Laman

Minggu, 27 Februari 2022

RASA ITU ILMU SUFI

Assalamualaikum

*Baca pelan-pelan dengan ketenangan, "karena bukan ilmu yang men-'jadi', melainkan kesadaran yang men-'jadi


RASA   -   

           itu tiada berjasad kerana rasa tidak bisa didefinisikan begini atau begitu. Kita hanya bisa menyebut "manis" tanpa bisa mendefinisikan apa itu "manis". 


          Itulah sebabnya rasa itu dikatakan tidak berjasad, tetapi nyata adanya.


RASA.  -    

          yang tiada berjasad itulah perwujudan roh pada kita. 


          Kalau dibalik , sebenarnya oleh sebab keberadaan roh pada jasad kitalah makanya kita bisa merasa.


          Kalaupun mau dikatakan berjasad, roh kita itu jasad qadim, sedangkan tubuh kita itu jasad baharu / muhaddas. 


Apa buktinya RASA itu perwujudan ROH ? 


          Buktinya, rasa dan roh sama-sama tidak bisa didefinisikan begini atau begitu. 


          Kita tidak bisa menyebutkan :


- bentuk roh kita itu begini-begitu;

- warna roh kita itu apa;

- aroma roh kita itu bagaimana;

- roh kita itu lembut atau kasar;

- bagian-bagian dari roh kita itu apa saja;

- roh kita itu pada jasad bertempat di mana.


          Itulah bukti bahwa roh itu hakikat diri pribadi kita yang tidak bisa disebut, tetapi nyata adanya [Q.S. Al-Insān [76]:1].


RASA.  -    

          yang tiada berjasad itulah perwujudan roh pada kita. 


          Kalau dibalik , sebenarnya oleh sebab keberadaan roh pada jasad kitalah makanya kita bisa merasa.


          Oleh sebab adanya roh-lah jasad ini bisa melihat, mendengar, berkata-kata, bergerak, dsb. 


          Dengan kesadaran ini, jadi siapa sebenarnya yang Solat ketika Anda solat ? 

         

                    " Tentu Roh-lah yang Solat  " 


                   -  Nama lain Roh ialah Zat Allâh.  -


   Jadi ,  siapa sebenarnya yang solat ketika Anda solat ? 


               " Tentu Roh / Zat Allâh-lah yang Solat. "


Nama lain Roh kita juga ialah :

Nūr Ilahi atau 

Cahaya Tuhan. 


Jadi ,  siapa sebenarnya yang Solat ketika Anda solat ? 


                 " Tentu Nūr Ilahi-lah yang solat  "


          Zat Allâh itu bukan Allâh ﷻ. Sebagaimana Nūr Ilahi itu bukan Ilahi atau sebagaimana Cahaya Tuhan itu bukan Tuhan. 


Tapiii....

          Zat Allâh itu esa dengan Allâh ﷻ. Sebagaimana Nūr Ilahi itu esa dengan Ilahi atau 

          sebagaimana Cahaya Tuhan itu esa dengan Tuhan ,  Sang Pemilik Cahaya.


                     ■ Untuk mendekatkan fahaman :


          Matahari dengan sinarnya itu esa sebab tidak ada beda ruang kosong yang meng-antara-i matahari dengan sinarnya.


          Tubuh kita ini esa dengan roh kita.

          Roh kita esa dengan Allâh ﷻ.


          Jadi ,  jasmani-rohani kita ini esa dengan Allâh ﷻ  kapan pun ,  di mana pun ,  ketika melakukan apa pun.

°°°°°°°°°°°°°°°°°

          Sebelum ini kita mengira jasad inilah yang bertakbir-ruku'-sujud ,  padahal Rasa-lah yang sebenarnya bertakbir-ruku'-sujud.


          Sebelum ini kita mengira jasad inilah yang bertakbir-ruku'-sujud ,  padahal Roh-lah yang sebenarnya bertakbir-ruku'-sujud.


          Sebelum ini kita mengira jasad inilah yang bertakbir-ruku'-sujud ,  padahal Nūr Ilahi-lah yang sebenarnya bertakbir-ruku'-sujud.


          Sebelum ini kita mengira jasad inilah yang bertakbir-ruku'-sujud ,  padahal Zat Allâh-lah yang sebenarnya bertakbir-ruku'-sujud.


          Sekarang kita sadar bahawa yang bertakbir-ruku'-sujud itu Rasa / Roh /Nur Ilahi / Zat Allâh yang esa dengan Allâh ﷻ.


          Drp kesadaran inilah mudah-mudahan kita dikaruniai Allâh ﷻ  mengalami sendiri rasanya hadis qudsy ini  (Āmīn): 


              "Kif yā Muḥammad, Ana Rabbuka Uṣolli." 


          Pembicaraan ini erat kaitannya dengan pelajaran "Sifat 20 Zat Allâh" yang disampaikan para `Arif billah dan Muwwahid (ulama ahli tauhid) terdahulu.


          Jadi ,  jangan salah faham. Pelajaran "Sifat 20" bukanlah ajaran yang mengarahkan agar hamba merasa sama dengan Allâh ﷻ atau hamba bisa jadi Allâh ﷻ. 


          Pelajaran "Sifat 20 Zat Allâh" ialah jalan pemahaman agar kita menyadari dan merasakan keberadaan kita ini senantiasa kekal beserta Allâh ﷻ  di dalam dan di luar ibadah, bahkan dalam sakaratul maut. 


          Inilah Ilmu Sedikit untuk Segala-galanya: 

Dasar-Dasar Tauhid Hakiki - Jalan selamat dunia-akhirat.

2 komentar:

  1. Terimakasih Guru, atas wejangannya. Alhamdulillah sedikit kegelisahan saya dalam pencarian jati diri sebenar diri ini

    BalasHapus