Laman

Selasa, 10 Mei 2016

LETAK NERAKA DAN SURGA


Rekomendasi utama adalah kitab 'Yaqzhatu Ulil I'tibar mimma Warada Fi Dzikrin Nar wa Ashhabin Nar' (Kewaspadaan bagi Orang yang Mau Mengambil Pelajaran dari Keterangan yang Menuturkan Tentang Neraka dan Para Penghuninya) karangan Shiddiq Hasan Khan.
Saya tidak menjumpai keterangan semacam di atas. Yang agak serupa, terdapat pendapat neraka terdapat di bumi lapisan ke tujuh (bukan ke satu), di mana pendapat ini adalah salah satu dari sekian pendapat berbeda yang berupa:
- Neraka terdapat di langit, mengambil dalil hadits Hudzaifah tentang Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sewaktu mi'raj di langit melihat surga dan neraka.
- Neraka terdapat di bawah bumi lapisan ke tujuh, mengambil dalil dari hadits riwayat Ibnu Abbas dan Mu'adz.
- Neraka terdapat di permukaan bumi tanpa diketahui lokasi persisnya, dikemukakan oleh al-Qurthubi. - Neraka pembahasannya mauquf, tidak bisa diketahui lokasinya dikarenakan semua hadits yang menyebutkan tempat neraka belum bisa dijadikan pegangan, ini adalah pendapat yang disepakati oleh banyak ulama seperti as-Suyuthi, Waliyullah ad-Dahlawi, dan Shiddiq Hasan Khan.
ﻭﻗﻴﻞ ﺇﻥ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻛﺎﻟﺠﻨﺔ ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻯ ﺃﺣﻤﺪ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺬﻳﻔﺔ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﻗﺎﻝ ﺃﺗﻴﺖ ﺑﺎﻟﺒﺮﺍﻕ ﻓﻠﻢ ﻧﺰﺍﻳﻞ ﻃﺮﻓﺔ ﻋﻴﻦ ﺃﻧﺎ ﻭﺟﺒﺮﻳﻞ ﺣﺘﻰ ﺃﺗﻴﺖ ﺑﻴﺖ ﺍﻟﻤﻘﺪﺱ ﻭﻓﺘﺤﺖ ﻟﻨﺎ ﺃﺑﻮﺍﺏ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻭﺭﺃﻳﺖ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ - ﺍﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ -
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﺑﻦ ﺭﺟﺐ ﻭﺣﺪﻳﺚ ﺣﺬﻳﻔﺔ ﺇﻥ ﺛﺒﺖ ﻓﺎﻟﺴﻤﺎﺀ ﻇﺮﻑ ﻟﻠﺮﺅﻳﺔ ﻻ ﻟﻠﻤﺮﺋﻰ ﻭﻓﻰ ﺣﺪﻳﺚ ﺿﻌﻴﻒ ﺟﺪﺍ ﺃﻧﻪ ﺭﺃﻯ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﻮﺍﺕ ﻓﻠﻮ ﺻﺢ ﻋﻠﻰ ﺣﻤﻞ ﻣﺎ ﺫﻛﺮﻧﺎ
ﻭﺍﻟﺤﺎﺻﻞ ﺃﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻭﺳﻘﻔﻬﺎ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻭﺇﻥ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﺍﻧﺘﻬﻰ - ﺍﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ -
ﻭﻣﺜﻠﻪ ﻓﻰ ﺍﻟﺘﺬﻛﺮﺓ ﻟﻠﻘﺮﻃﺒﻰ ﻗﺎﻝ ﻓﻬﺬﺍ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺟﻬﻨﻢ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻪ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﻤﻮﺿﻌﻬﺎ ﻭﺃﻳﻦ ﻫﻰ ﻣﻦ ﺍﻷﺭﺽ ﺍﻧﺘﻬﻰ - ﺍﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ -
ﻭﺗﻘﻒ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﺃﻱ ﺗﻘﻮﻝ ﻓﻴﻬﺎ ﺑﺎﻟﻮﻗﻒ ﺃﻯ ﻣﺤﻠﻬﺎ ﺣﻴﺚ ﻻ ﻳﻌﻠﻤﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻠﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﻋﻨﺪﻯ ﺣﺪﻳﺚ ﺍﻋﺘﻤﺪﻩ ﻓﻰ ﺫﻟﻚ - ﺍﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ -
ﻭﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﺤﺪﺙ ﺍﻟﺪﻫﻠﻮﻯ ﻓﻰ ﻋﻘﻴﺪﺗﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﺼﺮﺡ ﻧﺺ ﺑﺘﻌﻴﻦ ﻣﻜﺎﻧﻬﻤﺎ ﺑﻞ ﺣﻴﺚ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺇﺫ ﻻ ﺇﺣﺎﻃﺔ ﻟﻨﺎ ﺑﺨﻠﻖ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻮﺍﻟﻤﻪ ﺍﻧﺘﻬﻰ
ﺃﻗﻮﻝ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺃﺭﺟﺢ ﺍﻷﻗﻮﺍﻝ ﻭﺃﺣﻮﻃﻬﺎ ﺇﻥ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ
ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ : ﻳﻘﻈﺔ ﺃﻭﻟﻲ ﺍﻻﻋﺘﺒﺎﺭ ﻣﻤﺎ ﻭﺭﺩ ﻓﻲ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻭﺃﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﺹ 45-48
Perpaduan Al Qur’an dengan hasil penelitian ilmiah tentang asal-usul manusia pertama.
Terwujudnya alam semesta ini berikut segala isinya diciptakan oleh Allah dalam waktu enam masa. hal ini sesuai dengan firman Allah :
ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺧَﻠَﻖَ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﻭَﺍﺕِ ﻭَﺍﻷﺭﺽ ﻭَﻣَﺎ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢَﺍ ﻓِﻲ ﺳِﺘَّﺔِ ﺃَﻳَّﺎﻡٍ ﺛُﻢَّ ﺍﺳْﺘَﻮَﻯ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﺮْﺵِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦ ُ ﻓَﺎﺳْﺄَﻝْ ﺑِﻪِ ﺧَﺒِﻴﺮﺍً
"Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada iantara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam diatas Arsy (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah itu kepada Yang Maha Mengetahui." (QS. Al Furqaan (25) : 59)
Keenam masa itu adalah :
Azoikum,... Ercheozoikum,... Protovozoikum,...Palaeozoikum,... Mesozoikum, dan Cenozoikum.
Dari penelitian para ahli, setiap periode menunjukkan perubahan dan perkembangan yang bertahap menurut susunan organisme yang sesuai dengan ukuran dan kadarnya masing-masing. (tidak berevolusi).
ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻟَﻪُ ﻣُﻠْﻚُ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﻭَﺍﺕِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽ ِ ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﺘَّﺨِﺬْ ﻭَﻟَﺪﺍً ﻭَﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻟَﻪُ ﺷَﺮِﻳﻚٌ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤُﻠْﻚِ ﻭَﺧَﻠَﻖَ ﻛُﻞَّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻓَﻘَﺪَّﺭَﻩ ُ ﺗَﻘْﺪِﻳﺮﺍً
"yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan [Nya], dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya" (QS. Al Furqaan (25) : 2)
Dari perpaduan antara Al Qur’an dengan hasil penelitian ini maka teori evolusi Darwin tidak dapat diterima. Dari penelitian membuktikan bahwa kurun akhir (cenozoikum) adalah masa dimana mulai muncul manusia yang berbudaya dan Allah menciptakan lima kurun sebelumnya lengkap dengan segala isinya adalah untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh manusia.
Dari keterangan di atas, memang sangat bertentangan
>> Isykal itu dijawab oleh Ibnu Rajab, bahwa yang berada di atas (sebagai zharaf) adalah penglihatan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, sedang neraka yang dilihat tidak harus di atas, melainkan di bumi (dari atas melihat ke bawah).
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﺑﻦ ﺭﺟﺐ ﻭﺣﺪﻳﺚ ﺣﺬﻳﻔﺔ ﺇﻥ ﺛﺒﺖ ﻓﺎﻟﺴﻤﺎﺀ ﻇﺮﻑ ﻟﻠﺮﺅﻳﺔ ﻻ ﻟﻠﻤﺮﺋﻰ ﻭﻓﻰ ﺣﺪﻳﺚ ﺿﻌﻴﻒ ﺟﺪﺍ ﺃﻧﻪ ﺭﺃﻯ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﻮﺍﺕ ﻓﻠﻮ ﺻﺢ ﻋﻠﻰ ﺣﻤﻞ ﻣﺎ ﺫﻛﺮﻧﺎ
Hadits riwayat Ibnu Abbas:
ﻭﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﺑﻦ ﺳﻼﻡ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺃﻛﺮﻡ ﺧﻠﻴﻔﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ ﺇﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻭﻋﻨﺪﻩ ﺃﻳﻀﺎ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺃﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻭﻳﺠﻌﻠﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺣﻴﺚ ﺷﺎﺀ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﻭﺟﻬﻨﻢ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ
Hadits riwayat Mu'adz ibn Jabbal:
ﻭﻋﻦ ﻣﻌﺎﺫ ﺑﻦ ﺟﺒﻞ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺳﺌﻞ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻳﻦ ﻳﺠﺎﺀ ﺑﺠﻬﻨﻢ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﻗﺎﻝ ﻳﺠﺎﺀ ﺑﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻷﺭﺽ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻟﻬﺎ ﺳﺒﻌﻮﻥ ﺃﻟﻒ ﺯﻣﺎﻡ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﻜﻞ ﺯﻣﺎﻡ ﺳﺒﻌﻮﻥ ﺃﻟﻒ ﻣﻠﻚ ﺗﺼﻴﺢ ﺇﻟﻰ ﺃﻫﻠﻰ ﺇﻟﻰ ﺃﻫﻠﻰ ﻓﺈﺫﺍ ﻛﺎﻧﺖ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩ ﻋﻠﻰ ﻣﺴﻴﺮ ﻣﺎﺋﺔ ﺳﻨﺔ ﺯﻓﺮﺕ ﺯﻓﺮﺓ ﻓﻼ ﻳﺒﻘﻰ ﻣﻠﻚ ﻣﻘﺮﺏ ﻭﻻ ﻧﺒﻰ ﻣﺮﺳﻞ ﺇﻻ ﺟﺜﻰ ﻋﻠﻰ ﺭﻛﺒﺘﻴﻪ ﻓﻴﻘﻮﻝ ﺭﺏ ﻧﻔﺴﻰ ﻧﻔﺴﻰ ﻭﺃﺧﺮﺟﻪ ﺟﻮﻳﺒﺮ ﻓﻰ ﺗﻔﺴﻴﺮﻩ
Apabila Bumi yang kita pijak, adalah lapisan ke-1, itu berarti Neraka ada pada lapisan ke-7,
Dari keterangan di atas, memang sangat bertentangan antara:
- Neraka terdapat di langit, mengambil dalil hadits Hudzaifah tentang Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sewaktu mi'raj di langit melihat surga dan neraka.
&
- Neraka terdapat di bawah bumi lapisan ke tujuh, mengambil dalil dari hadits riwayat Ibnu Abbas dan Mu'adz.
Wallahu a'lam.
Agar lebih memberikanr pemahaman yang utuh, berikut adalah redaksi dan terjemahan satu bab utuh dari kitab Yaqzhah:
ﺑﺎﺏ ﻓﻰ ﺫﻛﺮ ﻣﻜﺎﻥ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻭﺃﻳﻦ ﻫﻰ ﻋﻠﻰ ﻣﻘﺘﻀﻰ ﺍﻵﺛﺎﺭ ﻭﻛﺬﺍ ﻣﻜﺎﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ
ﻓﺎﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻭﺳﻘﻔﻬﺎ ﻋﺮﺵ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻰ ﻣﺤﻜﻢ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻟﻘﺪ ﺭﺁﻩ ﻧﺰﻟﺔ ﺃﺧﺮﻯ ﻋﻨﺪ ﺳﺪﺭﺓ ﺍﻟﻤﻨﺘﻬﻰ ﻋﻨﺪﻫﺎ ﺟﻨﺔ ﺍﻟﻤﺄﻭﻯ ﻭﻗﺪ ﺛﺒﺖ ﺃﻥ ﺳﺪﺭﺓ ﺍﻟﻤﻨﺘﻬﻰ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻭﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺭﺯﻗﻜﻢ ﻭﻣﺎ ﺗﻮﻋﺪﻭﻥ ﻗﺎﻝ ﻣﺠﺎﻫﺪ ﻫﻮ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺗﻠﻘﺎﻩ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻨﻪ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﺑﻦ ﺃﺑﻰ ﻧﺠﻴﺢ ﻭﻓﻰ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﻋﻨﻪ ﻫﻮ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ ﺣﻜﺎﻩ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﺬﺭ ﻓﻰ ﺗﻔﺴﻴﺮﻩ
ﻭﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﺑﻦ ﺳﻼﻡ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺃﻛﺮﻡ ﺧﻠﻴﻔﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ ﺇﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻭﻋﻨﺪﻩ ﺃﻳﻀﺎ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺃﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻭﻳﺠﻌﻠﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺣﻴﺚ ﺷﺎﺀ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﻭﺟﻬﻨﻢ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻭﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻓﺈﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﺟﻌﻠﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺣﻴﺚ ﺷﺎﺀ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻓﺈﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﺟﻌﻠﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺣﻴﺚ ﺷﺎﺀ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﺑﻦ ﻣﻨﺪﺓ
ﻭﻗﺎﻝ ﻣﺠﺎﻫﺪ ﻗﻠﺖ ﻻﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺃﻳﻦ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻗﺎﻝ ﻓﻮﻕ ﺳﺒﻊ ﺳﻤﻮﺍﺕ ﻗﻠﺖ ﻓﺄﻳﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻗﺎﻝ ﺗﺤﺖ ﺳﺒﻌﺔ ﺃﺑﺤﺮ ﻣﻄﺒﻘﺔ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﺑﻦ ﻣﻨﺪﻩ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻮﻛﺎﻧﻰ ﻓﻰ ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻘﺪﻳﺮ ﻭﺍﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﺤﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻫﻮ ﺍﻷﻋﻢ ﻣﻦ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻗﻮﺍﻝ ﻓﺎﻥ ﺟﺰﺍﺀ ﺍﻷﻋﻤﺎﻝ ﻣﻜﺘﻮﺏ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻭﺍﻟﻘﺪﺭ ﻭﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﻳﻨﺰﻝ ﻣﻨﻬﺎ ﻭﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻧﺘﻬﻰ
ﻭﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻥ ﺟﻬﻨﻢ ﻣﺤﻴﻄﺔ ﺑﺎﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺇﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺭﺍﺀﻫﺎ ﻓﻠﺬﻟﻚ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺼﺮﺍﻁ ﻋﻠﻰ ﺟﻬﻨﻢ ﻃﺮﻳﻘﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺑﻮﻧﻌﻴﻢ ﻓﻰ ﺗﺎﺭﻳﺦ ﺃﺻﺒﻬﺎﻥ
ﻭﻋﻦ ﻣﻌﺎﺫ ﺑﻦ ﺟﺒﻞ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺳﺌﻞ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻳﻦ ﻳﺠﺎﺀ ﺑﺠﻬﻨﻢ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﻗﺎﻝ ﻳﺠﺎﺀ ﺑﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻷﺭﺽ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻟﻬﺎ ﺳﺒﻌﻮﻥ ﺃﻟﻒ ﺯﻣﺎﻡ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﻜﻞ ﺯﻣﺎﻡ ﺳﺒﻌﻮﻥ ﺃﻟﻒ ﻣﻠﻚ ﺗﺼﻴﺢ ﺇﻟﻰ ﺃﻫﻠﻰ ﺇﻟﻰ ﺃﻫﻠﻰ ﻓﺈﺫﺍ ﻛﺎﻧﺖ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩ ﻋﻠﻰ ﻣﺴﻴﺮ ﻣﺎﺋﺔ ﺳﻨﺔ ﺯﻓﺮﺕ ﺯﻓﺮﺓ ﻓﻼ ﻳﺒﻘﻰ ﻣﻠﻚ ﻣﻘﺮﺏ ﻭﻻ ﻧﺒﻰ ﻣﺮﺳﻞ ﺇﻻ ﺟﺜﻰ ﻋﻠﻰ ﺭﻛﺒﺘﻴﻪ ﻓﻴﻘﻮﻝ ﺭﺏ ﻧﻔﺴﻰ ﻧﻔﺴﻰ ﻭﺃﺧﺮﺟﻪ ﺟﻮﻳﺒﺮ ﻓﻰ ﺗﻔﺴﻴﺮﻩ
ﻭﻋﻦ ﻳﻌﻠﻰ ﺑﻦ ﺃﻣﻴﺔ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻫﻮ ﺟﻬﻨﻢ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻰ ﺑﺴﻨﺪ ﺭﺟﺎﻟﻪ ﺛﻘﺎﺕ ﻭﻋﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﺑﻦ ﺃﺑﻰ ﺍﻟﺤﺴﻴﻦ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻃﺒﻖ ﺟﻬﻨﻢ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺣﻤﺪ ﻓﻰ ﺍﻟﺰﻫﺪ ﻭﻋﻦ ﻋﻠﻰ ﺑﻦ ﺃﺑﻰ ﻃﺎﻟﺐ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ ﻣﺎ ﺭﺃﻳﺖ ﻳﻬﻮﺩﻳﺎ ﺃﺻﺪﻕ ﻣﻦ ﻓﻼﻥ ﺯﻋﻢ ﺃﻥ ﻧﺎﺭ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ﻫﻰ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻓﺎﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﺟﻤﻊ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻭﺍﻟﻘﻤﺮ ﻭﺍﻟﻨﺠﻮﻡ ﺛﻢ ﺑﻌﺚ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺪﺑﻮﺭ ﻓﺴﻌﺮﺗﻪ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻓﻰ ﺍﻟﻌﻈﻤﺔ ﻭﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻰ ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﺳﻌﻴﺪ ﺑﻦ ﺍﻟﻤﺴﻴﺐ
ﻭﻋﻦ ﻛﻌﺐ ﻓﻰ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺍﻟﺒﺤﺮ ﺍﻟﻤﺴﺠﻮﺭ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻳﺴﺠﺮ ﻓﻴﺼﻴﺮ ﺟﻬﻨﻢ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻭﻋﻦ ﻭﻫﺐ ﺑﻦ ﻣﻨﺒﻪ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ ﺇﺫﺍ ﻗﺎﻣﺖ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﺃﻣﺮ ﺑﺎﻟﻔﻠﻖ ﻓﻴﻜﺸﻒ ﻋﻦ ﺳﻘﺮ ﻭﻫﻮ ﻏﻄﺎﺅﻫﺎ ﻓﺘﺨﺮﺝ ﻣﻨﻪ ﻧﺎﺭ ﻓﺎﺫﺍ ﻭﺻﻠﺖ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﺍﻟﻤﻄﺒﻖ ﻋﻠﻰ ﺷﻔﻴﺮ ﺟﻬﻨﻢ ﻭﻫﻮ ﺑﺤﺮ ﺍﻟﺒﺤﻮﺭ ﻧﺸﻔﺘﻪ ﺃﺳﺮﻉ ﻣﻦ ﻃﺮﻑ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﻭﻫﻮ ﺣﺎﺟﺰ ﺑﻴﻦ ﺟﻬﻨﻢ ﻭﺍﻷﺭﺿﻴﻦ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻓﺎﺫﺍ ﻧﺸﻔﺖ ﺍﺷﺘﻌﻠﺖ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺿﻴﻦ ﺍﻟﺴﺒﻊ ﻓﺘﺪﻋﻬﺎ ﺟﻤﺮﺓ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻰ ﻓﻰ ﺷﻌﺐ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ
ﻭﻗﻴﻞ ﺇﻥ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻛﺎﻟﺠﻨﺔ ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻯ ﺃﺣﻤﺪ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺬﻳﻔﺔ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﻗﺎﻝ ﺃﺗﻴﺖ ﺑﺎﻟﺒﺮﺍﻕ ﻓﻠﻢ ﻧﺰﺍﻳﻞ ﻃﺮﻓﺔ ﻋﻴﻦ ﺃﻧﺎ ﻭﺟﺒﺮﻳﻞ ﺣﺘﻰ ﺃﺗﻴﺖ ﺑﻴﺖ ﺍﻟﻤﻘﺪﺱ ﻭﻓﺘﺤﺖ ﻟﻨﺎ ﺃﺑﻮﺍﺏ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻭﺭﺃﻳﺖ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ ﻭﺃﺧﺮﺝ ﺃﻳﻀﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ ﺭﺃﻳﺖ ﻟﻴﻠﺔ ﺃﺳﺮﻯ ﺑﻰ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ
ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻭﻗﺮﺃ ﻫﺬﻩ ﺍﻵﻳﺔ ﻭﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺭﺯﻗﻜﻢ ﻭﻣﺎ ﺗﻮﻋﺪﻭﻥ ﻓﻜﺄﻧﻰ ﻟﻢ ﺃﻗﺮﺃﻫﺎ
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺴﻔﺎﺭﻳﻨﻰ ﻭﻟﻴﺲ ﻓﻰ ﻫﺬﺍ ﻭﻧﺤﻮﻩ ﺣﺠﺔ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻟﺠﻮﺍﺯ ﺃﻥ ﻳﺮﺍﻫﺎ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﻫﻮ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻳﺮﻯ ﻭﻫﻮ ﻓﻰ ﻗﺒﺮﻩ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ ﻭﻟﻴﺴﺖ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﺛﺒﺖ ﺃﻧﻪ ﺭﺁﻫﻤﺎ ﻭﻫﻮ ﻓﻰ ﺻﻼﺓﺍﻟﻜﺴﻮﻑ ﻭﻫﻮ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺽ
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﺑﻦ ﺭﺟﺐ ﻭﺣﺪﻳﺚ ﺣﺬﻳﻔﺔ ﺇﻥ ﺛﺒﺖ ﻓﺎﻟﺴﻤﺎﺀ ﻇﺮﻑ ﻟﻠﺮﺅﻳﺔ ﻻ ﻟﻠﻤﺮﺋﻰ ﻭﻓﻰ ﺣﺪﻳﺚ ﺿﻌﻴﻒ ﺟﺪﺍ ﺃﻧﻪ ﺭﺃﻯ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﻮﺍﺕ ﻓﻠﻮ ﺻﺢ ﻋﻠﻰ ﺣﻤﻞ ﻣﺎ ﺫﻛﺮﻧﺎ
ﻭﺍﻟﺤﺎﺻﻞ ﺃﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻮﻕ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻭﺳﻘﻔﻬﺎ ﺍﻟﻌﺮﺵ ﻭﺇﻥ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﺍﻧﺘﻬﻰ
ﺃﻗﻮﻝ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻰ ﻓﻰ ﺍﺗﻤﺎﻡ ﺍﻟﺪﺭﺍﻳﺔ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻨﻘﺎﻳﺔ ﻭﻧﻌﺘﻘﺪ ﺃﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻭﻗﻴﻞ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﻗﻴﻞ ﺑﺎﻟﻮﻗﻒ ﺣﻴﺚ ﻻ ﻳﻌﻠﻤﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﻟﺬﻯ ﺍﺧﺘﺮﺗﻪ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﻣﻦ ﺳﻴﺎﻕ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻛﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻰ ﻗﺼﺔ ﺁﺩﻡ ﻗﻠﻨﺎ ﺍﻫﺒﻄﻮﺍ ﻣﻨﻬﺎ ﻭﻓﻰ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺳﻠﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻔﺮﺩﻭﺱ ﻓﺈﻧﻪ ﺃﻋﻠﻰ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﻓﻮﻗﻪ ﻋﺮﺵ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﻭﻣﻨﻪ ﺗﻔﺠﺮ ﺃﻧﻬﺎﺭ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﻓﻰ ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ ﺃﺭﻭﺍﺡ ﺍﻟﺸﻬﺪﺍﺀ ﻓﻲ ﺣﻮﺍﺻﻞ ﻃﻴﻮﺭ ﺧﻀﺮ ﺗﺴﺮﺡ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺣﻴﺚ ﺷﺎﺀﺕ ﺛﻢ ﺗﺄﻭﻯ ﺇﻟﻰ ﻗﻨﺎﺩﻳﻞ ﻣﻌﻠﻘﺔ ﺑﺎﻟﻌﺮﺵ ﻭﺗﻘﻒ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﺃﻱ ﺗﻘﻮﻝ ﻓﻴﻬﺎ ﺑﺎﻟﻮﻗﻒ ﺃﻯ ﻣﺤﻠﻬﺎ ﺣﻴﺚ ﻻ ﻳﻌﻠﻤﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻠﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﻋﻨﺪﻯ ﺣﺪﻳﺚ ﺍﻋﺘﻤﺪﻩ ﻓﻰ ﺫﻟﻚ ﻭﻗﻴﻞ ﺗﺤﺖ ﺍﻷﺭﺽ ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻯ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺒﺮ ﻭﺿﻌﻔﻪ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﻣﺮﻓﻮﻋﺎ ﻻ ﻳﺮﻛﺐ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﺇﻻ ﻏﺎﺯ ﺃﻭ ﺣﺎﺝ ﺃﻭ ﻣﻌﺘﻤﺮ ﻓﺎﻥ ﺗﺤﺖ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻧﺎﺭﺍ ﻭﺭﻭﻯ ﻋﻨﻪ ﺃﻳﻀﺎ ﻣﻮﻗﻮﻓﺎ ﻻ ﻳﺘﻮﺿﺄ ﺑﻤﺎﺀ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻷﻧﻪ ﻃﺒﻖ ﺟﻬﻨﻢ ﻭﺿﻌﻔﻪ ﻭﻗﻴﻞ ﻫﻰ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻪ ﺍﻷﺭﺽ ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻯ ﻭﻫﺐ ﺃﻳﻀﺎ
ﻗﺎﻝ ﺃﺷﺮﻑ ﺫﻭ ﺍﻟﻘﺮﻧﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺟﺒﻞ ﻗﺎﻑ ﻓﺮﺃﻯ ﺗﺤﺘﻪ ﺟﺒﺎﻻ ﺻﻐﺎﺭﺍ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ ﻳﺎ ﻗﺎﻑ ﺃﺧﺒﺮﻧﻰ ﻋﻦ ﻋﻈﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻘﺎﻝ ﺇﻥ ﺷﺄﻥ ﺭﺑﻨﺎ ﻟﻌﻈﻴﻢ ﺇﻥ ﻭﺭﺍﺋﻰ ﺃﺭﺿﺎ ﻣﺴﻴﺮﺓ ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﻋﺎﻡ ﻓﻰ ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﻋﺎﻡ ﻣﻦ ﺟﺒﺎﻝ ﺛﻠﺞ ﻳﺤﻄﻢ ﺑﻌﻀﻬﺎ ﺑﻌﻀﺎ ﻭﻟﻮﻻ ﻫﻰ ﻻﺣﺘﺮﻗﺖ ﻣﻦ ﺟﻬﻨﻢ ﻭﺭﻭﻯ ﺍﻟﺤﺎﺭﺙ ﺑﻦ ﺃﺳﺎﻣﺔ ﻓﻰ ﻣﺴﻨﺪﻩ ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺳﻼﻡ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻭﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻰ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﻗﻴﻞ ﻣﺤﻠﻬﺎ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺍﻧﺘﻬﻰ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻰ ﻭﻣﺜﻠﻪ ﻓﻰ ﺍﻟﺘﺬﻛﺮﺓ ﻟﻠﻘﺮﻃﺒﻰ ﻗﺎﻝ ﻓﻬﺬﺍ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺟﻬﻨﻢ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻪ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﻤﻮﺿﻌﻬﺎ ﻭﺃﻳﻦ ﻫﻰ ﻣﻦ ﺍﻷﺭﺽ ﺍﻧﺘﻬﻰ
ﻭﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﺤﺪﺙ ﺍﻟﺪﻫﻠﻮﻯ ﻓﻰ ﻋﻘﻴﺪﺗﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﺼﺮﺡ ﻧﺺ ﺑﺘﻌﻴﻦ ﻣﻜﺎﻧﻬﻤﺎ ﺑﻞ ﺣﻴﺚ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺇﺫ ﻻ ﺇﺣﺎﻃﺔ ﻟﻨﺎ ﺑﺨﻠﻖ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻮﺍﻟﻤﻪ ﺍﻧﺘﻬﻰ ﺃﻗﻮﻝ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺃﺭﺟﺢ ﺍﻷﻗﻮﺍﻝ ﻭﺃﺣﻮﻃﻬﺎ ﺇﻥ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ
Bab Tentang Penuturan Letak Neraka Serta Di Mana Tempatnya Mengacu Pada Keterangan Hadits; Begitu Juga Letak surga
Ketahuilah bahwa surga itu di atas langit ketujuh di mana atap surga adalah 'arsy Allah Ar-Rahman, sebagaimana firman Allah dalam ayat muhkamNya: "Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain. (yaitu) Di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal," (QS. An-Najm: 13-15). Sedangkan telah diketahui bahwa sidratul muntaha terletak di atas langit ketujuh, Allah berfirman: "Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rizqimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu" (QS. Adz-Dzariyat: 22).
Diriwayatkan dalam atsar oleh Ibnu Abi Nujaih, dari Mujahid berkata: Itu adalah surga, Allah melimpahkan rizqi dari surgaNya.
Diceritakan oleh Ibnu Mundzir dalam Tafsirnya mengenai riwayat atsar lain dari Mujahid: Itu adalah surga dan neraka.
Diriwayatkan dalam atsar oleh Abu Nu'aim, dari Abdullah ibn Salam berkata - semoga Allah memuliakan khalifahNya Abu Qasim shallallahu 'alaihi wasallam- Sesungguhnya surga ada di langit.
Dalam riwayat atsar lain olehnya, dari Ibnu Abbas: Sesungguhnya surga ada di langit yang ketujuh, dan Allah menjadikan surga sebagaimana yang Dia kehendaki di hari kiamat. Serta neraka jahannam ada di bumi yang ketujuh.
Dikeluarkan atsar oleh Ibnu Mandah dari Ibnu Mas'ud berkata: Surga ada di langit yang ketujuh, dan ketika datang hari kiamat maka Allah menjadikan surga sebagaimana yang Dia kehendaki. Serta neraka ada di bumi yang ketujuh, dan ketika datang hari kiamat maka Allah menjadikan neraka sebagaimana yang Dia kehendaki.
Diriwayatkan oleh Ibnu Mandah, bahwa Mujahid berkata, aku bertanya pada Ibnu Abbas: Di manakah surga? Di atas langit yang tujuh. Lalu di mana neraka? Di bawah tujuh keseluruhan samudera. Asy-Syaukani dalam Fath al-Qadir berkomentar: Yang lebih utama adalah mengarahkan ucapan dalam atsar ini pada konsep umum. Mengingat balasan dari amal ditulis di langit, qadha dan qadar diturunkan dari langit, begitu juga surga dan neraka terletak di dalamnya.
Dikeluarkan hadits oleh Abu Nu'aim dalam Tarikh Ashbahan, dari Ibnu Umar berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya neraka jahannam diliputi oleh dunia dan surga ada di belakangnya, karena itu shirat terletak di atas neraka dan menjadi jalan menuju ke surga.
Dikeluarkan hadits oleh Juwaibir dalam kitab Tafsirnya, dari Mu'adz ibn Jabbal, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ditanya: Dari arah mana neraka jahannam akan didatangkan pada hari kiamat? Beliau menjawab: Akan didatangkan dari bumi yang ketujuh, pada neraka terdapat tujuh puluh ribu kendali, pada tiap kendali bergantungan tujuh puluh malaikat, neraka berseru 'arahkan ke penghuniku, arahkan ke penghuniku'. Ketika masih berjarak langkah seratus tahun dari manusia neraka berkobar-kobar. Saat itu sudah tidak tersisa lagi para hamba malaikat dan utusan nabi melainkan diriku yang bersimpuh pada kedua lututku dan berucap 'wahai rabbi, diriku diriku.'
Dikeluarkan hadits oleh Ahmad dan Baehaqi dengan sanad yang para rawinya tsiqah, dari Ya'la ibn Umayyah, sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Lautan adalah neraka jahannam.
Dikeluarkan atsar oleh Ahmad dalam kitab az-Zuhd, dari Sa'id ibn Abi al-Husain berkata: lautan adalah wadah neraka jahannam.
Dikeluarkan atsar oleh Abu asy-Syaikh Ibnu Hayyan dalam kitab al-'Azhamah serta Baehaqi dari jalur Said ibn Musayyab, dari Ali ibn Abi Thalib berkata: Aku tidak mengetahui orang yahudi yang lebih benar dari seseorang yang menduga bahwa sesungguhnya neraka agung Allah adalah lautan. Ketika tiba hari kiamat maka di lautan Allah mengumpulkan matahari, bulan, dan bintang, lalu mengirimkan angin barat yang menyalakan lautan itu.
Dikeluarkan atsar oleh Abu asy-Syaikh Ibnu Hayyan, dari Ka'ab ketika mentafsiri ayat 'Dan lautan yang menyala' (QS. Ath-Thur: 6) berkata: Lautan menyala sehingga menjadi neraka jahannam.
Dikeluarkan atsar oleh Baehaqi dalam kitab Syu'ab al-Iman, dari Wahab ibn Munabbih bahwasanya dia berkata: Ketika kiamat terjadi Allah berfirman pada cakrawala dan terkuaklah neraka saqar yangmana langit semula menjadi tutupnya, lalu keluar api yang ketika sampai pada seluruh lautan -dimana laut menjadi tepi batas neraka jahannam- maka api itu mengeringkan lautan lebih cepat dari kedipan mata. Laut menjadi pembatas antara neraka jahannam dan tujuh bumi. Ketika mengering maka laut menyala pada tujuh bumi dan meninggalkannya menjadi onggokan bara api.
Pendapat lain mengatakan neraka ada di langit sebagaimana surga, berlandaskan hadits Ahmad riwayat Hudzaifah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Aku diberikan buraq, namun kami -aku dan Jibril- belum berpindah sekejapan mata sebelum dihantarkan pada Baitul Maqdis terlebih dahulu, lalu dibukakan bagiku pintu langit dan kulihat surga dan neraka. Dikeluarkan hadits lain oleh Ahmad, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwasanya beliau bersabda: Aku melihat pada malam yang kulalui surga dan neraka di langit. Lalu beliau shallallahu 'alaihi wasallam membaca ayat "Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rizqimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu" (QS. Adz-Dzariyat: 22). Maka seakan aku belum membacanya.
As-Safarini berkata: Hadits itu dan sejenisnya belum bisa menjadi hujjah bahwa letak neraka di langit, sebab boleh jadi neraka itu terlihatnya ada di bumi sementara Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berada di langit. Mayit diketahui bisa melihat surga dan neraka sementara mayit itu berada di dalam kubur, padahal keberadaan surga tidaklah di bumi. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga diketahui pernah melihat surga dan neraka saat shalat kusuf sementara shalat itu dilakukan di bumi.
Al-Hafizh Ibnu Rajab berkata: Hadits itu, andaipun tsubut, maka kata 'langit' menjadi zharaf [keterangan waktu] dari penglihatan, bukan zharaf dari yang dilihat. Padahal hadits tentang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang melihat surga dan neraka di atas beberapa lapisan langit itu statusnya sangat dhaif. Seandainya shahih pun akan diarahkan pada pemahaman yang telah disebutkan tadi. Sehingga kesimpulannya surga terletak di atas langit lapisan ketujuh, atapnya adalah 'arsy Allah ar-Rahman, dan langit terletak di bumi lapisan ke tujuh, sesuai dengan pendapat shahih mu'tamad. Wabillahi taufiq. Demikian penuturan Ibnu Rajab.
Aku [Shiddiq Hasan] tandaskan, bahwa as-Suyuthi dalam Itmam ad-Dirayah syarh an-Niqayah telah berkata: kita meyakini surga ada di langit, versi pendapat lain ada di bumi, versi lainnya lagi mauquf serta hanya Allah yang tahu. Pendapat yang aku [as-Suyuthi] pilih adalah sesuai mafhum dari redaksi al-Qur'an dan Hadits. Yakni pada semisal firman Allah tentang kisah Nabi Adam 'alaihi salam: Kami berfirman "Turunlah kamu semuanya dari surga itu!". Juga pada hadits shahih "Mintalah surga firdaus. Sesungguhnya firdaus adalah surga yang paling tinggi. Di atasnya ada 'arsy Allah ar-Rahman. Dari firdaus memancar sungai-sungai surga." Pada hadits shahih Muslim disebutkan "Arwah para syuhada berada dalam perut burung hijau, mereka dapat keluar masuk dari [tempat kediamannya di] surga sesuka hati, lalu kembali beristirahat menuju lentera-lentera yang digantungkan di [bawah] ‘Arsy.
Kemudian kau mauqufkanlah pembahasan tentang neraka. Yakni kau katakanlah mauquf tentang letak neraka itu karena tidak ada yang tahu kebenarannya selain Allah. Aku [as-Suyuthi] tidak menemukan satu hadits pun yang bisa dijadikan pegangan tentang masalah itu. Pendapat lain mengatakan di bawah bumi, mengacu pada hadits marfu' dari Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr dan dinyatakan dhaif olehnya: "Janganlah pergi melaut kecuali mereka yang akan berperang, haji, atau menunaikan umrah. Sesungguhnya di bawah lautan adalah neraka." Diriwayatkan juga hadits mauquf dari Ibnu Umar dan dinyatakan dhaif oleh Ibnu Abdil Barr: "Janganlah berwudhu dengan air laut, sesungguhnya lautan adalah tangga bagi neraka." Ada pendapat lain mengatakan neraka ada di muka bumi, mengacu pada hadits riwayat Wahab ibn Munabbih, bahwa Dzul Qarnain mengamati Gunung Qaf lalu terlihat di bawahnya ada gunung lain yang lebih kecil...Dzul Qarnain berkata: Gunung Qaf, beritahukanlah padaku akan keagungan Allah. Jawabnya: Sesungguhnya urusan Tuhanku sungguh agung. Di belakangku berjarak langkah lima ratus tahun terdapat sebuah bumi, dimana pada jarak langkah lima puluh tahunnya terdapat pegunungan bersalju yang satu sama lain senantiasa runtuh. Jika bukan karena pegunungan es itu niscaya aku sudah terbakar oleh neraka. Diriwayatkan atsar oleh Harits ibn Usamah dalam musnadnya, dari Abdullah ibn Salam berkata: Surga ada di langit dan neraka ada di bumi. Versi pendapat lain surga ada di bumi. Demikan penuturan as-Suyuthi.
Keterangan senada terdapat di kitab Tadzkirah karangan al-Qurthubi yang berkata: Hal itu menunjukkan bahwa neraka ada di permukaan bumi, hanya Allah yang tahu di mana letaknya dan di bagian bumi sebelah mana. Demikian penuturan al-Qurthubi.
As-Safarini berkata, bahwa Muhaddits Ahmad Waliyullah ad-Dahlawi dalam kitab aqidahnya berkata: nash tidak menjelaskan letak surga dan neraka, melainkan terserah kehendak Allah semata, karena kita memang tidak akan mampu meliputi terhadap penciptaan dan ilmu Allah. Demikian seluruh penuturan as-Safarini. Aku [Shiddiq Hasan] tandaskan, pendapat ad-Dahlawi ini adalah pendapat yang paling rajih dan paling hati-hati di antara sekian pendapat lainnya insya Allah ta'ala.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar