Laman

Rabu, 22 Mei 2013

Apakah fungsi dari Tonsil?




Tonsil adalah bagian dari sistem kelenjar getah bening yang berada pada bagian belakang rongga mulut.
Tonsil pada manusia atau mamalia lainnya dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu tonsil palatina atau amandel, tonsil paringeal dan tonsil lingual.

Tonsil palatina berbentuk lonjong dan menggantung di tengah atas pada bagian belakang mulut kita. Meskipun fungsi sebenarnya belum dapat dipastikan namun tonsil palatina memiliki beberapa kegunaan. Karena bagian tonsil ini mampu memproduksi antibodi dan juga letaknya yang central di leher bagian dalam maka para ahli biologi berpendapat bahwa tonsil palatina berguna sebagai pertahanan terdepan terhadap bakteri yang akan masuk ke tenggorokan maupun kerongkongan.

Tonsil paringeal atau juga dikenal dengan nama adenoid adalah gumpalan jaringan limfatik spons terletak tepat di belakang hidung di langit-langit mulut. Memiliki fungsi yang sama seperti tonsil palatina namun bagian ini akan menyusut seiring dengan datangnya masa pubertas.

Tonsil lingual terletak di bagian pangkal lidah. Bagian ini akan dikeringkan oleh kelenjar mukus sehingga bagian tonsil ini menjadi sangat jarang terjadi infeksi. Berfungsi untuk mengatur udara yang akan keluar atau masuk melalui tenggorokan, juga berfungsi untuk membantu menelan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar