Laman

Sabtu, 21 Maret 2020

=KAJIAN HIKMAH TASAWWUF=

Bismillahirrahmaanirrahiim.


Qaalallahu Ta'ala Fii Kitabihil Karim Wa Huwa Ashdaqul Qaailiin
Tafakkaruu Fii Khalqillah Wa Laa Tafakkaruu Fii Dzatillah
Firman Allah swt,
Fa idzansyaqqatis Samaa'u Fa Kaanat Wardatan Kad-dihan
Artinya :
Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak.
(Q.S. Ar-Rahman : 37)
Fa Bi Ayyi Aalaa'i Rabbikuma Tukaddzibaan.
Artinya :
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan.?
(Q.S. Ar-Rahman : 38)
💥METAFORA SEKUNTUM MAWAR
🌹Mawar adalah tanaman semak kebanyakan tumbuh dibelahan bumi utara yang berudara sejuk, spesies Bunga Mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman yang memanjat….
🌹Mawar pada hakekatnya adalah sebuah sosok bunga yang banyak mengajarkan dan memberi pelajaran dalam kehidupan manusia, yang pada hakekatnya manusia tidakakan pernah mendapatkan kesempurnaan dalam kehidupan didunia ini dan tidak akan kekal abadi selamanya.
Karena sesungguhnya kesempurnaan itu semata-mata hanya milik Tuhan semata-mata.
Adapun segala rasa yang timbul dari dalam diri atau hati kita yang paling dalam, atau pikiran kita maka tidak ubahnya seperti Mawar.
Mawar yang indah dan menawan membuat setiap orang yang melihat ingin memetik dan memilikinya, dan pada saatnya dia akan gugur dan mati dan akan tiba saatnya lenyap dari kehidupan ini.
Meskipun tanpa menggunakan kata-kata sebenarnya Sang Mawar ingin berkata kepada kita
” Sesungguhnya dalam kehidupan ini tidak ada yang kekal dan abadi, bahkan apa saja yang sekarang kita lihat indah sekarang ini pada suatu saat akan menjadi sesuatu yang terbuang dan tiada berarti ”
🌹Bunga Mawar mengajarkan kepada kita janganlah menjadi seorang manusia yang lemah, mudah terbawa arus dan perasaan, dan jangan pulalah suka mencari kesenangan, kebahagiaan atau keindahan hanya sesaat saja karena hal tersebut tidak akan memberi ketenangan kepada kita dan pada akhirnya suatu kehampaan belaka yang didapat dan akan menimbukan luka yang sangat mendalam.
🌹Mawar adalah bunga yang dipandang sebagai suatu bahasa simbol dari hidup dan kehidupan yang lebih bersifat rohaniah dari pada bersifat lahiriah.
Didalam filosofis simbolisme dan mistikisme sosok Mawar yang memiliki sifat yang total dan mendalam, hal tersebut banyak diungkapkandengan lambang, bisa berupa cerita, perumpamaan, warna, rupa dan lain sebagainya.
Sesungguhnya Mawar adalah lambang hidup dan kehidupan manusia, sedangkan manusia adalah makhluk yang paling ajaib dan penuh dengan misteri, tak ada satu manusia pun didunia ini yang mampu mengenal manusia secara tuntas, apa yang diketahui oleh manusia itu hanyalah sedikit sekali.
Betapapun suami dan istri mengenal dan mencintai pasangannya dan betapapun cinta kasih sayang seorang ibu bergaul dengan anaknya, namun anak itu tetap menjadi teka-teki dan misteri bagi ibunya. bahkan dirinyasendiripun sebetulnya juga merupakan suatu teka teki dan misteri bagi dirinyasendiri.
Dan manusia selalu berkeinginan mencoba untuk melakukan refleksi dan mendapatkan jawaban tentang misteri manusia.
Apa dan siapa manusia itu …?.
Dansiapakah Aku ini …?.
Berbicara mengenai Mawar hampir selalu dikait-kaitkan sosok tanaman yang memiliki keunikan dan memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan bunga lainnya, bagaimana kita melihat bunga mawar, apakah yang lebih nampak duri-durinya atau justru kelopak bunganya yang indah.
Ini adalah sebuah hikmah dan suatu pelajaran mereka bagi yang berpikir positif akan lebih mengagumi keindahan mawar dan bagi mereka yang suka berpikir negatif mereka hanya melihat duri-durinya saja.
Sesungguhnya cinta adalah sebuah anugerah dan nikmat dari Tuhan yang harus kita pelihara, pada hakekatnya susah dan senang berasal darinya, Mawar juga dilambangkan sebagai simbol bunga cinta, jika tiada suatu rasa yang benar-benar dan bertekad untuk mempertahankan cinta tersebut.
Akan tetapi bila cinta tersebut hanya sebatas cinta antara sesama makhluk maka akan binasa dan segala cerita yang telah tergores akan terhapus dengan begitu mudahnya, saat kita hanya menyukai segala sesuatunya kalau hanya dari sisi luar saja atau hanya dari keindahannya yang sesaat, maka kehancuranlah yang akan menanti.
Belajar dari filosofi Mawar dia adalah sosok bunga yang hidup secara mandiri dan didalam kesederhanaannya dan tanpa iri melihat keindahan atau kemewahan yang ada disekelilingya, namun bunga mawar tetap akan memberikan keindahan yangmempersona dan bermanfaat bagi orang lain.
🌹Mawar bisa tumbuh ditempat yang tandus sekalipun,
Dan bila ia dipetik maka tak akan dapat lagi tumbuh tetapi Mawar tersebut tidak akan langsung mati, keindahan sang mawar tetap ada saat belum layu.
🌹Mawar sudah terbiasa hidup diatas tangkai yang kecil serta dahannya yang penuh oleh duri yang menantang namun Mawar tetap mampu mengatasinya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.
Ketika sampai pada puncak kesuburannya sebagai masa kejayaannya sang mawar tetap tidaklah sombong dan ketika layu pun ia harus turun darikedudukannya.
🌹Mawar tidak akan prustasi namun secara selangkah demi selangkah dia akan menyesuaikan dirinya untuk memahami dan menerima serta menyadari bahwa hidup didunia ini tidak ada yang kekal dan abadi.
Para Sufi menjadikan dan mengadopsi Bunga Mawar sebagai simbol karena bunga mawar memiliki arti dan makna yang sangat luas dan sangat mendalam.
Dan sesungguhnya apa arti dan makna dibalik rahasia sebenarnya…?
Allah swt,
Di dalam Kitab Suci Al-Quran Berfirman :
“ Faa’ijan saq’qotis samaa’u faka’nat wardhatan kad’dihaani ”
Artinya : Maka apabila langit telah terbelah maka ia menjadi Mawar merahseperti kilauan minyak “.
( QS Ar-Rahman : 37 ).
Semua prosesTasawuf tatarannya tidaklah sama bagi tiap-tiap orang.
Sedang persyaratan yang menentukan untuk dapat menemukannya adalah atas Ridha dan kemurahan Tuhan sendiri, manusia tidak mungkin dapat memaksa Tuhan untuk menampakkan dan menyatakan dirinya. Tuhan hanya dapat dipahami dengan pengetahuan Tuhan sendiri dan sinar cahayanya hanya dapat sampai ke manusia kalau Tuhan menghendakinya.
Diantara sekian banyak manusia telah kehilangan dirinya sendiri dalam samudera keresahan, kekhawatiran maupun ketakutan, banyak yang terjadi si kaya merasa resah bagaimana melestarikan kekayaannya dan simiskin banyak mengalami keresahan bagaimana usaha dan upaya untuk memenuhi kebutuhan primer dalam keadaan yang sama sekali tidak punya apa-apa.
Kemudian tampilah dengan gayanya yang khas bagi para pemimpin dengan dalih menyuarakan hati nurani dan membantu aspirasi masyarakat namun pada hakikatnya mereka sendiri berblok-blok atau terkotak-kotak dalam posisi yang berbeda-beda,sebagian dari para pemimpin menggunakan alat bagi si kaya dan sekaligus mampumemperalat si miskin untuk kepentingan mereka sendiri dan sungguh sedikit sekali yang betul-betul menyuarakan hati nurani dan membela aspirasi masyarakat.
Sebenarnya keadaan ini yang telah terjadi pada zaman sekitar abad ke 3 hijriyah, hal demikian juga terjadi pada kurun waktu berikutnya baik keadaan yang sekarang dan masa datang.
Dalam situasi dan kondisi manusia kehilangan dirinya sendiri dan kehilangan arah, ajaran Ilmu Tasawuf Ketuhanan dapat memberi ketentraman, ketenangan manusia secara lahir dan batin..
Dengan ajaran ini maka manusia berangsur-angsur kembali kepangkalnya yang memiliki tiga fungsi dalam kehidupan :
1. Fungsi manusia sebagai makhluk pribadi. 2 . Fungsi manusia sebagai makhluksosial. 3 . Fungsi manusia sebagaisebagai hamba Allah.
Dengan mempelajari ilmu Tasawuf Ketuhanan :
maka akan mengantarkan manusia :
💥 KHULUQ, bagaimana manusia menjadi yang berkepribadian.
💥 KHALAQ, bagaimana sikap dan prilaku dalam lingkungan sesama manusia dan alam.
💥KHALIQ, sebagai pencipta apa yang di persembahkan kepada manusia.
ketiga fungsi manusia tersebut telah dijabarkan dalam ajaran Ilmu Tasawuf Ketuhanan.
Inilah suatu ajaran yang membangkitkan semangat hidup dan dalam wawasan yang lebih luas.
Dengan mempelajari ajaran kesempurnaan hidup seperti : Syariat,Tarekat, Hakekat dan Marifat, maka akan membawa manusia kepangkal asalnya untuk menemukan kebahagiaan hidup yang hakiki.
🌹FEATURED IMAGI🌹
💥STRUKTURMAWAR💥
1. Mawar
terdiri dari lingkaran putih, helai daun, paduan warna dengan 7 kelopak bunga,semua itu mengandung makna tersendiri.
2 . Lingkaran putih terdiri dari luar dan dalam antara lain :
A . Bagian luar Terdiri Atas :
- Syariat
- Thareqat
💥 SYARIAT, melambangkan perbuatan atau ucapan.
💥 THAREQAT, melambangkan hati atau suatu amalan.
B . Bagian Dalam Terdiri Atas :
- Hakekat
- Marifat
💥 HAKEKAT, melambangkan nyawa atau penglihatan ruhani terhadap Tuhan,
💥 MA'RIFAT, itu rahasia atau kenyataan yang sebenarnya.
Hakekat tidak akan dapat di pisahkan kecuali oleh orang yang memiliki Marifat.
3 . lima helai daun itu melambangkan lima keutamaan bagi Umat muslim yaitu :
- Syahadat,
- Sholat,
- Puasa,
- Zakat
- Ibadah haji.
4 . Enam helai daun melambangkan enam karakter keimanan yaitu : - Percaya kepada Allahswt.
- Percaya kepada Malaikat,
- Percaya kepada Kitab,
- Percaya kepada Rasul-rasulnya,
- Percaya hari Kiamat,
- Percaya kepada Qadha dan Qhadar.
5 . Tujuh helai daun melambangkan tujuh ayat Al-Quran, jadi seluruh helai daun berjumlah delapan belas mengandung arti bahwa Nabi Besar Muhammad saw, sebagai pembawa rahmat bagi delapan belas alam.
Dalam hadistQudsi Allah berfirman : ( Laulaka laulaka ma kholaqtul as’ya’a ). Artinya :
“ Kalau bukan engkau, kalau bukan engkau ( Hai Muhammad ) Tidakkujadikan semua alam ” Muhammad adalah rahmat bagi alam semesta dan segala isinya.
Rahmat selalu ada dimana-mana, waktu yang lalu, sekarang atau yang akan datang. Rahmat datang dari sifat Rahmaniyah dan Rahimiyah Allah swt. Sifat tidak terpisah dengan Dzat-Nya.
6 . Warna yang ada pada Mawar itu mempunyai arti tersendiri seperti :
- Warna Kuning melambangkan Syariat,
- Warna Putih melambangkan Tarekat,
-Warna Hitam melambangkan Hakekat, - Warna Merah melambangkan Marifat.
A . Adapun Syariat yang di Artikan “ Tata hukum ” Disadari bahwa dialam semesta ini tidak ada yang terlepas dari apa yang dinamakan “ Hukum ” termasuk untuk manusia sebagai makhluk sosial dan sebagai hamba Allah, perlu diatur dan ditata sehingga terciptalah keteraturan yang menyangkut hubungan antar manusia dan manusia, manusia dengan alam, serta manusia dengan Tuhannya.
B . AdapunTarekat yang di Artikan “ Jalan ” Untuk mengetahui adanya suatu jalan, perlu juga mengetahui “ Cara ” untuk melintas jalan agar tujuan kita tidak salah langkah.
Tujuan adalah kebenaran, maka cara untuk melintas jalan harus dengan benar pula.
C . Adapun Hakekat yang di Artikan “ Kebenaran ” atau kenyataan asal yang sebenar-benarnyanya, kebenaran dalam hidup dan kehidupan inilah yang harus dicari dan ini pulalah yang di tuju manusia yang sebenarnya.
D . Adapun Marifat di Artikan “ Mengenal ” Siapa yang mengenal dirinya, sesungguhnya dia dapat mengenal Tuhannya.
Diri ini penuh dengan serba ketergantungan, kekurangan, kelemahan, dibanding dengan Allah yang memiliki kebesaran, kekuasaan dan kekekalan serta memiliki sifat-sifat kesempurnaan.
E . Keempat bagian ini ( Syariat, Tarekat, Hakekat dan Marifat ) adalah sudah merupakan satu kesatuan yang tidak akan bisa dipisah-pisahkan masing-masing, apabila gugur atau lepas salah satunya berarti gugur lepas pula keseluruhannya.
7 . Sedangkankelopak bunga itu terdiri dari tujuh helai yang melambangkan tujuh nama Tuhan, yang di ucapkan didalam berzikir.
A . Pertama :
Lafad, la ilaha ila Allah dengan cahaya biru.
B . Kedua:
Lafad, Allah dengan cahaya kuning.
C . Ketiga :
Lafad, Hu dengan cahaya merah.
D . Keempat :
Lafad, Hayyu dengan cahaya putih.
E . Kelima :
Lafad, Wahid dengan cahaya hijau.
F . Keenam :
Lafad, Aziz dengan cahaya hitam.
G . Ketujuh :
Lafad, Wadud tanpa warna cahaya.
Adapun ketujuh warna tersebut di atas melambangkan cahaya putih ( Allah ) dengan delapan belas gumpalan darah beku melambangkan huruf Hijaiyah dalam kata ( Hayyu ).
Huruf ( Ha ) nilainya angka 8.
Huruf ( Ya ) nilainya angka 10.
Jadi di jumlahnya 18.
Ditengah-tengah Bunga Mawar tersebut terdapat Cincin Nabi Sulaiman as, kalimat Sulaiman terdiri dari 5 huruf Hijaiyah yaitu :
Sin, Lam, Ya, Mim, dan Nun.
- Huruf Sin artinya : Terbebas dari kelemahan.
- Huruf Lam artinya : Cenderung akankehalusan.
- Huruf Ya artinya : Kekuatan visi spiritual.
- Huruf Mim artinya : Keakraban dengan sahabat.
Huruf Nun artinya :
Doa dan salam hanya bagi milik Allah semata-mata.
AL-QUR'AN MIN KULLI MATSA'IL
MANFAAT SILAHKAN DI AMBIL MUDHARAT ABAIKAN... SAJA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar