kalangan islam masih banyak yang belum memahami perbedaan antara jiwa dan ruh ini, sehingga masih banyak yang berpendapat bahwa antara jiwa dan ruh adalah entinitas yang sama. Padahal keduanya adalah berbeda. Dalam Al quran kata jiwa yang menggunakan kata “nafs” dan ruh menggunakan “ruh”. Dalam Quran kata nafs yang bermakna “jiwa” disebut sebanyak 31 kali dan kata “nafs” yang mempunyai arti “diri” sebanyak 279 kali. Sedangkan kata “ruh” didalam Quran hanya disebut sebanyak 10 kali. Jauh lebih sedikit dari kata nafs.
Dari segi penyebutan saja kata Nafs mengandung dua arti yaitu “jiwa” dan “diri”. Yang penyebutanya hamper berbanding 30 kali lipat dengan penyebutan ruh yang hanya 10 kali. Ini memberikan “warning” kepada kita bahwa memang mempelajari ruh itu lebih rumit dari pada mempelajari jiwa. Namun kata Allah walaupu kita hanya diberi hanya “sedikit” tentang ruh itu sudah sangat baik untuk bekal kehidupan kita. Dan memang untuk saat ini belu ada alat yang bisa mendeteksi adanya ruh ini, sedangkan alat untuk mendeteksi jiwa sudah banyak dilakukan. Bailkah sampailah saatnya saya memberikan ulasan tentang jiwa dan ruh ini. Menurut saya perbedaan antara jiwa dan ruh adalah sebagai berikut:
Pertama, saya melihat dari bahan dasar penyusunnya. Jiwa terdiri atau terbuat dari bahan dasar “energi” sedangkan ruh bukan berasal dari bahan dasar materi maupun energi. Jadi mustahil mengukur ruh yang tidak terbuat dari materi dan energi, sedangkan alat pengukurnya adalah terbuat dari materi atau energi.
Yang ke dua, dari segi kualitas dzatnya. Ruh adalah subtanssi ketuhanan yang sifatnya transenden dan inamen. Trasenden artinya “melampaui segala sesuatu” dan inamen artinya “hadir saat ini”, ruh bersifat “mutlak baik” “bening”, “suci” dan “murni” serta berkualitas tinggi, sedangkan jiwa kualitasnya berpolaritas bisa berubah-ubah yaitu bisa baik dan bisa buruk, bersih-kotor, naik-turun. Itulah sebabnya pada saat penciptaan manusia, malaikat dan jin diminta bersujud kepada adam karena ketinggian kualitas “ruh” manusia. Maka salah satu cara untuk terhubung dengan ruh adalah “hadir di saat ini”.
Ke tiga, dilihat dari fungsinya. Ruh jika saya boleh mengibaratkan dalam komputer adalah listrik dan system operasi, sedangkan jiwa sebagai system aplikasi. Artinya jiwa(system aplikasi) bergantung kepada ruh (system operasi). Pada manusia ruh ini sebagai “fasilitas” bagi jasad dan “jiwa” tanpa ruh sehebat apapun badanya dan sisstem aplikasinya tidak akan berfungsi. Ibarat computer Pentium 100 jika tidak ada listrik dan system operasinya maka tidak akan berfungsi apapun.
Ke empat, dari segi tanggung jawabnya. Ruh selalu berkualitas baik dan suci, sedangkan jiwa bisa baik dan buruk. Tanggung jawab segala bentuk perbuatan di kenakan kepada jiwa bukan ruh. Yang terkena balasan perbuatan baik dan buruk adalah jiwa bukan ruh. Ruh ini ada kaitanya dengan malaikat yang terkadang disebut dengan bahasa “ruhul kuddus” sebagai agen kebaikan, sedangkan jiwa ada kaitanya dengan syetan dan nafsu kejelekan sebagai agen kejahatan. Makanya dalam islam orang yang terganggu jiwanya (maaf gila) dan orang yang belum dewasa (baligh) tidak dikenakan pahala dan dosa, walaupun ruh ada pada diri mereka.
Terkadang Al Qur’an itu disebut juga ruh yang (Qs.42:52-53) yang dihubungkan juga dengan cahaya(nur), dan manusia juga mengandung ruh sebagai penerang atau cahaya hidup. Itulah mengapa pada bulan puasa terdapat malam lailatul qodr atau malam 1000 bulan yang diturunkan di akhir bulan karena banyak manusia yang kualitas jiwanya mendekati kualitas ruh. Jadi kompakan yang membawa malaikat yang terbuat dari cahaya,Al Quran juga disebut cahaya, dan jiwa yang menerima juga mendekati kualitas cahaya. Jadi antara ruh dan cahaya sangat dekat kaitannya.
Yang ke lima, berdasarkan sifatnya. Ruh bersifat stabil tanpa mengenal perbandingan, mutlak baik. Sedangkan jiwa bersifat ‘labil”. Jiwa merasakan polaritas yaitu senang- sedih, bahagia-menderita, damai-kacau. Ruh digambarkan sosok yang membawa kepada “cahaya” terang benderang, sedangkan jiwa bergerak antara kutub kebaikan dan keburukan. Ruh tidak mengenal jenis kelamin, ruh semua manusia itu sama, antara laki-laki dan perempuan juga sama. Ibarat listrik pada computer yang menghidupi computer tersebut. Sedangkan jiwa setiap orang itu berbeda-beda, antara perempuan dan laki-laki tentunya berbeda.
Ke enam, dari segi kausalitas. Ruh adalah sebab, sedangkan jiwa adalah akibat. Penyebab utama adalah ruh kedalam badan, maka pada saat itu lahirlah jiwa yang berfungsi sebagai penghubung antara ruh dan badan. Untuk berkominikasi ke jasad maka ruh ini menggunakan jiwa sebagai alat komunikasi yang diwakili oleh hati dalam bentuk “rasa”. Karena kedekatannya dengan Tuhan ruh inilah yang dapat menghubungkan jiwa kita dengan Tuhan. Jadi mengenal dan memahami ruh akan mengarah ke pemahaman tentang Tuhan.
Ke tujuh, dari segi tempat. Ruh berlokasi atau bertempat di dalam sel di seluruh tubuh makluk hidup. Sedetik saja ruh meninggalkan sel, maka matilah sel itu. Selain di dalam sel ruh juga bertempat atau berlokasi di luar tubuh. Atau kata kiasannya “membungkus dari dalam-meliput dari luar” atau “tembus-menembus”. Karena itu ruh berada didalam atau diluar sekaligus atau dalam bahasa fisikanya bersifat kontinum atau ada disini sekaligus ada disana, ada dimana-mana.
Sedangkan jiwa pusatnya berada dibalik otak manusia yang termasuk didalamnya adalah pikiran sadar dan pikiran alam bawah sadar. Otak ini pusat jiwa yang terhubung dengan jantung pada manusia. Jadi pikiran dan perasaan itu tempatnya ada pada otak yang di teruskan(trasmisikan) ke dalam dada(jantung). Makanya jika sedih atau kecewa orang sering memegang dadanya bukan kepalanya. Jiwa sangat terkait atau tergantung kepada kualitas otak, jika otak terganggu, maka jiwapun terganggu.
Itulah tujuh perbedaan antara ruh dan jiwa yang saya bisa bagikan kepada anda. “Mengapa kok tujuh mas…..?”, “Saya hanya senang saja angka ganjil, hehehe…..”. Sebagai pelengkap gambaran antara jiwa dan ruh ini, saya akan menggunakan manusia atau diri kita sehingga mungkin anda bisa lebih paham karenanya.
Untuk mengetahui tentang hubungan antara jasad, jiwa, dan ruh dalam diri manusia silakan simak status atau tulisan selanjutnya setelah ini. Saya akan berusaha menganalogikan agar pemahaman kita menjadi lengkap dan komplit. Hanya Allah yang tau realitas dan kebenaran sejati. Bersambung ke bagian 2. Seoga bermanfaat.
~salam~
Terkadang saya berdiskusi dengan bebarapa teman didunia nyata tentang masalah jiwa dan ruh ini, banyak yang mengingatkan saya dan melarang saya untuk membahas tentang ruh ini. Menurut mereka ruh itu tak bisa dibicarakan karena ruh adalah urusan Tuhan. Namun saya balik bertanya kepada mereka yang berpendapat seperti itu dengan pertanyaan pamungkas saya “ Memang di alam semesta ini apa ada yang tidak merupakan urusan Tuhan?” biasanya setelah saya tanya dengan pertanyaan pamungkas saya ini mereka diam sejenak dan berucap….”iya….yaa….tidak ada peristiwa dialam semesta ini yang tidak di urus Tuhan, semua peristiwa adalah urusan-Nya juga.
Biasanya mereka yang mempunyai pendapat tentang pelarangan membicarakan tentang ruh itu beradasrkan firman allah dalam ayat berikut ini..
“Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit"(Qs.17:85)
Masalah ruh ini sudah lama dibahas oleh para pemikir-pemikir islam terdahulu, diantara ulama yang membahas tentang ruh sebut saja Ibnu Qoyyim al Jauziah murid dari tokoh Islam terkemuka Ibnu Taimiyah yang dalam kitabnya yang berbicara tentang Ar Ruh Ibnil Qoyyim yang dalam edisi bahasa indonesianya diterjemahkan dengan Roh. Menurut pendapat beliua antara ruh dan jiwa itu adalah sama. Ruh adalah bentuk lain dari jiwa dan sebaliknya.
Saya juga membaca kitab karangan Imam al Ghazali yang berjudul “KIMIYAA US SA’ADAH” yang dalam judul bahasa indonesianya di beri judul “Mencarai Jalan kebahagiaan”. Yang dalam pemahaman beliau juga masih berpendapat bahwa ruh itu adalah sama dengan hati. Atau ada juga kitab yang ditulis oleh Prof. Dr Ahmad syaauqi Ibrahim dengan judul “Ar Rus Wa an Nafs al Aql Wa al Qorin” yang dalam edisi bahasa Indonesia diberi judul “Misteri Potensi Gaib manusia”. .
Saya juga membaca buku karangan anak bangsa Adam Troy Efendi yang berjudul “Ilmu Sedikit Untuk Segala-galanya” yang pemaparanya sangat apik namun agak berat. Saya juga membaca buku Karya anak bangsa lainnya seorang insinyur Teknik Nuklir Agus Mustofa dengan judul “Menyelam Ke samudra Jiwa dan Ruh” yang sangat menarik karena pembahasannya di pandang dari segi ilmu sains modern terkini. Atau saya juga membaca buku karya ustad. Abu Sangkan yang berjudul “Berguru kepada Allah”. Dan masih banyak referensi buka yang lain yang tidak bisa saya tuliskan disini. Saya berdoa kepada Allah semoga mereka (guru-guru) saya yang hidup diberikan kukuatan untuk berkarya dalam kebaikan, dan bagi yang telah tiada semoga diberikan tempat yang nyaman, luas, terang benderang disisi-Nya
Itulah referensi saya selama bertahun-tahun menyelami pemahaman tentang jiwa dan ruh, yang semoga saya bisa berbagi dengan anda semua. Jika anda tidak paham dengan apa yang saya tuliskan silakan anda merujuk kepada kitab-kitab yang saya sebutkan sebelumnya. Anda boleh percaya atau tidak dengan apa yang akan saya utarakan dalam tulisan saya ini. Karena bagi saya sebagai pembelajar kita tidak boleh mengatakan “hanya saya yang benar dan yang lain salah”.
Kebanyakan dari kalangan islam masih banyak yang belum memahami perbedaan antara jiwa dan ruh ini, sehingga masih banyak yang berpendapat bahwa antara jiwa dan ruh adalah entinitas yang sama. Padahal keduanya adalah berbeda. Dalam Al quran kata jiwa yang menggunakan kata “nafs” dan ruh menggunakan “ruh”. Dalam Quran kata nafs yang bermakna “jiwa” disebut sebanyak 31 kali dan kata “nafs” yang mempunyai arti “diri” sebanyak 279 kali. Sedangkan kata “ruh” didalam Quran hanya disebut sebanyak 10 kali. Jauh lebih sedikit dari kata nafs.
Dari segi penyebutan saja kata Nafs mengandung dua arti yaitu “jiwa” dan “diri”. Yang penyebutanya hamper berbanding 30 kali lipat dengan penyebutan ruh yang hanya 10 kali. Ini memberikan “warning” kepada kita bahwa memang mempelajari ruh itu lebih rumit dari pada mempelajari jiwa. Namun kata Allah walaupu kita hanya diberi hanya “sedikit” tentang ruh itu sudah sangat baik untuk bekal kehidupan kita. Dan memang untuk saat ini belu ada alat yang bisa mendeteksi adanya ruh ini, sedangkan alat untuk mendeteksi jiwa sudah banyak dilakukan. Bailkah sampailah saatnya saya memberikan ulasan tentang jiwa dan ruh ini. Menurut saya perbedaan antara jiwa dan ruh adalah sebagai berikut:
Pertama, saya melihat dari bahan dasar penyusunnya. Jiwa terdiri atau terbuat dari bahan dasar “energi” sedangkan ruh bukan berasal dari bahan dasar materi maupun energi. Jadi mustahil mengukur ruh yang tidak terbuat dari materi dan energi, sedangkan alat pengukurnya adalah terbuat dari materi atau energi.
Yang ke dua, dari segi kualitas dzatnya. Ruh adalah subtanssi ketuhanan yang sifatnya transenden dan inamen. Trasenden artinya “melampaui segala sesuatu” dan inamen artinya “hadir saat ini”, ruh bersifat “mutlak baik” “bening”, “suci” dan “murni” serta berkualitas tinggi, sedangkan jiwa kualitasnya berpolaritas bisa berubah-ubah yaitu bisa baik dan bisa buruk, bersih-kotor, naik-turun. Itulah sebabnya pada saat penciptaan manusia, malaikat dan jin diminta bersujud kepada adam karena ketinggian kualitas “ruh” manusia. Maka salah satu cara untuk terhubung dengan ruh adalah “hadir di saat ini”.
Ke tiga, dilihat dari fungsinya. Ruh jika saya boleh mengibaratkan dalam komputer adalah listrik dan system operasi, sedangkan jiwa sebagai system aplikasi. Artinya jiwa(system aplikasi) bergantung kepada ruh (system operasi). Pada manusia ruh ini sebagai “fasilitas” bagi jasad dan “jiwa” tanpa ruh sehebat apapun badanya dan sisstem aplikasinya tidak akan berfungsi. Ibarat computer Pentium 100 jika tidak ada listrik dan system operasinya maka tidak akan berfungsi apapun.
Ke empat, dari segi tanggung jawabnya. Ruh selalu berkualitas baik dan suci, sedangkan jiwa bisa baik dan buruk. Tanggung jawab segala bentuk perbuatan di kenakan kepada jiwa bukan ruh. Yang terkena balasan perbuatan baik dan buruk adalah jiwa bukan ruh. Ruh ini ada kaitanya dengan malaikat yang terkadang disebut dengan bahasa “ruhul kuddus” sebagai agen kebaikan, sedangkan jiwa ada kaitanya dengan syetan dan nafsu kejelekan sebagai agen kejahatan. Makanya dalam islam orang yang terganggu jiwanya (maaf gila) dan orang yang belum dewasa (baligh) tidak dikenakan pahala dan dosa, walaupun ruh ada pada diri mereka.
Terkadang Al Qur’an itu disebut juga ruh yang (Qs.42:52-53) yang dihubungkan juga dengan cahaya(nur), dan manusia juga mengandung ruh sebagai penerang atau cahaya hidup. Itulah mengapa pada bulan puasa terdapat malam lailatul qodr atau malam 1000 bulan yang diturunkan di akhir bulan karena banyak manusia yang kualitas jiwanya mendekati kualitas ruh. Jadi kompakan yang membawa malaikat yang terbuat dari cahaya,Al Quran juga disebut cahaya, dan jiwa yang menerima juga mendekati kualitas cahaya. Jadi antara ruh dan cahaya sangat dekat kaitannya.
Yang ke lima, berdasarkan sifatnya. Ruh bersifat stabil tanpa mengenal perbandingan, mutlak baik. Sedangkan jiwa bersifat ‘labil”. Jiwa merasakan polaritas yaitu senang- sedih, bahagia-menderita, damai-kacau. Ruh digambarkan sosok yang membawa kepada “cahaya” terang benderang, sedangkan jiwa bergerak antara kutub kebaikan dan keburukan. Ruh tidak mengenal jenis kelamin, ruh semua manusia itu sama, antara laki-laki dan perempuan juga sama. Ibarat listrik pada computer yang menghidupi computer tersebut. Sedangkan jiwa setiap orang itu berbeda-beda, antara perempuan dan laki-laki tentunya berbeda.
Ke enam, dari segi kausalitas. Ruh adalah sebab, sedangkan jiwa adalah akibat. Penyebab utama adalah ruh kedalam badan, maka pada saat itu lahirlah jiwa yang berfungsi sebagai penghubung antara ruh dan badan. Untuk berkominikasi ke jasad maka ruh ini menggunakan jiwa sebagai alat komunikasi yang diwakili oleh hati dalam bentuk “rasa”. Karena kedekatannya dengan Tuhan ruh inilah yang dapat menghubungkan jiwa kita dengan Tuhan. Jadi mengenal dan memahami ruh akan mengarah ke pemahaman tentang Tuhan.
Ke tujuh, dari segi tempat. Ruh berlokasi atau bertempat di dalam sel di seluruh tubuh makluk hidup. Sedetik saja ruh meninggalkan sel, maka matilah sel itu. Selain di dalam sel ruh juga bertempat atau berlokasi di luar tubuh. Atau kata kiasannya “membungkus dari dalam-meliput dari luar” atau “tembus-menembus”. Karena itu ruh berada didalam atau diluar sekaligus atau dalam bahasa fisikanya bersifat kontinum atau ada disini sekaligus ada disana, ada dimana-mana.
Sedangkan jiwa pusatnya berada dibalik otak manusia yang termasuk didalamnya adalah pikiran sadar dan pikiran alam bawah sadar. Otak ini pusat jiwa yang terhubung dengan jantung pada manusia. Jadi pikiran dan perasaan itu tempatnya ada pada otak yang di teruskan(trasmisikan) ke dalam dada(jantung). Makanya jika sedih atau kecewa orang sering memegang dadanya bukan kepalanya. Jiwa sangat terkait atau tergantung kepada kualitas otak, jika otak terganggu, maka jiwapun terganggu.
Itulah tujuh perbedaan antara ruh dan jiwa yang saya bisa bagikan kepada anda. “Mengapa kok tujuh mas…..?”, “Saya hanya senang saja angka ganjil, hehehe…..”. Sebagai pelengkap gambaran antara jiwa dan ruh ini, saya akan menggunakan manusia atau diri kita sehingga mungkin anda bisa lebih paham karenanya.
Untuk mengetahui tentang hubungan antara jasad, jiwa, dan ruh dalam diri manusia silakan simak status atau tulisan selanjutnya setelah ini. Saya akan berusaha menganalogikan agar pemahaman kita menjadi lengkap dan komplit. Hanya Allah yang tau realitas dan kebenaran sejati. Bersambung ke bagian 2. Seoga bermanfaat.
~salam~
Langganan:
Postingan (Atom)