Diterangkan didalam Kitab Fathurrahman, berbahasa Arab, yaitu pada 
halaman 523. disebutkan bahwa nama Allah itu tertulis didalam Al-Qur’an 
sebanyak 2.696 tempat.
Apa kiranya hikmah yang dapat kita ambil mengapa begitu banyak nama Allah, Zat yang maha Esa itu bagi kita…?
Allah, Zat yang maha esa, berpesan : 
“ Wahai Hambaku janganlah kamu sekalian lupa kepada namaku “
Maksudnya : Allah itu namaku dan Zatku, dan tidak akan pernah bercerai, Namaku dan Zatku itu satu.
Allah Swt juga telah menurunkan 100 kitab kepada para nabi-nabinya, 
kemudian ditambah 4 kitab lagi sehingga jumlah keseluruhan kitab yang 
telah diturunkan-Nya berjumlah 104 buah kitab, dan yang 103 buah kitab 
itu rahasianya terhimpun didalam Al-Qur’annul karim, dan rahasia 
Al-Qur’annul karim itu pun rahasianya terletak pada kalimah “ALLAH”.
Begitu pula dengan kalimah La Ilaha Ilallah, jika ditulis dalam 
bahasa arab ada 12 huruf, dan jika digugurkan 8 huruf pada awal kalimah 
La Ilaha Ilallah, maka akan tertinggal 4 huruf saja, yaitu Allah.
Ma’na kalimah ALLAH itu adalah sebuah nama saja, sekalipun digugurkan
 satu persatu nilainya tidak akan pernah berkurang, bahkan akan 
mengandung ma’na dan arti yang mendalam, dan mengandung rahasia penting 
bagi kehidupan kita selaku umat manusia yang telah diciptakan oleh Allah
 Swt dalam bentuk yang paling sempurna.
ALLAH jika diarabkan maka Ia akan berhuruf dasar Alif, Lam diawal, 
Lam diakhir dan Ha. Seandai kata ingin kita melihat kesempurnaannya maka
 gugurkanlah satu persatu atau huruf demi hurufnya.
· Gugurkan huruf pertamanya, yaitu huruf Alif (ا ), maka akan tersisa
 3 huruf saja dan bunyinya tidak Allah lagi tetapi akan berbunyi Lillah,
 artinya bagi Allah, dari Allah, kepada Allahlah kembalinya segala 
makhluk.
· Gugurkan huruf keduanya, yaitu huruf Lam awal (ل ), maka akan tersisa 2
 huruf saja dan bunyinya tidak lillah lagi tetapi akan berbunyi Lahu.
Lahu Mafissamawati wal Ardi, artinya Bagi Allah segala apa saja yang ada pada tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi.
· Gugurkan huruf ketiganya, yaitu huruf Lam akhir ( ل), maka akan 
tersisa 1 huruf saja dan bunyinya tidak lahu lagi tetapi Hu, Huwal 
haiyul qayum, artinya Zat Allah yang hidup dan berdiri sendirinya.
Kalimah HU ringkasnya dari kalimah Huwa, sebenarnya setiap kalimah Huwa, artinya Zat, misalnya :
Qul Huwallahu Ahad., artinya Zat yang bersifat kesempurnaan yang 
dinamai Allah. Yang dimaksud kalimah HU itu menjadi berbunyi AH, artinya
 Zat.
Bagi sufi, napas kita yang keluar masuk semasa kita masih hidup ini 
berisi amal bathin, yaitu HU, kembali napas turun di isi dengan kalimah 
ALLAH, kebawah tiada berbatas dan keatas tiada terhingga.
Perhatikan beberapa pengguguran – pengguguran dibawah ini :
Ketahui pula olehmu, jika pada kalimah ALLAH itu kita gugurkan Lam (ل
 ) pertama dan Lam (ل ) keduanya, maka tinggallah dua huruf yang awal 
dan huruf yang akhir (dipangkal dan diakhir), yaitu huruf Alif dan huruf
 Ha (dibaca AH).
Kalimah ini (AH) tidak dibaca lagi dengan nafas yang keluar masuk dan
 tidak dibaca lagi dengan nafas keatas atau kebawah tetapi hanya dibaca 
dengan titik.
Kalimah AH, jika dituliskan dengan huruf Arab, terdiri 2 huruf, 
artinya dalam bahasa disebutkan INTAHA (Kesudahan dan keakhiran), 
seandai saja kita berjalan mencari Allah tentu akan ada permulaannya dan
 tentunya juga akan ada kesudahannya, akan tetapi kalau sudah sampai 
lafald Zikir AH, maka sampailah perjalanan itu ketujuan yang 
dimaksudkan. (Silahkan bertanya kepada akhlinya)
Selanjutnya gugurkan Huruf Awalnya, yaitu huruf ALIF dan gugurkan 
huruf akhirnya, yaitu huruf HA, maka akan tersisa 2 buah huruf 
ditengahnya yaitu huruf LAM pertama (Lam Alif) dan huruf LAM kedua ( La 
Nafiah). Qaidah para sufi menyatakan tujuannya adalah Jika berkata LA 
(Tidak ada Tuhan), ILLA (Ada Tuhan), Nafi mengandung Isbat, Isbat 
mengandung Nafi tiada bercerai atau terpisah Nafi dan Isbat itu.
Selanjutnya gugurkan huruf LAM kedua dan huruf HU, maka yang 
tertinggal juga dua huruf, yaitu huruf Alif dan huruf Lam yang pertama, 
kedua huruf yang tertinggal itu dinamai Alif Lam La’tif dan kedua huruf 
itu menunjukkan Zat Allah, maksudnya Ma’rifat yang sema’rifatnya dalam 
artian yang mendalam, bahwa kalimah Allah bukan NAKIRAH, kalimah Allah 
adalah Ma’rifat, yakni Isyarat dari huruf Alif dan Lam yang pertama pada
 awal kalimah ALLAH.
Gugurkan tiga huruf sekaligus, yaitu huruf LAM pertama, LAM kedua, 
dan HU maka tinggallah huruf yang paling tunggal dari segala yang 
tunggal, yaitu huruf Alif (Alif tunggal yang berdiri sendirinya).
Berilah tanda pada huruf Alif yang tunggal itu dengan tanda Atas, 
Bawah dan depan, maka akan berbunyi : A.I.U dan setiap berbunyi A maka 
dipahamhan Ada Zat Allah, begitu pula dengan bunyi I dan U, dipahamkan 
Ada Zat Allah dan jika semua bunyi itu (A.I.U) dipahamkan Ada Zat Allah,
 berarti segala bunyi/suara didalam alam, baik itu yang terbit atau 
datangnya dari alam Nasar yang empat (Tanah, Air, Angin dan Api) maupun 
yang datangnya dan keluar dari mulut makhluk Ada Zat Allah.
Penegasannya bunyi atau suara yang datang dan terbit dari apa saja 
kesemuanya itu berbunyi ALLAH, nama dari Zat yang maha Esa sedangkan 
huruf Alif itulah dasar (asal) dari huruf Arab yang banyaknya ada 28 
huruf.
Dengan demikian maka jika kita melihat huruf Alif maka seakan-akan 
kita telah melihat 28 huruf yang ada. Lihat dan perhatikan sebuah biji 
pada tumbuh-tumbuhan, dari biji itulah asal usul segala urat, batang, 
daun, ranting, dahan dan buahnya.
Syuhudul Wahdah Fil Kasrah, Syuhudul Kasrah Fil Wahdah.
Pandang yang satu kepada yang banyak dan pandang yang banyak kepada 
yang satu maka yang ada hanya satu saja yaitu satu Zat dan dari Zat 
itulah datangnya Alam beserta isinya.
Al-Qur’an yang jumlah ayatnya 6666 ayat akan terhimpun kedalam 
Suratul Fatekha, dan Suratul Fatekha itu akan terhimpun pada Basmallah, 
dan Basmallah itupun akan terhimpun pada huruf BA, dan huruf BA akan 
terhimpun pada titiknya (Nuktah). Jika kita tilik dengan jeli maka titik
 itulah yang akan menjadi segala huruf, terlihat banyak padahal ia satu 
dan terlihat satu padahal ia banyak.
Selanjutnya Huruf-huruf lafald Allah yang telah digugurkan maka 
tinggallah empat huruf yang ada diatas lafald Allah tadi, yaitu huruf 
TASYDID (bergigi tiga, terdiri dari tiga huruf Alif) diatas Tasydid 
adalagi satu huruf Alif.
Keempat huruf Tasydid itu adalah isyarat bahwa Tuhan itu Ada, maka 
wajib bagi kita untuk mentauhidkan Asma Allah, Af’al Allah, Sifat Allah 
dan Zat Allah.
Langkah terakhir gugurkan keseluruhannya, maka yang akan tinggal adalah kosong.
LA SAUTUN WALA HARFUN, artinya tidak ada huruf dan tiada suara, inilah 
kalam Allah yang Qadim, tidak bercerai dan terpisah sifat dengan Zat. 
Tarku Mayiwallah (meninggalkan selain Allah) Zat Allah saja yang ada.
La Maujuda Illallah (tidak ada yang ada hanya Allah).
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar