Laman

Selasa, 15 Juli 2014

APA ITU ZIONISME YAHUDI


Zionisme adalah gerakan nasional orang Yahudi dan budaya Yahudi yang mendukung terciptanya sebuah tanah air Yahudi di wilayah yang didefinisikan sebagai Tanah Israel. Berbagai agamawan Zionisme mendukung orang-orang Yahudi menegakkan identitas Yahudi mereka asimilasi Yahudi ke dalam masyarakat dan telah menganjurkan orang Yahudi ke Israel sebagai sarana bagi orang Yahudi menjadi mayoritas di negara Israel mereka harus dibebaskan dari diskriminasi antisemitisme, pengucilan, dan penganiayaan yang secara historis terjadi dalam kondisi mereka sebelumnya hingga orang Yahudi mengikrarkan diri menjadi Negara Israel.
Zionisme muncul pada akhir abad ke-19 di Eropa tengah dan timur sebagai gerakan kebangkitan nasional, dan segera setelah ini sebagian besar pemimpin gerakan terkait tujuan utama dengan menciptakan keadaan yang diinginkan di Palestina, maka area tersebut dikontrol oleh Kekaisaran Ottoman.
Sejak berdirinya Negara Israel, gerakan Zionis terus berlanjut terutama untuk melakukan advokasi atas nama negara Yahudi dan mengalamatkan peringatan untuk melanjutkan tentang eksistensi keberadaannya dan keamanan. Dalam penggunaan diluar yang umum, ini juga dapat merujuk kepada istilah non-politik, budaya Zionisme, didirikan dan direpresentasikan secara menonjol oleh Ahad Ha'am dan dukungan politik oleh Non-Yahudi.
Zionisme mengatakan itu adalah gerakan pembebasan nasional untuk pemulangan kelompok sosial,keagamaan yang tersebar setelah ribuan tahun mereka meninggalkan tanah air. Kritik Zionisme melihatnya sebagai kolonialis atau rasis ideologi yang menyebabkan pengingkaran hak-hak, perampasan dan pengusiran dari kelompok Penduduk pribumi Palestina"dan pemunahan pribumi Palestina mereka menklim Tanah Palestina adalah tanah air ,tanah suci Agana mereka dan tanah leluhur mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar