Laman

Sabtu, 21 Maret 2020

BERTAUHID TERBUKA RAHMAT DAN AMPUNAN ALLAH KEPADA PARA HAMBA-HAMBANYA.

Bismillahirrahmaanirrahiim.
DENGAN BERTAUHID TERBUKA RAHMAT DAN AMPUNAN ALLAH KEPADA PARA HAMBA-HAMBANYA.
Makna Tauhid Berdasarkan Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala, yang di sampaikan kepada Rasululullah saw, yang termaktub dalam Al-qur'an, sebagai pedoman dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.
Makna Tauhid Yang Di Pesankan Allah swt,
Melalui Al-Qur'an."
WA'BUDULLAHA WALA TUSYRIKUU BIHI SYAI''AN
Sembahlah Allah dan Janganlah Kamu mempersekutukan-Nya dengan Sesuatu pun.
(Q.A. An-Nissa : 36).
Anas bin Malik berkata,
سَمِعْتُ رَسُولَ اللهيقول: قال الله تعالى: يا ابنَ آدَمَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الأرْضِ خَطَايَا ثُمّ لَقِيتَنِي لاَ تُشْرِكُ بي شَيْئاً لأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً
“Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, Allah ta’ala berfirman, wahai anak Adam kalau seandainya engkau mendatangi-Ku dengan membawa dosa sepenuh bumi kemudian engkau bertemu dengan-Ku, engkau tidak menyekutukan Aku dengan sesuatu apapun niscaya aku akan memberikan ampunan sekadar itu pula.”
(HR. at-Tirmidzi).
Sabda Nabi Shalallahu Alaihi wasallam :
لاَ تُشْرِكُ بي شَيْئاً,
Engkau tidak menyekutukan Aku dengan sesuatu apapun, merupakan isyarat bahwa hidup seseorang yang mentauhidkan Allah secara murni.
Bila dilakukan, Allah akan memberikan pengampunan atas dosa-dosa yang dilakukan orang tersebut, mengampuni dosa-dosa yang dilakukannya semasa hidupnya di dunia.
Apa itu tauhid yang murni?
Tauhid yang murni yaitu :
- Iman kepada Allah dan Rasul-Nya
- Dibuktikan dengan melaksanakan syariat-Nya.
- Tidak mencampurinya dengan kesyirikan, kecil maupun besar.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُوْلَئِكَ لَهُمْ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ
Tentang ayat tersebut di atas, ahli tafsir berkata :
الذين صدَّقوا الله ورسوله وعملوا بشرعه ولم يخلطوا إيمانهم بشرك، أولئك لهم الطمأنينة والسلامة، وهم الموفقون إلى طريق الحق.
Orang-orang yang membenarkan Allah dan Rasul-Nya dan menjalankan syariat-Nya dan tidak mencampuri keimanannya dengan kesyirikan, maka mereka itu mendapatkan ketenangan (keamanan) dan keselamatan dan mereka adalah orang-orang yang mendapatkan taufiq dari Allah untuk meniti jalan yang benar. (At-Tafsir Al-Muyassar)
Allah memerintahkan seluruh manusia tanpa terkecuali, agar mereka mentauhidkan-Nya dengan semurni murninya,
Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman :
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (21)
الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ (22)
21- Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa,
22- Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.”
(QS. Al-Baqarah : 21-22)
Ayat tersebut adalah merupakan seruan dari Allah untuk seluruh manusia, hendaknya mereka menyembah Allah Dzat yang telah mendidik kalian melalui nikmat-nikmat yang dikaruniakan-Nya, hendaknya mereka takut kepada-Nya dan tidak menyelisihi (ajaran) agama-Nya, sungguh Dia telah mengadakan mereka yang sebelumnya mereka tidak ada, begitu juga mengadakan orang-orang sebelum mereka, yang dengan itu mereka termasuk orang-orang yang bertakwa kepada-Nya yang mana Allah meridhai mereka dan mereka juga Ridha kepada-Nya.
Dia-lah Allah Rabbul 'Alamiin, Dzat yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan agar manusia mudah dalam menjalani kehidupan di atasnya, Dia-lah Allah swt, Dzat yang telah menjadikan langit sebagai atap yang kokoh, Dia-lah Allah set, Dzat yang telah menurukan hujan dari awan yang berada di langit bagi manusia dan makhluk lainnya, dengan diturunkan-Nya air hujan itu tumbuhlah berbagai macam tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang kesemuanya itu diperuntukkan bagi Manusia.
Oleh karena itu tidak sepantasnya manusia Malah membuat sekutu atau tandingan -tandingan Bagi Allah dalam aktivitas peribadatan Kepada-Nya, setelah mendapatkan berbagai kenikmatan tersebut. Sementara manusia mengetahui ke Esaan Allah Rabbul 'Alamiin, Dzat Yang Maha Pencipta Langit dan Bumi Beserta yang ada di antara keduanya.
Allah Rabbul 'Alamiin, Yang memberikan rizki seluruh makhluk ciptaan-Nya.
Allah Rabbul 'Alamiin, Hanya Dia-lah Yang berhaq di ibadahI, tiada yang berhaq di ibadahi selain Dia.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala, menegaskan :
وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا
“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun.”
(QS. an-Nisa : 36).
Ayat tersebut menegaskan Cukuplah Allah Yang Berhaq di sembah, jangan ada sesembahan lain selain Dia, yang menjadikan sekutu bagi-Nya dalam Beribadah kepada-Nya.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Berfirman,
وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.”
(QS. Al-Bayyinah : 5)
Allah swt, memerintahkan kepada seluruh manusia agar beribadah kepada-Nya.
Melaksanakan seluruh syariat yang di perintahkan hanya Karena Allah swt Semata dalam beribadah kepada-Nya.
Tidak kepada yang lainnya.
Hedaknya mereka berpaling dari segala bentuk kesyirikan kepada keimanan yang murni, hendaknya mereka mendirikan shalat, mengerjakannya pada waktunya, melakukannya dengan memenuhhi syarat-syaratnya, melakukan sesuatu yang menjadi rukun-rukunya, wajib-wajibnya dan sunnah-sunnahnya, melakukannya dengan penuh kekhususan dan ketundukkan kepada Allah swt, Rabbnya. Hedaknya mereka menunaikan zakat, di mana demikian itulah agama yang lurus yaitu Islam.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman,
هُوَ الْحَيُّ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ فَادْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (65)
قُلْ إِنِّي نُهِيتُ أَنْ أَعْبُدَ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَمَّا جَاءَنِيَ الْبَيِّنَاتُ مِنْ رَبِّي وَأُمِرْتُ أَنْ أُسْلِمَ لِرَبِّ الْعَالَمِينَ (66)
65- Dialah yang hidup kekal, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan dia; Maka sembahlah Dia dengan memurnikan ibadat kepada-Nya. segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
66- Katakanlah (ya Muhammad): “Sesungguhnya aku dilarang menyembah sembahan yang kamu sembah selain Allah setelah datang kepadaku keterangan-keterangan dari Tuhanku; dan aku diperintahkan supaya tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam.”
(QS. Ghafir/Mukmin : 65-66)
Dia-lah Allah Dzat yang Maha Suci, Dzat yang Maha hidup, yang hidup, yang memiliki kehidupan yang sempurna, tidak ada sesembahan yang hak melainkan Dia.
Oleh kerena itu, mintalah kepada-Nya dan palingkanlah seluruh ibadahamu kepada-Nya saja, lakukanlah dengan semurni-murninya dalam menjalankan ketha'atan kepada-Nya, maka segala puji dan sanjungan yang sempurna bagi-Nya Rabb semua makhluk.
Dan, Rasulullah utusan-Nya diperintahkan oleh Dzat yang mengutus-Nya yaitu Allah ‘Azza Wajalla untuk mengatakan kepada orang-orang musyrik di antara kaumnya, “Sungguh, benar-benar aku dilarang untuk menyembah sesuatu yang kalian sebah selain Allah, setelah datang kepadaku ayat-ayat (keterangan-keterangan/bukti-bukti) yang jelas dari Rabb-ku, dan Dia memerintahkan kepada-ku untuk tundak dan taat kepadaNya dengan semurni-murninya ketundukan dan ketaatan, mahasuci Dia Rabb semesta alam”. Maka, perintah Allah ini kepada Rasul-Nya juga berlaku bagi kita sebagai ummatnya, maka kita diperintahkan untuk mentauhidkan-Nya dengan semurni-murninya.
Mengapa Di Perintahkan mentauhidkan-Nya?
Karena Allah memerintahkan untuk melakukan hal tersebut. Maka, Sami'na (kami mendengar) Wa Atha'na dan (kami tha'at).
Karena hanya Allah yang berhak di sembah. Dialah sesembahan satu-satunya yang haQ, sebagaimana firmanNya dalam Al-Qur'an :
فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ
“Maka ketahuilah, bahwa Sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, Tuhan) yang haq selain Allah.”
(QS. Muhammad : 19).
Tidak ada sesembahan selain-Nya, dan tidak ada yang berhaq di sembah melainkan Dia Allah Rabbul 'Alamiin. sebagaimana Allah swt berfirman :
ذَلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّ مَا يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ هُوَ الْبَاطِلُ وَأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْعَلِيُّ الْكَبِيرُ
“Yang demikian itu, adalah karena Sesungguhnya Allah, Dialah (tuhan) yang haq dan Sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah, Itulah yang batil, dan Sesungguhnya Allah, Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha besar.”
(QS. Al-Hajj : 62)
yang demikian itu karena Allah Dialah sesembahan yang haq yang tidak layak untuk mendapatkan peribadatan selain Dia, dan bahwa apa yang disembah oleh orang-orang musyrik selain-Nya berupa berhala, patung dan yang lainnya adalah batil, tidak dapat memberikan manfaat dan tidak pula dapat mendatangkan madharat, dan bahwa Allah Dialah Dzat yang Mahatinggi atas makhlukNya baik secara DzatNya, ukuran dan kekuasaannya, mengungguli segala macam berhala atau yang diserupakan denganNya, Dia Maha besar dalam Dzat dan nama-nama-Nya, maka Dia lebih agung dari segala sesuatu.
Wallahu a’lam.
Semoga Allah mengaruniakan kepada kita taufiq untuk mentauhidkan-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi kita Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar