Laman

Rabu, 19 Juni 2013

: RAHMAT ALLAH SANGATLAH LUAS, MELIPUTI SEGALA SESUATU ..



Bismillahirrahmannirahim,

Ketika jiwa merenung ,
Diantara tiang-tiang yang mendukung kebahagiaan dan ketenangan jiwa adalah kesadaran bahwa di sana ada Rabb yang menyayangi setiap makhluk, mengampuni dan memaafkan orang yang memohon maaf. Karena itu , bergembiralah dengan rahmat Rabb yang luasnya meliputi langit dan bumi,

" Dan, rahmat Ku meliputi segala sesuatu " (QS Al A'raf : 156)

Dalam sebuah hadist sahih, diceritakan ketika seorang arab Badui tengah shalat berjamaah bersama Nabi. Pada saat tasyahud ia berkata : Ya Allah , berikanlah rahmat Mu kepada ku dan kepada Muhammad . Dan janganlah Engkau berikan rahmat kepada selain kami"

Seusai shalat, Rasul berkata : " Engkau telah membuat sesuatu yang luas menjadi sempit. Sesungguhnya rahmat Allah itu sangatlah luas , meliputi segala sesuatu. "


Kemudian dalam kisah yang lain , seorang ibu yang menjadi tawanan , lari sambil memeluk erat dan melindungi anaknya. Melihat hal itu , Rasul berkata : " Sesungguhnya Allah lebih menyayangi hamba-hamba Nya daripada (kasih sayang ) seorang Ibu terhadap anaknya"

Subhanallah ..

Allah subhana wa Ta'ala berfirman :

" Dan, adapun orang-orang yang takut kepada Kebesaran Rabb nya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya (QS An Nazi'at 40-41)


Dalam sebuah hadist qudsi, diceritakan ada seorang yang sangat takut kepada Allah. Sebelum meninggal ia berpesan kepada keluarganya agar membakar jasad nya dan menyebarkan abunya di tanah, karena saking takutnya kepada Allah. Tapi kemudian Allah mengumpulkan abunya itu dan kemudian bertanya :

" Wahai hamba Ku, apa yang membuatmu melakukan semua ini ? "

Orang itu menjawab : Wahai Rabb ku, aku sangat takut kepada Mu, dan aku takut akan dosa-dosaku"

Maka kemudian Allah pun memasukkan nya ke surga.

Subhanallah ..


Kemudian , diceritakan pula sebuah kisah. Ketika ada seorang hamba yang berbuat melebihi batas, namun ia mentauhidkan Allah. Tak satupun kebaikan pada dirinya. Pekerjaannya selama di dunia adalah berdagang dan meleburkan hutang orang yang susah dan tidak mampu membayar. Maka Allah pun berkata :

" Aku lebih berhak untuk dermawan daripada Engkau. Ampunilah dia !" Dan kemudian Allah pun memasukkan nya ke dalam surga.

Subhanallah ..


Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah sedang melakukan shalat berjamaah. Seusai shalat, ada seseorang yang yang berdiri dan berkata : " Saya berhak dijatuhi hukuman, maka jatuhkanlah hukuman itu kepadaku "

Rasulullah bertanya : " Apakah tadi engkau shalat bersama kami "

"Ya" jawab orang itu

Rasulullah pun berkata : " Pergilah, Allah telah mengampunimu "


" Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah "
(QS Az Zumar : 53)

" Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya diri sendiri, kemudian dia memohon ampunan kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang " (QS An Nisa : 110)


Subhanallah .. Maha Besar dan penuh rahmat Nya Allah kepada hamba-hamba Nya ..



Wallahu a'lam bishawab,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar