======================
"Amalan Syareat mengharapkan Surga, Amalan Hakekat mengenal Diri kita, jaganlah dibanding-bandingkan ilmu yang ada agar bisa bertambah ilmu didada Ngih..
_______________
Adapun Alam Insan atau disebut juga dengan Alam ke-tujuh sudah
terkandung didalam surah Al-Ikhlas, di mana surah Al-Ikhlas di dalam Al
Quran telah menceritakan tentang ke-wujud-an Allah s.w.t. yang
menjadikan Rahasia manusia itu sendiri dan menceritakan pula ke-wujud-an
Allah untuk ditanggung oleh manusia sebagai Rahasianya.
_____________
Proses pemindahan atau tajalli Zat Allah itu bermula dari alam Gaibul Gaib kealam Gaib hingga membentuk diri Lahir dan Batin.
Pada tahap martabat Alam Gaibul Gaib, keadaan ini merupakan suatu
martabat yang paling tinggi dan suci disisi Allah s.w.t. dan inilah
martabat yang paling benar-benar di-ridhoi oleh Allah s.w.t.
___________
Diri manusia pada martabat INSANUL KAMIL adalah sebatang diri yang
suci mutlak pada zahir dan batin. Tiada cacat dan celanya dengan Allah
s.w.t. yaitu tuan Empunya Rahasia, sebab itu Rasulullah s.a.w pernah
menegaskan dalam sabdanya, bahwa kelahiran seorang bayi itu dalam kedaan
yang suci, tetapi yang membuatnya menjadi kotor itu adalah ibu bapaknya
dan masyarakat, serta hanyutnya manusia itu sendiri di dalam gelombang
godaan kehidupan di dunia ini.
__________
Adalah menjadi
tanggung jawab seorang manusia yang ingin menuju ke jalan kesucian dan
makrifat kepada Tuhan-nya untuk mengembalikan dirinya ke suatu tahap
yang bernama manusia KAMIL AL-KAMIL (sempurna) ataupun dinamakan tahap
martabat Alam INSAN.
Adapun martabat pe-WUJUD-an Diri Rahasia Allah s.w.t. itu terbagi dalam tujuh kategori atau peringkat tajalinya, yaitu :
___________
Ahdah`Wahda`Wahdiah`Alam Roh `Alam Misal`Alam Ijsam`Alam Insan
Ketujuh-tujuh ini terkandung di dalam Surah Al- Ikhlas, yaitu :
Qulhuawallahu ahad => Ahdah
Allahussamad =>Wahdah
Lamyalid => Wahdiah
Walamyulad =>Alam Roh
Walamyakullahu => Alam Misal
Kuffuan =>Alam Ijsam
Ahad => Alam Insan
Dalam proses menyucikan diri dan mengembalikan Rahasia kepada tuan
Empunya Rahasia, maka seorang manusia itu haruslah meningkatkan
kesuciannya sampai ke peringkat asal kejadian Rahasia Allah Ta’ala.
_____________
Manusia harus melewati beberapa tahapan mulai alam insan ke martabat
Zat Allah Azzawajalla yaitu martabat AHDAH. Sebab itulah tugas kita
manusia mengenal hakekat ini dan berusaha sedaya-upaya untuk
mengembalikan amanah Allah s.w.t. tersebut sebagaimana proses penerimaan
amanah-Nya pada peringkat awalnya.
_____________
Sesudah lahir
ke dunia manusia dihijab dengan nafsu-nafsu dan haruslah manusia itu
menyucikan kembali agar dapat menembus satu martabat nafsu ke satu
martabat nafsu yang lain sampailah benar-benar tahu dengan Allah s.w.t.
Sesungguhnya Allah s.w.t. dalam usaha untuk memperkenalkan diri-Nya
melalui lidah dan hati, maka Allah telah mentajalikan dirinya menjadi
rahasia kepada diri manusia.
_____________
Pada alam Gaibul Gaib
yaitu pada martabat Ahdah, kondisi ini dikatakan belum ada awal dan
belum ada akhir, belum ada SIFAT, belum ada ASMA dan belum ada apa-apa
satupun jua yaitu pada martabat ZATUL HAQ, disini telah di putuskan
untuk memperkenalkan diri-Nya dan untuk diberikan tanggung jawab berat
ini kepada manusia, maka ditajalikan-lah diri-Nya itu dari satu
peringkat ke peringkat berikutnya hingga sampai zahirnya manusia yang
berbadan Rohani dan Jasmani.
____________
Adapun martabat Ahdah
ini terkandung didalam ayat Qulhuallahu Ahad yaitu pada zat semata-mata
dan inilah dinamakan martabat ZAT.
Pada martabat ini kedudukan diri Empunya Diri (Zat Al-Haq) adalah dengan DIA semata-mata yaitu dinamakan Diri Sendiri.
____________
Pada masa ini, tiada SIFAT, tiada ASMA dan tiada AFA’AL dan tiada
apa-apa, kecuali zat mutlak semata-mata, maka berdirilah zat itu dengan
DIA SEMATA-MATA, dan diri zat tersebut dinamakan Esa atau AHAD atau
dinamakan KUN ZAT.
Pada peringkat yang kedua dalam proses
mentajalilkan diri-Nya, Diri Empunya Diri telah mentajalilkan diri ke
suatu martabat sifat yaitu SABIT NYATA PERTAMA.
_____________
Pada martabat ini dinamakan martabat Noktah Mutlak (Noktah Ghaib) ataupun dipanggilkan juga sifat Muhammadiah
Pada martabat ini juga dinamakan martabat WAHDAH yang terkandung
didalam ayat Allahussamad yaitu tempatnya zat allah s.w.t., tiada
terang sedikitpun hal ini meliputi tujuh lapis langit dan tujuh lapis
bumi.
Pada peringkat ini Zat Allah Ta’ala mulai bersifat. Sifatnya
itu adalah sifat batin, jauh dari nyata dan hal ini bisa diibaratkan
seperti sebatang pohon yang masih didalam biji, pohon tersebut telah
wujud, tapi tidak nyata, sebab itulah dinamakan Sabit Nyata Pertama pada
martabat La ta’yan Awal.
__________
Oleh karena itu didalam
martabat ini keadaan-nya NYATA TAPI TIDAK NYATA (wujud pada hakiki) sama
sekali tidak zahir. Maka pada peringkat ini tuan Empunya Diri tidaklah
ber-ASMA, dan di peringkat inilah terkumpul zat mutlak (ZatulHaq) dan
sifat Batin. Maka disaat ini tidaklah berbau, belum ada rasa, belum
nyata didalam nyata, pada peringkat ini sebenarnya pada hakiki sifat
(kesempurnaan sifat), ZatulHaq yang ditajallikan itu telah sempurna,
sudah lengkap segala-galanya. Hai ini semua terhimpun dan sembunyi tapi
sesungguhnya telah zahir pada hakekatnya.
__________
Peringkat
ketiga setelah di-tajalli-kan Dirinya pada peringkat WAHDAH maka Empunya
Diri yang ada pada Diri Rahasia manusia men-tajalli-kan lagi Diri-Nya
ke satu martabat ASMA yakni pada martabat Nama-nama atau dinamakan
martabat WAHDIAH.
_________
Martabat ini terkandung didalam ayat Lamyalid yaitu sifat yang Qadim lagi Baqa tak-kala menilik wujud Allah s.w.t.
__________
Pada martabat ini keadaan tubuh Diri Rahasia telah yang terhimpun
adalah ZAT, SIFAT Batin dan ASMA Batin. Adapun yang dinamakan berhimpun
tapi belum bersatu karena pada peringkat ini sudah dapat ditentukan
bangsa masing-masing (langit, bumi, gunung ..), tetapi perlu diingatkan
pada peringkat ini semuanya belum zahir di dalam ilmu Allah s.w.t, yaitu
di dalam keadaan (…) artinya suatu keadaan yang tetap didalam alam
rahasia (ilmu Allah) yang belum zahir.
__________
Pada peringkat
ini juga telah terbentuk Diri Rahasia Allah s.w.t. yang hakiki dalam
batin yaitu boleh dikatakan juga Diri Roh didalam Roh yaitu didalam
keadaan nyata tetapi tidak nyata.
__________
Peringkat keempat
didalam usaha Diri Empunya Diri untuk menyatakan Dirinya, maka DIA
mengolah dirinya untuk membentuk satu batang tubuh halus yang dinamakan
ROH. Pada peringkat ini dinamakan martabat ROH pada Alam ROH.
____________
ROH ini adalah merupakan tubuh batin hakiki-nya manusia, dimana batin
ini sudah nyata Zat-Nya, Sifat-Nya, Asma-Nya, dan Afa’al-Nya. semuanya
sempurna dan lengkap, seluruh anggota-anggota batinnya tiada cacat,
tiada cela dan keadaan ini dinamakan ALAM KHARIJAH yaitu nyata dan
zahirnya pada hakekatnya daripada Ilmu Allah Ta’ala.
_________
ROH ini juga dinamakan Jisim Latif yaitu suatu bentuk tubuh yang halus.
Tubuh Roh ini tidak akan mengalami suka-duka, sakit, menangis, senang
dan hancur dan inilah yang dinamakan (…)
________
Martabat ini
terkandung didalam ayat Walamyulad dan berdirilah Dia dengan Diri
Tajalli Allah s.w.t. dan hiduplah Dia buat selama-lamanya. Inilah yang
dinamakan keadaan tubuh hakekat insan yang mempunyai awal dan tiada
berkesudahan dan Dialah sebenar-benarnya yang dikatakan diri Nyata
Hakiki Allah pada diri manusia.
________
Untuk menyatakan
DIRINYA ini, Allah s.w.t terus menyatakan Dirinya melalui Diri
Rahasianya itu secara Nyata dengan membawa Diri Rahasianya itu untuk
dikandung pada diri Bapak, maka dalam keadaan ini dinamakan Alam MISAL
________
Alam Misal ini terkandung didalam ayat Walamyakullahu yaitu dalam keadaan yang tidak bisa digambarkan.
________
Dalam keadaan ini tubuh Rahasia Diri Allah adalah masih sama halus
seperti di Alam Roh dan tubuh itu telah terbentuk dengan sempurna pada
seluruh anggota batin-nya seperti, Rupa dan bentuk kasar diri seorang
manusia itu, keadaan ini dinamakan keadaan ke-sempurna-an sifat Roh yang
sempurna pada ZAT pada SIFAT pada ASMA dan pada AFA’AL hakikinya
masing-masing.
_______
Diri Rahasia Allah pada martabat Wujud
Allah ini, kemudian tajalikan lagi ke ubun-ubun bapak dan seterusnya ke
Mani Wadi Di untuk disalurkan kesuatu tempat dan bergabung dengan
Diri Rahasia Batin (Roh) dan diri kasar hakiki didalam tempat bernama
RAHIM IBU dan terbentuklah Manikam pada saat persetubuhan.
________
Perlu di-ingat-kan tubuh rahasia pada saat itu hidup sebagaimana
awalnya, didalam rupa yang Elok dan tiada binasa dan belum Zahir, dia
akan tetap hidup dan tidak mengenal apa arti mati.
_________
Setelah dari alam Misal yang dikandung oleh Bapak maka berpindah-lah
Diri Rahasia itu melalui Mani bapak kedalam Rahim ibu, inilah yang
dinamakan ALAM IJSAM
__________
Pada Martabat ini dinamakan
martabat INSANUL KAMIL yaitu batang Diri Rahasia Allah yang telah di
Kamilkan dengan tubuh diri manusia dan akhirnya dia menjadi KAMIL AL
KAMIL menjadi satu pada zahirnya diantara kedua badan yaitu Rohani dan
Jasmani, dan lahirlah seorang Insan melalui Rahim ibunya dan
sesungguhnya martabat bayi yang baru lahir itu adalah merupakan satu
martabat manusia yang paling suci yang dinamakan INSANUL KAMIL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar