Laman

Minggu, 16 September 2018

EMPAT HUJJAH ALLAH

BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM

Rasulullah saw. bersabda,
"Pada Hari Kiamat kelak, ALLAH akan menjadikan empat orang sebagai alasan (ber-hujjah) untuk menghakimi empat golongan manusia yaitu sebagai berikut:
1. ALLAH akan ber-hujjah kepada orang-orang kaya dengan Nabi Sulaiman bin Daud.
1. ALLAH akan ber-hujjah kepada para hamba sahaya dengan Nabi Yusuf.
3. ALLAH akan ber-hujjah kepada orang-orang sakit dengan Nabi Ayyub.
4. ALLAH akan ber-hujjah kepada orang-orang fakir dengan Nabi Isa.

Maksud hadis di atas adalah, ALLAH SWT. pada hari Kiamat akan bertanya kepada orang-orang kaya, "Menhgapa kalian meninggalkan ibadah?" Jika mereka menjawab, "Kami sibuk dengan harta benda yang kami miliki, ALLAH SWT akan ber-hujjah kepada mereka, "Adakah kerajaan yang lebih besar dari kerajaan Nabi Sulaiman?" Adakah orang yang

lebih kaya dari Nabi Sulaiman? Namun demikian, dia tidak meninggalkan ibadah kepada-KU."
Kepada hamba sahaya, ALLAH SWT akan bertanya "Mengapa kalian meninggalkan ibadah kepada-KU?" Jika mereka menjawab, "Kami sibuk melayani majikan kami," ALLAH SWT akan ber-hujjah, "Hamba-KU Nabi Yusuf adalah seorang budak di bawah penguasaan Raja Mesir dan permaisurinya. Namun demikian, dia tetap beribadah kepada-KU."

Kepada orang-orang yang sakit, ALLAH SWT. akan bertanya, "Mengapa kalian meninggalkan ibadah?" Jika mereka menjawab, "Kami sakit," ALLAH SWT. akan ber-hujjah, "Hamba-KU Nabi Ayyub juga pernah sakit parah. Namun demikian, dia tidak meninggalkan ibadah kepada-KU."
Kepada orang-orang fakir, ALLAH SWT. akan bertanya, "Mengapa kalian meninggalkan ibadah?" Jika mereka menjawab, "Kami telah disibukkan dengan susahnya kefakiran hidup," ALLAH SWT. akan ber-hujjah, "Hamba-KU Nabi Isa adalah orang paling fakir di muka bumi ini. Dia tidak memiliki sesuatu pun dari dunia ini. Dia tidak memiliki tempat tinggal, harta, dan istri. Namun demikian, dia tidak meninggalkan ibadah kepada-KU."
Dipetik dari Kitab Nashaihul 'Ibad

Syekh Nawawi al-Bantani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar