Laman

Rabu, 29 Januari 2014

Zikir, Cara Bertemu Allah Tanpa Harus Mati

Bagaimana zikir bisa menuntun seseorang kejalan yang benar? Bagaimana ruh melalui perjalanan bathin bertemu dengan Tuhannya? Dan manusia tak harus mati untuk bertemu dengan Allah, tetapi matikanlah dirimu sebelum dirimu benar-benar mati.

Hati menjadi tenang ketika kita mengingat kalimat Allah, dengan zikir maka Allah berjanji bahwa setiap insan yang mengingatnya akan selalu diberi kemudahan dalam segala hal. Berzikir, maka hatimu akan menjadi tenang, berzikir maka kamu akan menemukan Tuhan Penciptamu. Zikir, bertemu pada Allah tidaklah semudah yang difikirkan.

Banyak orang-orang yang zikir justru tersesat kedalam lembah hitam dimana mereka mengira bahwa jalan itu adalah yang paling benar. Ada dua hal dimana manusia dalam keadaan berzikir mereka diperlihatkan melalui fikiran-fikiran yang mustahil, sesuatu yang disebut Haq dan Bathil.

Petunjuk Dalam Zikir
Insan yang dihadapkan pada petunjuk (penglihatan) kebanyakan mereka terlena dalam percakapan antara ruh dan objek yang dilihatnya. Mereka menganggap ini sudah cukup, lalu dimana hakikat insan yang ingin bertemu Tuhannya jika dalam perjalanan bathin pun masih diperdaya tipu muslihat Jin dan Syeitan? Ingatlah pada janji Iblis, dan ketika kita semakin jauh mendalami hakikat maka Allah semakin mengujimu.

ruh, bertemu allah

Apa yang dimaksud petunjuk, penglihatan, ataupun gambaran dalam perjalanan bathin ketika zikir? Sebuah objek tidak akan pernah tampak jika tidak diperlihatkan, begitulah kebesaran Allah yang member gambaran atau petunjuk melalui hati seseorang. Gambaran ini seperti hayalan atau fikiran yang tanpa disadari datang begitu saja ketika seseorang melaksanakan zikir. Mereka yang awam justru menganggap hal ini mengganggu kosentrasi (khusuk) sehingga tak lagi mengingat jumlah zikir yang diucapkan.

Pada hakikatnya, tubuh dan hati yang mengucap astma Allah senantiasa diberi petunjuk dan jika seseorang itu sadar akan petunjuknya, maka akan semakin cepat bertemu Allah. Dan banyak orang tidak meyakini bahwa fenomena ini sebagai jalan berkomunikasi dengan Tuhannya, sesuatu yang sulit diterima akal fikiran.

Maka bicaralah pada hati nurani yang tidak pernah berdusta, tidak seperti akal fikiran yang sering memberikan lebih dari satu jawaban karena fikiran adalah wadah nafsu, kursi iblis dan jin.

Ketika seseorang mendirikan sholat, dia hanya menjalankan kewajiban dimana syariat menjadi tiang utamanya. Pada dasarnya sholat adalah jalan untuk bertemu dengan Allah, apakah kalian sudah bertemu dengan Allah ketika mendirikan sholat? Atau hanya secara khusuk membaca ayat-ayat dalam sholat, kalimat demi kalimat dan menganggap ibadah itu sempurna?

Dan banyak orang berfikir untuk bertemu dengan Allah haruslah mati terlebih dahulu, tapi tidaklah demikian karena Rasulullah pun Isra’ Mi’raj dan bertemu dengan Allah, begitu juga umatnya bisa berkomunikasi dengan Allah melalui jalan Tarikat. Dan matikanlah dirimu ketika menghadap Ku sebelum kau benar-benar mati.

Tak ada jalan singkat berkomunikasi dengan Allah, memahami kebesaranNya melalui 20 sifat yang dimilikiNya, tak lain dengan jalan zikrullah, laillahaillallah… dimana jika kalimat ini ditimbang jauh lebih berat daripada tujuh lapis langit dan Bumi.

1 komentar:

  1. Zikir atau mengingat Allah adalah Rahmat. Dan menyebut Asma Allah merupakan alamat bagi seseorang yang menerima hidayah

    BalasHapus