Laman

Kamis, 06 April 2023

SEJARAH SINGKAT PERGURUAN “BAITUL IBADAH”

 

SEJARAH SINGKAT PERGURUAN “BAITUL IBADAH” DI BAWAH JAJARAN KEGURUAN TUANKU MUDO

1604877_1435392300027041_1162513422_n

SEJARAH SINGKAT PERGURUAN “BAITUL IBADAH”
DI BAWAH JAJARAN KEGURUAN TUANKU MUDO

Bapak Dornes Boerhan Tuanku-Mudo di lahirkan di Desa Maninjau Sumatera Barat pada tanggal 18 Oktober 1934 dari Ibu yang bernama Siti Hajir binti Arsyad Sutan Nagari,suku Chaniago. Ayah beliau bernama Boerhannudin bin Adam gelar Kari Mudo suku Melayu. Sejak tahun 1954 beliau bermukim di Jakarta.
Sekitar tahun 1971,Beliau mengambil ilmu Thariqat Soufiah Islam Sammaniyah dari almukaram Tuanku-Guru Siyuti Imam Iskandar yang sedang berada diJjakarta dalam rangkaian lawatan perjalanan Beliau di Pulau Jawa. Almukaram Tuanku-Guru Siyuti Imam Iskandar adalah murid dari Almukaram Syekh H.Ibrahim Bonjol,seorang Mursyid Ilmu Thariqat Islam Sammaniah dan Naqsyabandiyah,Surau Beliau berada di kota Medan,Jalan Raya Binjai km 6,5 gg. Ampera 1 No.30.

Pada sekitar tahun 1981,Beliau di bawa dan di serahkan oleh Almukaram Tuanku-Guru Siyuti Imam Iskandar kepada Guru Beliau. Dari Almukaram Buya Syekh H.Ibrahim Bonjol Beliau menerima Ilmu Thariqat Islam Naqsyabandiyah dan seterusnya selama lebih kurang 2(dua) tahun Beliau di perintah bermukim di Surau tersebut,untuk mendalami pemahaman tentang Ilmu Thariqat Soufiah Islam.
Dalam pertengahan tahun 1983 ,oleh Almukaram Buya Syekh H.Ibrahim Bonjol,Beliau ditugaskan untuk mengajarkan Ilmu Thariqat Soufiah Sammaniah dan Naqsyabandiyah kepada barang siapa mereka yang berkehendak,dengan gelar Lebai-Tuo seterusnya Tuanku-Sati seterusnya Tuanku-Bandaharo terakhir Tuanku-Mudo. Selanjutnya murid murid lazim menyebut Beliau dengan panggilan “Ayah Guru”. Tempat beliau mengajar sementara di Jakarta.
Bermula Ayah Guru Tuanku Mudo membimbing dan melatih murid murid dari Almukaram Tuanku-Guru Siyuti Imam Iskandar,yaitu saudara saudara seperguruan Beliau yang bermukim di daerah Jakarta dan sekitarnya,di tambah dengan beberapa murid pemula Beliau sendiri. Sejak saat itulah resmi keberadaan Perguruan “Baitul Ibadah” Jakarta.
Dalam perkembangan selanjutnya,berdatanganlah kelompok kelompok dari Sulawesi daerah Wajo dan Sengkang,kelompok dari Sumatera daerah Batam,Pekanbaru,Jambi,Tembilahan,Padang,Kerinci,Pasaman,dan sekitarnya,juga kelompok dari daerah Sumba,Sumbawa serta kelompok kelompok dari pulau Jawa,Kalimantan,mengambil Ilmu Thariqat Islam dari Beliau.
Untuk memudahkan kelompok kelompok murid di daerah masing masing berkumpul dan berlatih bersama,maka di buatkanlah Surau Surau, pembantu di Padang,Pasaman,Batam,Pekanbaru,Jambi,Tembilahan,Palembang,Pontianak,Bandung,dan lain lain. Kegiatan berlatih dan beramal di Surau Surau tersebut dipimpin oleh seorang Imam dan Khatib Surau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar