Laman

Minggu, 29 September 2013

Syekh Abdul Rahman Al Khalidi yang bernama kecil Alam Basifat. Syekh Abdul Rahman Al Khalidi



Silsilah saya dari kakek guru (langsung)
Illa hadroti Nabiyil Musthofaa Syafa’ati Rosulilallahi Solallahu ‘Alahi Wasallam
Wa Azawaajihi, Wa Auladiihi, Wa Dzurriyatihii, Wa Ahli Baitihi, Wa Ashaabihii, Wa tabi’inna, Wa Tabi’in, Humbi Ihsanin ilayaw Midhin Syaiu Lillahi Lahumul Fatihah....

Illahii… Anta Maqsuudii Waridhoka Mathluubii ‘Atini Mahabataka Wama’rifataka
Illahi… Ampunilah dosa-dosa dan kesalahan guru-guru kami, terimalah amal baiknya, lipatkan pahalanya…rahmatilah dan sejahterakanlah mereka.
Illahii… Tempatkanlah guru-guruku disisi-Mu bersama para Nabi-nabi-Mu dan Wali-wali-Mu juga para syuhada…
Illahii….Bersihkanlah hati kami sebagaimana Engkau membersihkan hati guru-guru kami, dan tanamkanlah niat baik dan suci dihatiku seperti Engkau tanamkan niat baik di hati para guru-guruku
Illahii… Hidupkanlah kami dalam selalu mengingat, mengenal dan mencintai-Mu
Illahii… Matikanlah kami dalam selalu mengingat dan mengenal-Mu dalam keridhoan-Mu.
Illahii.... Bangkitkanlah kami dalam selalu mengingat dan mengenal-Mu dipadang mahsyar nanti dalam naungan-Mu, dengan Syafa’at Baginda Besar Rasulullah SAW.

Berkat rahmat-Mu illahi… berkat Syafa’at Baginda besar Rasulullah SAW… berkat Tarekat Samaniyah,Naqsyabandiyah,.. berkat doa Ruhaniyah guru-guruku,para alim ulama,kaum muslimin muslimat.. berkat keridhoan kedua Orangtuaku..kabulkanlah.. amin Allahumma amiin…

***************************
Syekh Abdul Rahman Al Khalidi yang bernama kecil Alam Basifat. Syekh Abdul Rahman Al Khalidi adalah seorang ulama yang menyebarkan tarekat Samaniyyah dan Naksyabandiyah di seluruh ranah Minang dan menyebar di seluruh pulau Sumatra dan pulau Jawa dan sebahagian di Kalimantan dan Malaysia.Almarhum juga pencipta ahli seni bela diri silat kumango(silek Tuo),yang sekarang di Indonesia telah banyak mengalami modifikasi dengan berbagai simbol.Beliau juga disebut sebagai "Syaikh Kumango".Silat kumango di zamannya sempat menjadi salah satu unsur yang sangat erat kaitannya dengan kedudukan sosial seseorang. Artinya, dengan menguasai Silat Kumango, seseorang akan dihormati karena ia mempunyai strata sosial yang tinggi dalam masyarakat. Oleh karena itu, para orang tua banyak yang mendorong anak laki-lakinya yang berumur 5—10 tahun untuk mempelajarinya agar kelak menjadi orang yang terpandang dan disegani di dalam masyarakatnya.

Konon, sebelumnya Syekh Abdul Rahman Al Khalidi pernah menjadi seorang parewa (preman) yang malang-melintang selama 15 tahun.

Suatu saat ia bertemu dengan Syekh Abdurrahman, kemudian menekuni ajaran agama Islam, dan menjadi seorang ulama.

Oleh karena Syekh Abdul Rahman Al Khalidi adalah penganut dan sekaligus penyebar tarekat Samaniyyah dan Naksyabandiyah

ni silsilah keilmuan yang saya pegang dan saya terima :
Tarikat Naqsyabandiyah Al-Khalidiyah:

19.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh As Sayyid Bahauddin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad As-Syarif Al-Husaini Al-Hasani Al-uwaisi Al-Bukhari q s.Beliau adalah Imam dari Tarikat Naqsyabandiyah.
20.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Muhammad ’Alauddin Ath-Hari Al-Bukhari Al-Khawarizmi q s.
21.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Ya’kub Al-Jarakhi q s.
22.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Nashiruddin ‘Ubaidullah Al-Ahrar As-Samarqandi bin Mahmud Syihabuddin q s.
23.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Muhammad Az Zahid q s.
24.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Darwisy Muhammad As-Samarqandi q s.
25.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Muhammad Al-Khawajaki As-Samarqandi q s.
26.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Muayyiddin Muhammad Al-Baqi Billahi q s.
27.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Ahmad Al-Faruqi As-Sirhindi q s.
28.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Muhammad Ma’sum q s.
29.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Muhammad Syaifuddin q s.
30.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Asy Syarif Nur Muhammad Al-Badawani q s.
31.Al‘Arif Billah Asy Syaikh Syamsuddin Habibullah Jani Jaanani Mushir Al-’Alawi q s.
32.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh ’Abdullah Dahlawi Al-’Alawi q s.
33.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Dhiyauddin Khalid Al-Utsmani Al-Kurdi q s.
34.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Sulaiman Affandi q s Jabal Qubais,Mekkah Al-Mukaromah.
35.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Al-Karim Ibrohim bin pahat q s Kumpulan,Lubuk Sikaping.
36.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Muhammad Sholeh q s Padang kandis,Payakumbuh.
37.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Mudo ’Abdul Qodim q s Belubus,Payakumbuh.(KAKEK GURU LIHAT FOTONYA)
38.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Angku Dukun Juti q s Sungai naniang,Payakumbuh.
39.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Ilyas Tengku Rahman q s pandam gadang,Payakumbuh.
40.Hamba Allah yang dhoif,yang tiada daya melainkan dari pertolongan-Nya,hamba nan fakir,Angku Mudo Prolando Kamal Al-Khalidi An-Naqsyabandi , Napar,Payakumbuh.

Tarikat Sammaniyah Al-Qodiri Khilawatiyah :

33.Al‘Arif Billah Asy Syaikh Muhammad bin Abd Al-Karim Al-Samman Al-Madani q s. Beliau adalah Imam dari Tarikat Sammaniyah
34.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Hasib q s
35.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Sayyidina Abu Al-Hasan q s
36.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Sayyidina Muhammad Amin bin Ahmad Ar-Ridwan Al-Madinah Ar-Rasul q s.
37.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Abd Al-Rahman Al-Kholidi bin Al-Khatib Al-Alim Al-Kumangowiyah q s.
38.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Mudo ’Abdul Qodim q s Belubus,Payakumbuh.
39.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Sayuti  Sungai naniang,Payakumbuh.
40.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Ilyas Tengku Rahman q s Pandam gadang,Payakumbuh.
41.Hamba Allah yang dhoif,yang tiada daya melainkan dari pertolongan-Nya,hamba nan fakir,para murid2 di diseluruh nusantara

Sungguh tiada saya bermaksud sombong,apalagi ria dengan memperlihatkan silsilah keilmuan saya,kalau memakai ria hati maka sia-sia sajalah saya mengajak saudara-saudara semua yang ada membaca thread ini.Selaku hamba yang lemah dan penuah dosa serta khilaf maka kepada Allah saya mohon ampun,dan kepada saudara sekalian saya meminta maaf bila ada yang salah dalam penyampaian saya yang tidak berkenan dihati saudara sekalian.
Mohon maaf lahir & batin . Wasalamualikum wr wb

Ilahi anta maksudi waridhoka mathlubi
Disusun oleh:

Mudiak.Payakumbuh,SUMBAR.
By:Angku Mudo.

Pakai Mobil JIHAD yang Berbahan Bakar ISTIQOMAH, dengan Sopir KEIKHLASAN, Lewat Jalan IMAN, jangan lupa bawa peta QUR"AN & SUNNAH, juga Bekal TAQWA....

21 komentar:

  1. assalaa mua"laikum wa a" la ibadillah..
    saye dari pontianak..kalbar..
    mohon info ye..
    siape yg meneruskan thariqat sammanyyah wal naqsababdiyyah indonesia..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penerus sekarang pembina yayasan babussala aly ridho indonesia beralamat bintara bekasi

      Hapus
    2. Wa alaykumus salam warahmatullahi wabarakaatuh

      Guru saya Almukaram Syech Haji Dornes Boerhan Tuanku Mudo

      Beliau sudah wafat dan diteruskan oleh Syech Haji Ahmad Ganto Albaihaqi Tuanku Mudo


      Saya Yunita 081285312838

      Hapus
    3. Wa alaykumus salam warahmatullahi wabarakaatuh

      Guru saya Almukaram Syech Haji Dornes Boerhan Tuanku Mudo

      Beliau sudah wafat dan diteruskan oleh Syech Haji Ahmad Ganto Al Haq Tuanku Mudo


      Saya Yunita 081285312838

      Hapus
  2. silsilah..
    tengku mudo doernes burhan
    murid dari ibrahim bonjol..
    murid dari abdul qadiim balubus
    murid dari
    syech abdurahman al khalidi..

    BalasHapus
  3. asssalamualaikum wbt. ambo pula terima amanahnya dari YM TUANKU AFRIZAL MAHARAJA ENDRO dari alahan mati. cucu kpdTUANKU IMAM BONJOL

    BalasHapus
  4. Awak kurang tau, awak murid ayah guru TUANKU MUDO dornes burhan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang Penerus Syekh H.Dornes Burhan adalah Putra Beliau Sendiri Tuanku Mudo H.Ahmad Ganto Al Haq karna Almukarom H.Dornes Sendiri Telah Berpulang Ke Rahmatulloh Surau Beliau di Pondok petir jawa barat

      Hapus
  5. sy keturunan langsung dari beliau..syeik abdul rahman al khalidi al alim kumango..

    BalasHapus
  6. Diwilayah pasaman siapa pembina tarekat samaniah sekarang tuan,saya jamaah dari bijai langkat sekarang tinggal di pasaman

    BalasHapus
  7. Syekh H.Dornes Burhan sudah Berpulang
    Sekarang Penerus Beliau Keturunan Beliu Sendiri Tuanku Mudo H.Ahmad Ganto Al Haq di Surau Baitul Ibadah Pondok Petir Sawangan Depok Jawa Barat

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum wr.wb... Saya boleh minta alamat lengkapnya surau baitul ibadah pondok petir sawangan depok. Insya Allah ingin berkunjung kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba searching di google untuk alamat lengkap
      Surau Baitul Ibadah tarekat islam sammaniyah pondok petir sawangan depok
      Insa awloh ada alhamdulilah insa awloh saya yg dhoif ini pun ambil talqin/baiat tarekat dinsuatu tersebut oleh tuanguru haji ganto al haq penerus dari ayah beliau syekh haji dornes burhan

      Hapus
  9. Assalamualaikum Bapa Muhammad Syukri Ali, pertamanya, saya ucapkan syukur alhmadulillah kerana bertemu dengan blogspot bapa Muhammad Syukri. Kebetulan, informasi silsilah tarikat Samman yang saya sedang mencari, saya temukannya di blogspot bapa.

    Soalan saya untuk bapa, adalah bapa pasti silsilah mursyid tarikat Samanniyyah sehinggga mursyid 38.Al ‘Arif Billah Asy Syaikh Mudo ’Abdul Qodim q s Belubus,Payakumbuh adalah tepat, benar dan pasti? Saya bukan menguji informasi bapa, hanya jikalau saya guna informasi dari blogspot bapa, saya harap ianya adalah benar dan tepat.

    Saya mohon dan tunggu jawapan dari bapa. Saya mohon maaf jikalau persoalan saya menyinggung Bapa Muhammad Syukri Ali.

    Assalamualaikum

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Wr Wb. Saya dari Kalimantan Barat, murid Tuan Guru Dharmesta Ali, Mohon izin diperkenankan silaturahim di Surau Baitul Ibadah pondok petir.

    BalasHapus
  11. Saya dan jemaah saya dari Malaysia ada Ziarah Makam dan Surau Syeikh Abdul Rahman Al Kholidi dan ada berjumpa dengan Tuan Guru Syeikh Haji Syamsul (Cucu Syeikh Kumango)di Makam tersebut (selaku penjaga makam tersebut)
    Saya ingin berjumpa dengan beliau dan adakah beliau masih di sana. Mohon hubungi saya di email raizul@ummc.edu.my

    BalasHapus