Laman

Selasa, 04 April 2017

BAGI ORANG YANG SABAR.


Assalamualaikum warohmatullahi wabaroqatuh.
Sahabatku sekalian.....
Mungkin diantara kita ada yg pernah diuji dengan fitnah dari orang yang iri hati dan dengki diatas kejayaan kita , juga mungkin pernah diuji dengan kemiskinan, juga mungkin ada yg diuji dengan keretakan rumah tangga hingga sampai terjadi perceraian dengan suami atau isteri, dan juga mungkin ada yg diuji dengan penyakit yg sangat berat, dan diuji dengan musibah kemalangan di tinggalkan oleh orang yang paling dikasihi dan di cintai atau diuji dengan kerugiaan dalam perniagaan sampai mengalami bangkrut sampai jatuh miskin, maka hendaklah kita tetap bersabar. Yakinlah bahwa semua ini adalah sudah menjadi ketetapan dari Allah untuk sekedar menguji kesabaranmu, serta percayalah bahwa itu adalah salah satu cara Allah untuk mendidik dirimu agar engkau menjadi orang orang yg lebih dewasa dan lebih sabar dan sebenarnya Allah swt ingin mengangkat derajatmu kepada yg lebih tinggi dan mulia di sisiNYA. Ketahuilah bahwa pasti akan ada hikmah yang baik yg akan engkau terima di balik semua peristiwa yg menimpamu itu .
Allah swt sangat menyukai hamba hamba-nya yg bersabar , serta banyak sekali berfirman tentang orang orang yg sabar seperti di bawah ini ;
Allah Ta’ala berfirman:
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأَمْوَالِ وَالأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ
Artinya ;
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”
( Qs Al-Baqarah: ayat 155)
Dan Allah Ta’ala berfirman:
وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الأُمُورِ
Artinya ;
“Tetapi orang yang bersabar dan mema`afkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.”
(Qs Asy-Syuuraa ayat 43)
Dan Allah Ta’ala berfirman:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
Artinya ;
“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) sholat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”
(Qs Al-Baqarah ayat 153)
Dan Allah Ta’ala berfirman:
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ حَتَّى نَعْلَمَ الْمُجَاهِدِينَ مِنْكُمْ وَالصَّابِرِينَ
Artinya ;
“Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar diantara kalian.” (Qs Muhammad ayat 31)
Sifat sabar adalah salah satu sifat yg sangat terpuji, dan ketahuilah bahwa Allah swt telah berjanji akan memberi ganjaran kebaikan yg tak terhingga kepada hamba hamba-nya yang mempunyai sifat sabar.
Inilah sepuluh kebaikan yg di janjikan Allah swt sebagai hadiah atas kesabaranmu.
- Pertama
Diampunkan Dosa Untuknya
Dalam hadis qudsi berkata Syaddad bin Aus r.a. bahwasanya Nabi SAW. bersabda maksudnya :
“Allah telah berfirman: 'Sekiranya Aku uji salah seorang hamba-Ku yang mukmin, lalu ia memuji-Ku seraya bersabar atas (penderitaan) apa yang Aku mengujinya. Maka ia akan bangun dari tempat pembaringannya, bagaikan anak yang baru dilahirkan oleh ibunya, bersih dari dosa. Lantas Tuhan akan memerintahkan malaikat Pencatat Amal: Sesungguhnya Aku telah menahan hamba-Ku ini dan Aku telah mengujinya, maka kini catatkanlah baginya apa yang kamu selalu catatkan sebelum itu dari pahala-pahala amalannya.”
(Hadis Riwayat Ahmad)
- Kedua:
Allah merasa malu kepadanya Sewaktu Dineraca Timbangan Dan Membuka Catatan Untuknya Di Akhirat .
Berkata Anas ra. bahawasanya Nabi SAW bersabda maksudnya : ”Allah telah berfirman:
'Jika Aku menimpakan suatu mushibah ke atas salah seorang hamba-Ku pada badannya, atau hartanya, atau anaknya, lalu dia menerima mushibah itu dengan penuh kesabaran, nescaya di hari kiamat Aku malu akan menegakkan baginya neraca timbangan atau membuka buku catatan amalnya.”
(Hadis riwayat Qudha’i, Dailami, Hakim dan Tirmidzi)
- Ketiga
Allah SWT Ingin Mendengar Sendiri Ucapan Hamba Yang Di Uji-Nya.
Berkata Abu Umamah ra. bahwasanya Nabi SAW bersabda maksudnya : ”Allah telah berfirman: 'Wahai malaikat-ku. Pergilah kepada hamba-Ku, dan timpakan ke atasnya bala'. Maka para malaikat pun menimpakan bala ke atasnya dan orang itu memuji Allah. Para malaikat lalu kembali mengatakan, 'Wahai Tuhan kami ! Kami telah menimpakan atasnya sebagaimana yang Engkau perintahkan'. Berfirman Tuhan: 'Kembali semula kepadanya, Aku ingin mendengar apa katanya'.” (Hadis riwayat Thabarani) - hadis qudsi.
- Keempat
Dibebaskan Dari Siksa Api Neraka
Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya ia bersama dengan Rasulullah SAW menjenguk orang yang sakit karena demam, lalu Rasulullah SAW. bersabda : “Bergembiralah, karena Allah telah berfirman: 'Itu adalah api-Ku, yang Aku kuasakan terhadap hamba-Ku yang mukmin di dunia agar menduduki (sebagai pengganti) bagian apinya di akhirat'.”
(Hadis riwayat Ibnu Majah) - hadis qudsi.
- Kelima
Diberikan Kesehatan Yang Lebih Baik Dari Sebelumnya.
Dari Abu Hurayrah r.a., bahwasanya Rasulullah SAW. bersabda maksudnya : “Berfirman Allah Ta’ala: 'Apabila Aku menimpakan bala ke atas hamba-Ku yang mukmin, lalu ia bersabar (atas penderitaan itu), tiada ia mengadu atau mengeluh kepada pengunjung-pengunjungnya, niscaya akan Aku lepaskan dia dari tahanan-Ku (penderitaan itu), kemudian Aku tukarkan dagingnya dengan daging yang lebih baik, dan darahnya dengan darah yang lebih baik, sehingga ia dapat bekerja semula (yakni: setelah semua dosa dan kesalahan yang lalu Allah ampunkan semuanya)'.”
(Hadis riwayat Hakim)
- Keenam
Akan Diberikan Ganjaran Pahala Tanpa Batas.
قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Artinya ;
"Sesungguhnya orang yang bersabar akan diberikan pahala mereka tanpa hisab (tanpa batas) "
(Surah az-Zumar ayat 10).
- Ketujuh
Akan Memperoleh martabat yg tinggi dan penghormatan Dan Rahmat Daripada ALLAH SWT).
Sebagaimana firman Allah swt
أُولَٰئِكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَامًا
Artinya ;
Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya
( Qs Al Furqon ayat 75 )
- Ke delapan
Mendapat Balasan Syurga
Diriwayatkan daripada Abu Hurairah r.a. Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda didalam Hadis Qudsi:
Allah SWT berfirman yang maksudnya :"Tidak ada balasan kecuali syurga bagi hambaku yang beriman yang telah Aku ambil kembali kekasihnya (Aku mematikan seseorang yang disayanginya seperti anak, adik-beradik dan siapa saja yang di sayanginya dari kalangan penghuni dunia dan dia hanya mengharapkan pahala daripadaKu (dengan bersabar). "
(Hadis riwayat Bukhari).
- Kesembilan
Jaminan Mendapat Pertolongan Allah SWT dengan mengirim pasukan malaikat.
Allha swt berfirman ;
بَلَىٰ ۚ إِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا وَيَأْتُوكُمْ مِنْ فَوْرِهِمْ هَٰذَا يُمْدِدْكُمْ رَبُّكُمْ بِخَمْسَةِ آلَافٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُسَوِّمِينَ
Artinya;
Ya (cukup), jika kamu semua bersabar dan bertakwa. Dan (seandainya) mereka menyerang kamu semua seketika itu juga, niscaya Allah akan menolong kalian dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda."
(Qs Ali-Imran ayat 125).
- Kesepuluh
Digolongkan Menjadi orang yang beruntung.
Allah Ta’ala berfirman:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Artinya ;
“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian beruntung.”
(Qs ali ‘Imraan ayat :200)
Sahabatku sekalian... demikian lah sepuluh ganjaran kebaikan yg akan di berikan Allah bagi orang-orang yang senantiasa bersabar atas segala ujian yg diberikan Allah. Semoga kita kiranya Allah menjadikan kita semua menjadi hamba hamba-nya yang bersabar atas segala cobaan yang di berikanNYA .
Amin ya robbal Alamin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar