Bismillahirrahmaanirrahiim. 
 
 Qaalallahu Ta'ala Fii Kitabihil Karim Wa Huwa Ashdaqul Qaailiin
 Tafakkaruu Fii Khalqillah Wa Laa Tafakkaruu Fii Dzatillah 
 Firman Allah swt,  
  Fa idzansyaqqatis Samaa'u Fa Kaanat Wardatan Kad-dihan
 Artinya :
 Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak.
 (Q.S. Ar-Rahman : 37)
 Fa Bi Ayyi Aalaa'i Rabbikuma Tukaddzibaan.
 Artinya :
 Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan.? 
 (Q.S. Ar-Rahman : 38)
 💥METAFORA SEKUNTUM MAWAR
 🌹Mawar
 adalah tanaman semak kebanyakan tumbuh dibelahan bumi utara yang 
berudara sejuk, spesies Bunga Mawar umumnya merupakan tanaman semak yang
 berduri atau tanaman yang memanjat….
 🌹Mawar
 pada hakekatnya adalah sebuah sosok bunga yang banyak mengajarkan dan 
memberi pelajaran dalam kehidupan manusia, yang pada hakekatnya manusia 
tidakakan pernah mendapatkan kesempurnaan dalam kehidupan didunia ini 
dan tidak akan kekal abadi selamanya. 
 Karena sesungguhnya kesempurnaan itu semata-mata hanya milik Tuhan semata-mata.
 Adapun segala rasa yang timbul dari dalam diri atau hati kita yang 
paling dalam, atau pikiran kita maka tidak ubahnya seperti Mawar. 
 
Mawar yang indah dan menawan membuat setiap orang yang melihat ingin 
memetik dan memilikinya, dan pada saatnya dia akan gugur dan mati dan 
akan tiba saatnya lenyap dari kehidupan ini.
 Meskipun tanpa menggunakan kata-kata sebenarnya Sang Mawar ingin berkata kepada kita 
 ” Sesungguhnya dalam kehidupan ini tidak ada yang kekal dan abadi, 
bahkan apa saja yang sekarang kita lihat indah sekarang ini pada suatu 
saat akan menjadi sesuatu yang terbuang dan tiada berarti ”
 🌹Bunga
 Mawar mengajarkan kepada kita janganlah menjadi seorang manusia yang 
lemah, mudah terbawa arus dan  perasaan, dan jangan pulalah suka mencari
 kesenangan, kebahagiaan atau keindahan hanya sesaat saja karena hal 
tersebut tidak akan memberi ketenangan kepada kita dan pada akhirnya 
suatu kehampaan belaka yang didapat dan akan menimbukan luka yang sangat
 mendalam.
 🌹Mawar
 adalah bunga yang dipandang sebagai suatu bahasa simbol dari hidup dan 
kehidupan yang lebih bersifat rohaniah dari pada bersifat lahiriah. 
 Didalam filosofis simbolisme dan mistikisme sosok Mawar yang memiliki 
sifat yang total dan mendalam, hal tersebut banyak diungkapkandengan 
lambang, bisa berupa cerita, perumpamaan, warna, rupa dan lain 
sebagainya.
 Sesungguhnya Mawar adalah lambang hidup dan kehidupan
 manusia, sedangkan manusia adalah makhluk yang paling ajaib dan penuh 
dengan misteri, tak ada satu manusia pun didunia ini yang mampu mengenal
 manusia secara tuntas, apa yang diketahui oleh manusia itu hanyalah 
sedikit sekali.
 Betapapun suami dan istri mengenal dan mencintai 
pasangannya dan betapapun cinta kasih sayang seorang ibu bergaul dengan 
anaknya, namun anak itu tetap menjadi teka-teki dan misteri bagi ibunya.
 bahkan dirinyasendiripun sebetulnya juga merupakan suatu teka teki dan 
misteri bagi dirinyasendiri. 
 Dan manusia selalu berkeinginan mencoba untuk melakukan refleksi dan mendapatkan jawaban tentang misteri manusia.
 Apa dan siapa manusia itu …?. 
 Dansiapakah Aku ini …?.
 Berbicara mengenai Mawar hampir selalu dikait-kaitkan sosok tanaman 
yang memiliki keunikan dan memiliki ciri khas tersendiri dibanding 
dengan bunga lainnya, bagaimana kita melihat bunga mawar, apakah yang 
lebih nampak duri-durinya atau justru kelopak bunganya yang indah.
 Ini adalah sebuah hikmah dan suatu pelajaran mereka bagi yang berpikir 
positif akan lebih mengagumi keindahan mawar dan bagi mereka yang suka 
berpikir negatif mereka hanya melihat duri-durinya saja.
 
Sesungguhnya cinta adalah sebuah anugerah dan nikmat dari Tuhan yang 
harus kita pelihara, pada hakekatnya susah dan senang berasal darinya, 
Mawar juga dilambangkan sebagai simbol bunga cinta, jika tiada suatu 
rasa yang benar-benar dan bertekad untuk mempertahankan cinta tersebut.
 Akan tetapi bila cinta tersebut hanya sebatas cinta antara sesama 
makhluk maka akan binasa dan segala cerita yang telah tergores akan 
terhapus dengan begitu mudahnya, saat kita hanya menyukai segala 
sesuatunya kalau hanya dari sisi luar saja atau hanya dari keindahannya 
yang sesaat, maka kehancuranlah yang akan menanti.
 Belajar dari 
filosofi Mawar dia adalah sosok bunga yang hidup secara mandiri dan 
didalam kesederhanaannya dan tanpa iri melihat keindahan atau kemewahan 
yang ada disekelilingya, namun bunga mawar  tetap akan memberikan 
keindahan yangmempersona dan bermanfaat bagi orang lain. 
 🌹Mawar bisa tumbuh ditempat yang tandus sekalipun,
 Dan bila ia dipetik maka tak akan dapat lagi tumbuh tetapi Mawar 
tersebut tidak akan langsung mati, keindahan sang mawar tetap ada saat 
belum layu. 
 🌹Mawar
 sudah terbiasa hidup diatas tangkai yang kecil serta dahannya yang 
penuh oleh duri yang menantang namun Mawar tetap mampu mengatasinya 
dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.
 Ketika sampai pada puncak 
kesuburannya sebagai masa kejayaannya sang mawar tetap tidaklah  sombong
 dan ketika layu pun ia harus turun darikedudukannya. 
 🌹Mawar
 tidak akan prustasi namun secara selangkah demi selangkah dia akan 
menyesuaikan dirinya untuk memahami dan menerima serta menyadari bahwa 
hidup didunia ini tidak ada yang kekal dan abadi.
 Para Sufi 
menjadikan dan mengadopsi Bunga Mawar sebagai simbol karena bunga mawar 
memiliki arti dan makna yang sangat luas dan sangat mendalam. 
 Dan sesungguhnya  apa arti dan makna dibalik rahasia sebenarnya…?
 Allah swt,
 Di dalam Kitab Suci Al-Quran Berfirman : 
 “ Faa’ijan saq’qotis samaa’u faka’nat wardhatan kad’dihaani ”  
 Artinya : Maka apabila langit telah terbelah maka ia menjadi Mawar merahseperti kilauan minyak “. 
 ( QS Ar-Rahman : 37 ).
 Semua prosesTasawuf tatarannya tidaklah sama bagi tiap-tiap orang. 
 Sedang persyaratan yang menentukan untuk dapat menemukannya adalah atas
 Ridha dan kemurahan Tuhan sendiri, manusia tidak mungkin dapat memaksa 
Tuhan untuk menampakkan dan menyatakan dirinya. Tuhan hanya dapat 
dipahami dengan pengetahuan Tuhan sendiri dan sinar cahayanya hanya 
dapat sampai ke manusia kalau Tuhan menghendakinya.
 Diantara 
sekian banyak manusia telah kehilangan dirinya sendiri dalam samudera 
keresahan, kekhawatiran maupun ketakutan, banyak yang terjadi si kaya 
merasa resah bagaimana melestarikan kekayaannya dan simiskin banyak 
mengalami keresahan bagaimana usaha dan upaya untuk memenuhi kebutuhan 
primer dalam keadaan yang sama sekali tidak punya apa-apa.
 Kemudian 
tampilah dengan gayanya yang khas bagi para pemimpin dengan dalih 
menyuarakan hati nurani dan membantu aspirasi masyarakat namun pada 
hakikatnya mereka sendiri berblok-blok atau terkotak-kotak dalam posisi 
yang berbeda-beda,sebagian dari para pemimpin menggunakan alat bagi si 
kaya dan sekaligus mampumemperalat si miskin untuk kepentingan mereka 
sendiri dan sungguh sedikit sekali yang betul-betul menyuarakan hati 
nurani dan membela aspirasi masyarakat.
 Sebenarnya keadaan ini yang 
telah terjadi pada zaman sekitar abad ke 3 hijriyah, hal demikian juga 
terjadi pada kurun waktu berikutnya baik keadaan yang sekarang dan masa 
datang. 
 Dalam situasi dan kondisi manusia kehilangan dirinya 
sendiri dan kehilangan arah, ajaran Ilmu Tasawuf Ketuhanan dapat memberi
 ketentraman, ketenangan manusia secara lahir dan batin..
 Dengan ajaran ini maka manusia berangsur-angsur kembali kepangkalnya yang memiliki tiga fungsi  dalam kehidupan : 
 1. Fungsi manusia sebagai makhluk pribadi. 2 . Fungsi manusia sebagai 
makhluksosial.  3 . Fungsi manusia sebagaisebagai hamba Allah.
 Dengan mempelajari ilmu Tasawuf Ketuhanan : 
 maka akan mengantarkan manusia :
 💥 KHULUQ,  bagaimana manusia  menjadi yang  berkepribadian. 
 💥 KHALAQ, bagaimana sikap dan prilaku dalam lingkungan sesama manusia dan alam.
 💥KHALIQ, sebagai pencipta apa yang di persembahkan kepada manusia. 
 ketiga fungsi manusia tersebut telah dijabarkan dalam ajaran Ilmu Tasawuf Ketuhanan.
 Inilah suatu ajaran yang membangkitkan semangat hidup dan dalam wawasan yang lebih luas. 
 Dengan mempelajari ajaran kesempurnaan hidup seperti : Syariat,Tarekat,
 Hakekat dan Marifat, maka akan membawa manusia kepangkal asalnya untuk 
menemukan kebahagiaan hidup yang hakiki.
 🌹FEATURED IMAGI🌹
 💥STRUKTURMAWAR💥
 1. Mawar
 terdiri dari lingkaran putih, helai daun, paduan warna dengan 7 kelopak bunga,semua itu mengandung makna tersendiri.
 2 . Lingkaran putih terdiri dari luar dan dalam antara lain : 
 A . Bagian luar Terdiri Atas :
 - Syariat 
 - Thareqat
 💥 SYARIAT, melambangkan perbuatan atau ucapan. 
 💥 THAREQAT, melambangkan hati atau suatu amalan.
 B . Bagian Dalam Terdiri Atas :
 - Hakekat 
 - Marifat
 💥 HAKEKAT, melambangkan nyawa atau penglihatan ruhani terhadap Tuhan, 
 💥 MA'RIFAT, itu rahasia atau kenyataan yang sebenarnya.
 Hakekat tidak akan dapat di pisahkan kecuali oleh orang yang memiliki Marifat.
 3 . lima helai daun itu melambangkan lima keutamaan bagi Umat muslim yaitu :
 - Syahadat, 
 - Sholat,   
 - Puasa, 
 - Zakat 
 - Ibadah haji.
 4 . Enam helai daun melambangkan enam karakter keimanan yaitu : - Percaya kepada Allahswt. 
 - Percaya kepada Malaikat, 
 - Percaya kepada Kitab, 
 - Percaya kepada Rasul-rasulnya,
 - Percaya hari Kiamat, 
 - Percaya kepada Qadha dan Qhadar.
 5 . Tujuh helai daun melambangkan tujuh ayat Al-Quran, jadi seluruh 
helai daun berjumlah delapan belas mengandung arti bahwa Nabi Besar 
Muhammad saw, sebagai pembawa rahmat bagi delapan belas alam.
 Dalam hadistQudsi Allah berfirman : ( Laulaka laulaka ma kholaqtul as’ya’a ).  Artinya : 
 “ Kalau bukan engkau, kalau bukan engkau ( Hai Muhammad ) 
Tidakkujadikan semua alam ” Muhammad adalah rahmat bagi alam semesta dan
 segala isinya. 
 Rahmat selalu ada dimana-mana, waktu yang lalu, 
sekarang atau yang akan datang. Rahmat datang dari sifat Rahmaniyah dan 
Rahimiyah Allah swt. Sifat tidak terpisah dengan Dzat-Nya.
 6 . Warna yang ada pada Mawar itu mempunyai arti tersendiri seperti : 
 - Warna Kuning melambangkan Syariat, 
 - Warna Putih melambangkan Tarekat, 
 -Warna Hitam melambangkan Hakekat, - Warna Merah melambangkan Marifat.
 A . Adapun Syariat yang di Artikan “ Tata hukum ” Disadari bahwa dialam
 semesta ini tidak ada yang terlepas dari apa yang dinamakan “ Hukum ” 
termasuk untuk manusia sebagai makhluk sosial dan sebagai hamba Allah, 
perlu diatur dan ditata sehingga terciptalah keteraturan yang menyangkut
 hubungan antar manusia dan manusia, manusia dengan alam, serta manusia 
dengan Tuhannya.
 B . AdapunTarekat yang di Artikan “ Jalan ” 
Untuk mengetahui adanya suatu jalan, perlu juga mengetahui “ Cara ” 
untuk melintas jalan agar tujuan kita tidak salah langkah. 
 Tujuan adalah kebenaran,  maka cara untuk melintas jalan harus dengan benar pula.
 C . Adapun Hakekat yang di Artikan “ Kebenaran ” atau kenyataan asal 
yang sebenar-benarnyanya, kebenaran dalam hidup dan kehidupan inilah 
yang harus dicari dan ini pulalah yang di tuju manusia yang sebenarnya.
 D . Adapun Marifat di Artikan “ Mengenal ” Siapa yang mengenal dirinya, sesungguhnya dia dapat mengenal Tuhannya. 
 Diri ini penuh dengan serba ketergantungan, kekurangan, kelemahan, 
dibanding dengan Allah yang memiliki kebesaran, kekuasaan dan kekekalan 
serta memiliki sifat-sifat kesempurnaan.
 E . Keempat bagian ini (
 Syariat, Tarekat, Hakekat dan Marifat ) adalah sudah merupakan satu 
kesatuan yang tidak akan bisa dipisah-pisahkan masing-masing, apabila 
gugur atau lepas salah satunya berarti gugur lepas pula keseluruhannya.
 7 . Sedangkankelopak bunga itu terdiri dari tujuh helai yang melambangkan tujuh nama Tuhan, yang di ucapkan didalam berzikir.
 A . Pertama :
 Lafad, la ilaha ila Allah dengan cahaya biru.
 B . Kedua:  
 Lafad, Allah dengan cahaya kuning.
 C . Ketiga :
 Lafad, Hu dengan cahaya merah.
 D . Keempat :
 Lafad, Hayyu dengan cahaya putih.
 E . Kelima :
 Lafad, Wahid dengan cahaya hijau.
 F . Keenam :
 Lafad, Aziz dengan cahaya hitam.
 G . Ketujuh :
 Lafad, Wadud tanpa warna cahaya.
 Adapun ketujuh warna tersebut di atas melambangkan cahaya putih ( Allah
 ) dengan delapan belas gumpalan darah beku melambangkan huruf Hijaiyah 
dalam kata ( Hayyu ).
 Huruf ( Ha ) nilainya angka 8.
 Huruf ( Ya ) nilainya angka 10. 
 Jadi di jumlahnya 18.
 Ditengah-tengah Bunga Mawar tersebut terdapat Cincin Nabi Sulaiman as, kalimat Sulaiman terdiri dari 5 huruf Hijaiyah yaitu : 
 Sin, Lam, Ya, Mim, dan Nun. 
 - Huruf Sin artinya : Terbebas dari kelemahan. 
 - Huruf Lam artinya : Cenderung akankehalusan. 
 - Huruf Ya artinya : Kekuatan visi spiritual. 
 - Huruf Mim artinya : Keakraban dengan sahabat. 
 Huruf Nun artinya : 
 Doa dan salam hanya bagi milik Allah semata-mata.
 AL-QUR'AN MIN KULLI MATSA'IL 
 MANFAAT SILAHKAN DI AMBIL MUDHARAT ABAIKAN... SAJA.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar