Laman

Senin, 01 September 2014

Manfaat Keutamaan Istighfar


Manfaat istighfar bagi kita umat islam adalah begitu banyak. Karena kita sebagai manusia tentunya tak akan terlepas dari berbuat salah dan khilaf dalam kehidupan kita sehari-hari. Di dalam kelemahan manusia dalam berbuat dosa maka sebaik-baik manusia yang berbuat dosa adalah dengan bersegera memohon ampun atas dosa yang telah dilakukannya. Istighfar merupakan salah satu jalan untuk memohon ampunan-Nya. Istighfar mempunyai kedudukan yang tinggi dalam diri seorang hamba. Karena memang banyak hikmah keutamaan istighfar itu sendiri di dalam agama kita ini.
Dan diantara banyak dzikir yang diamalkan kita sebagai hamba Allah, salah satunya adalah dengan beristighfar. Dan untuk itulah maka dianjurkan untuk diperbanyak dan dikerjakan secara rutin adalah istighfar. Istighfar adalah meminta ampunan kepada Allah dengan mengucapkan doa atau dzikir yang menunjukkan pengakuan atas dosa yang kita perbuat, dengan harapan Allah akan memaafkan dan mengampuni dosa tersebut. Inilah yang dimaksud dengan pengertian istighfar.
Bacaan Istighfar berbunyi "Astaghfirullah" atau lengkapnya "Astaghfirullahhal’adhim" merupakan kalimat yang sangat pendek dan bisa di ucapkan dengan mudah. Namun demikian kalimat ini jika di baca secara rutin dalam setiap waktu dan kesempatan, terlebih setelah melaksanakan sholat akan memberikan dampak yang positif dan manfaat yang besar bagi si pelakunya.
Manfaat Keutamaan Hikmah Istighfar
Istighfar (memohon ampun) atas segala dosa dan kesalahan-kesalahan kita. Memperbanyak istighfar ketika kita telah berbuat dosa. Seorang muslim bila telah berbuat dosa dan aniaya, maka ia memohon ampun (beristighfar) kepada Allah. Ini merupakan solusi luar biasa saat seorang hamba terjerumus dalam dosa. Bila ia hamba yang bertakwa, ia akan selalu terbayang oleh dosanya, hingga dosa yang dilakukan tadi justeru berdampak positif terhadapnya di kemudian hari.
Berikut adalah salah satu dari keutamaan istighfar adalah seperti yang tersurat dalam sebuah hadist Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wa Sallam yang artinya adalah :"Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka." (HR. Abu Daud no. 1518, Ibnu Majah no. 3819, Al-Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubra no. 6421 dan Ath-Thabarani dalam Al-Mu’jam Al-Kubra no. 10665). Inilah dalil mengenai manfaat dan juga hikmah ketika kita senantiasa berdzikir dan juga beristighfar kepada Allah Ta'ala.
Istighfar mempunyai banyak faedah baik didunia maupun diakhirat kelak, faedah tersebut ada yang memang langsung dapat kita rasakan dan ada juga yang diakhirkan oleh Allah SWT sampai hari kiamat.
Berikut adalah beberapa faedah manfaat serta hikmah di balik istighfar yaitu :
Akan dihapus kejelekannya dan diangkat derajatnya. Allah Ta'ala berfirman : "Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS An-Nisa' [4]: 110).
Akan dilapangkan rejekinya, mendapatkan ketenangan batin, harta yang halal seperti yang telah diutarakan di atas.Allah Ta'ala berfirman : "Maka, aku katakan pada mereka : "Mohon ampunlah kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun.Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat.Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya untukmu sungai-sungai."( QS. Nuh : 10 - 12 ).
Dihapuskannya dosa dan kesalahannya. Setiap dosa meninggalkan noda hitam pada hati. Noda hitam bisa lenyap dengan melakukan istighfar. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Sesungguhnya bila seorang Mukmin melakukan satu dosa, pada hatinya timbul satu noda hitam. Bila dia bertobat, berhenti dari maksiat, dan beristighfar, niscaya mengilap hatinya." (HR Ahmad).
Dimudahkannya dalam segala urusan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Barangsiapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).
Salah satu ciri hamba-hamba Allah yang shalih dan meraih surga adalah banyak beristighfar, terlebih pada sepertiga malam yang terakhir, sebagaimana dijelaskan dalam surat Ali Imran [3]: 17 dan Adz-Dzariyat [51]: 18. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam sendiri telah memberikan keteladanan dan suri tauladan kepada umatnya dengan beristighfar minimal sebanyak 70 kali dalam sehari semalam. Maka sudah selayaknya bagi kita untuk menjadikan istighfar sebagai bagian penting dalam hidup kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar