Laman

Sabtu, 20 Januari 2018

TAFFAKUR..

Bertaffakurlah utk memasukki alam diri yg tiada berpenghujung. (Al-Hadis):“Bertafakur sesaat lebih baik daripada beribadah setahun.”
.
Sesaat bertaffakur itu lebih baik dari 100 raka'at solat yg tdk khusyuk.
.
Seorang pentaffakur tidak semestinya seorang ahli zikir.. tetapi seorang ahli zikir pastilah seorang pentaffakur.
Tidak ada puncak makrifat tertinggi selain dari mati dan kembali menyatu semula dengan Maha Penciptanya di Rahmatullah kerana semua Roh datang dari Allah..
.
DIsana dia akan melihat melalui penglihatan Allah, mendengar melalui pendengaran Allah dan tidak perlu bergerak untuk ke mana2.. kerana dia sudah kembali menyatu dengan Allah dimana dia berasal, iaitu Rahmatullah.
.
Kasih Allah tanpa batas tetapi ada satu syarat.
..Tidak berlaku syirik padaNYA.
Datangilah Allah dengan penuh kerendahan dihati, satu persatu Allah akan ajar.. Selangkah demi selangkah DIA akan bimbing.
Pada Ummul Kitab itu terkandung segala rahsia.
Namun ia bukanlah sesuatu yg mutlak dan masih boleh diubah dengan kekuatan do'a.
.
Allah wujud sebelum Aliff, sebelum Cahaya, sebelum Jibril yg tua, sebelum 'Arasy, sebelum Kalam.
IA wujud sebelum awal dan selepas akhir..
.
Tidak diharamkan Allah jika mengasihi sesama insan atau saudara2 seagama dan se-iman selagi ianya tidak melanggar batasan agama dan tidak meletakkan Allah ditempat kedua selepas orang yg dikasihi biarpun orang itu ialah anak darah dagingnya sendiri.
.
..Allah hendaklah ditempat pertama.. tidak selain yg pertama.. Kehendak atau Irodat Allah harus didahulukan dihadapan kehendak2 diri sendiri sehingga hanya Qudrat dan Irodat Allah saja yg menzahir melalui tubuhnya.
.
Jika seorang itu jiwanya dipegang Allah, Allah lah yg mengajar, membimbing dan memandu hidup dia..
.
..dan jika Allah menggenggam jiwanya, tiada jampi dan tiada sihir, tiada syaitan dan tiada Raja2 Jin yg akan dapat menyentuhnya.. dia tidak dapat dipukau atau diteropong atau dikenakan sebarang ilmu oleh manusia dan Jin jika tanpa izin NYA..
.
Sahabat2ku yg beriman.. saya berdo'a agar anda semua diturunkan petunjuk dan Hidayah yg sebenar tanpa dipengaruhi makhluk2 ghaib dari bangsa Jin yg terdiri dari syaitan2 penyesat yg kononnya wali2 ghaib..
.
Bicara orang mati dan orang mati sebelum mati itu tidak sama seperti bicara orang yg belum kenal hidup selepas mati..
.
(Al-Jinn :26) ..عَالِمُ الْغَيْبِ فَلَا يُظْهِرُ عَلَىٰ غَيْبِهِ أَحَدًا
(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu.
(Al-Jinn :27)..إِلَّا مَنِ ارْتَضَىٰ مِنْ رَسُولٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَدًا
Kecuali kepada rasul yang diridhai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya.
.
(Al-An'aam :106) ..Ikutlah apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, dan berpalinglah dari orang-orang musyrik
.
(Az-Zumar :37) ..وَمَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ مُضِلٍّ ۗ أَلَيْسَ اللَّهُ بِعَزِيزٍ ذِي انْتِقَامٍ
..Dan barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak seorangpun yang dapat menyesatkannya. Bukankah Allah Maha Perkasa lagi mempunyai (kekuasaan untuk) mengazab?
.
(An-Najm :2). kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru.
.
(An-Najm :4). Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).
.
Sadoqallohul'adzhiim.

HIDUP SELEPAS MATI.

Insan yang diterima kesaksiannya adalah insan yg tidak melakukan dosa2 besar dan tidak bermaksiat akan Allah..
.
Berapa keratkah manusia2 hidup yg melalui pengalaman terkeluar dari jasad dalam keadaan sedar serta waras dan melihat jelas tubuhnya ketika dia sedang berada diluar tubuh?
.
Hanya sedikit golongan itu.. jadilah golongan yg sedikit kerana hanya sedikit yg akan diselamatkan Allah dari ujian Dajjal di akhir zaman ini.
.
Mereka itu sudah mati sebelum mati, hanya tidak mati dengan sepenuhnya..
.
Ahli2 kubur itu tiada berteman, tiada keluarga dan anak2, tiada harta, tiada pangkat dunia.. kain sutera, istana mewah, emas permata semuanya tidak dapat dibawa bersama ke Alam Barzah itu.. Hanyalah amalnya yg menjadi bekalan.

Selepas mati itulah hidup yg se benar2 hidup.
.
Soalnya ialah bukan mengapa manusia itu mati, tetapi mengapa manusia itu dihidupkan.?
.
Pada dahi manusia itu terdapat Kalimah2 ghaib yg kelihatan di alam selepas mati..
.
Api dunia hanya dapat membakar diri dunia(jasad).
Diri akhirat tidak dapat ditanam oleh tanah dunia atau dibakar oleh api dunia..
.
Diri akhirat itu diri bathin dan diri akhirat(bathin) hanya dapat dibakar oleh api akhirat iaitu api neraka.
..Tempat yg paling selamat ialah berada didalam Kalam Allah..
.
Semua Roh itu dari Allah, tiada dari selain Allah.
Tetapi ia punyai banyak peringkat dan lapisan2.
Yg paling rendah adalah roh yg mentadbirkan Nafas didalam tidur dan jaga.
.
Telah Allah jarakkan siang dari malam, syurga dari neraka tetapi tiada jarak bagi Roh.
.
Roh itu suci dan tidak berupa bentuk dan tidak berwarna.
Ia terlalu suci dan tidak menempati ruang dan masa.
.
Nafas dan nyawa ada pada darah dan meliputi darah.. Nafas juga adalah wap pada darah itu.
Roh lah yg menggerakkan tubuh melalui Niat, Kata2 dan Tindakan..
.
Dimana akal itu berada, disitu Roh sudah berada sebelum nya
Dimana mata memandang, disitu Roh mu sudah berada sebelum mata itu sampai ke tempat yg dipandang..
.
(Al-Israk : 85): " Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakan roh itu adalah urusan tuhanku dan tiadalah diberi kepada kamu ilmu pengetahuan kecuali sedikit".
.
Dan tidur itu seumpama mati yg kecil saja.. ia dapat di ambil sebagai contoh dimana sebahgian Roh yg keluar dari tubuh dengan meninggalkan nafas didalam tubuhnya. ..cuma bila mati mutlak, Roh itu keluar membawa nafas itu bersamanya.
.
~~~~~
.
Cahaya Iman itu tidak berbau, tidak berkeringat, tidak berehat, tidak sakit dan tidak akan mati.. dan tidak akan pernah terpadam.
.
Cahaya Iman juga tidak melayang ditiup angin, tidak tenggelam oleh lautan, tidak reput oleh tanah kubur, Maha Suci Cahaya diAtas Cahaya..
.
Namun Cahaya Iman itu dapat dimalapkan oleh dosa dan titik2 noda yg dibawa oleh nafsu.. dan nafsu tidak datang dari Roh, tetapi oleh qorin syaitan yg menemani setiap diri.

Setiap manusia yg hidup didunia ini akan kenal apa itu arti hidup selepas mati apabila selepas mereka mati kelak..
.
Manusia itu lebih banyak memikirkan dirinya dan kehidupan dunia dari mengingati Allah dan kehidupan akhirat..
.
Diri bathin tidak dapat dibakar oleh api dunia..
Ia hanya dapat dibakar dan dileburkan oleh api dineraka..
.
Nafas perlu di isi zikrullah.. mereka akan tahu betapa bernilainya nafas itu ketika di saat2 dirinya sedang nazak..
.
Tiap kalimah syahadah mu disaksikan malaikat2 Kiraaman Kaatibiin dan didengar juga oleh qorin syaitanmu yg sentiasa bersamamu.

Jumat, 19 Januari 2018

Kenali Tanda Seseorang Itu Wali Allah

Kenali Tanda Seseorang Itu Wali Allah di Atas Muka Bumi ini! Mungkin Boleh Jadi Sahabat Anda Sendiri!
1. Jika melihat mereka, akan mengingatkan kita kepada Allah swt.
Dari Amru Ibnul Jammuh, katanya:
“Ia pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: “Allah berfirman: “Sesungguhnya hamba-hambaKu, wali-waliKu adalah orang-orang yang Aku sayangi. Mereka selalu mengingatiKu dan Akupun mengingai mereka.”
Dari Said ra, ia berkata:
“Ketika Rasulullah saw ditanya: “Siapa wali-wali Allah?” Maka beliau bersabda: “Wali-wali Allah adalah orang-orang yang jika dilihat dapat mengingatkan kita kepada Allah.”
2. Jika mereka tiada, tidak pernah orang mencarinya.
Dari Abdullah Ibnu Umar Ibnu Khattab, katanya:
10 Hadis riwayat Abu Daud dalam Sunannya dan Abu Nu’aim dalam Hilya jilid I hal. 6
Hadis riwayat Ibnu Abi Dunya di dalam kitab Auliya’ dan Abu Nu’aim di dalam Al Hilya Jilid I hal 6).
“Pada suatu kali Umar mendatangi tempat Mu’adz ibnu Jabal ra, kebetulan ia sedang menangis, maka Umar berkata: “Apa yang menyebabkan engkau menangis, wahai Mu’adz?” Kata Mu’adz: “Aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: “Orang-orang yang paling dicintai Allah adalah mereka yang bertakwa yang suka menyembunyikan diri, jika mereka tidak ada, maka tidak ada yang mencarinya, dan jika mereka hadir, maka mereka tidak dikenal. Mereka adalah para imam petunjuk dan para pelita ilmu.”
3. Mereka bertakwa kepada Allah.
Allah swt berfirman:
“Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhuwatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati Mereka itu adalah orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertaqwa.. Dan bagi mereka diberi berita gembira di dalam kehidupan dunia dan akhirat”13
Abul Hasan As Sadzili pernah berkata: “Tanda-tanda kewalian seseorang adalah redha dengan qadha, sabar dengan cubaan, bertawakkal dan kembali kepada Allah ketika ditimpa bencana.”
4. Mereka saling menyayangi dengan sesamanya.
Dari Umar Ibnul Khattab ra berkata:
Hadis riwayat Nasa’i, Al Bazzar dan Abu Nu’aim di dalam Al Hilyah jilid I hal. 6
Surah Yunus: 62 – 64
Hadisriwayat. Al Mafakhiril ‘Aliyah hal 104
“Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya sebahagian hamba Allah ada orang-orang yang tidak tergolong dalam golongan para nabi dan para syahid, tetapi kedua golongan ini ingin mendapatkan kedudukan seperti kedudukan mereka di sisi Allah.”
Tanya seorang: “Wahai Rasulullah, siapakah mereka dan apa amal-amal mereka?” Sabda beliau: “Mereka adalah orang-orang yang saling kasih sayang dengan sesamanya, meskipun tidak ada hubungan darah maupun harta di antara mereka. Demi Allah, wajah mereka memancarkan cahaya, mereka berada di atas mimbar-mimbar dari cahaya, mereka tidak akan takut dan susah.” Kemudian Rasulullah saw membacakan firman Allah yang artinya: “Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.”
5. Mereka selalu sabar, wara’ dan berbudi pekerti yang baik.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra bahwa”Rasulullah saw bersabda:
Hadis riwayat Abu Nu’aim dalam kitab Al Hilya jilid I, hal 5
“Ada tiga sifat yang jika dimiliki oleh seorang, maka ia akan menjadi wali Allah, iaitu: pandai mengendalikan perasaannya di saat marah, wara’ dan berbudi luhur kepada orang lain.”
Rasulullah saw bersabda: “Wahai Abu Hurairah, berjalanlah engkau seperti segolongan orang yang tidak takut ketika manusia ketakutan di hari kiamat. Mereka tidak takut siksa api neraka ketika manusia takut.
Mereka menempuh perjalanan yang berat sampai mereka menempati tingkatan para nabi. Mereka suka berlapar, berpakaian sederhana dan haus, meskipun mereka mampu. Mereka lakukan semua itu demi untuk mendapatkan redha Allah. Mereka tinggalkan rezeki yang halal kerana akan amanahnya. Mereka bersahabat dengan dunia hanya dengan badan mereka, tetapi mereka tidak tertipu oleh dunia.
Ibadah mereka menjadikan para malaikat dan para nabi sangat kagum. Sungguh amat beruntung mereka, alangkah senangnya jika aku dapat bertemu dengan mereka.” Kemudian Rasulullah saw menangis kerana rindu kepada mereka. Dan beliau bersabda: “Jika Allah hendak menyiksa penduduk bumi, kemudian Dia melihat mereka, maka Allah akan menjauhkan siksaNya. Wahai Abu Hurairah, hendaknya engkau menempuh jalan mereka, sebab siapapun yang menyimpang dari penjalanan mereka, maka ia akan mendapati siksa yang berat.”
6. Mereka selalu terhindar ketika ada bencana.
Dari Ibnu Umar ra, katanya:
“Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya Allah mempunyai hamba-hamba yang diberi makan dengan rahmatNya dan diberi hidup dalam afiyahNya, jika Allah mematikan mereka, maka mereka akan dimasukkan ke dalam syurgaNya. Segala bencana yang tiba akan lenyap secepatnya di hadapan mereka, seperti lewatnya malam hari di hadapan mereka, dan mereka tidak terkena sedikitpun oleh bencana yang datang.”
Rujukan:-
Hadis riwayat Ibnu Abi Dunya di dalam kitab Al Auliya’
Hadis riwayat Abu Hu’aim dalam kitab Al Hilya
Hadis riwayat Abu Nu’aim dalam kitab Al Hilya jilid I hal 6
7. Hati mereka selalu terkait kepada Allah.
Imam Ali Bin Abi Thalib berkata kepada Kumail An Nakha’i: “Bumi ini tidak akan kosong dari hamba-hamba Allah yang menegakkan agama Allah dengan penuh keberanian dan keikhlasan, sehingga agama Allah tidak akan punah dari peredarannya. . Akan tetapi, berapakah jumlah mereka dan dimanakah mereka berada? Kiranya hanya Allah yang mengetahui tentang mereka.
Demi Allah, jumlah mereka tidak banyak, tetapi nilai mereka di sisi Allah sangat mulia. Dengan mereka, Allah menjaga agamaNya dan syariatNya, sampai dapat diterima oleh orang-orang seperti mereka. Mereka menyebarkan ilmu dan ruh keyakinan. Mereka tidak suka kemewahan, mereka senang dengan kesederhanaan. Meskipun tubuh mereka berada di dunia, tetapi rohaninya membumbung ke alam malakut. Mereka adalah khalifah-khalifah Allah di muka bumi dan para da’i kepada agamaNya yang lurus. Sungguh, betapa rindunya aku kepada mereka.”
8. Mereka senang bermunajat di akhir malam.
Imam Ghazali menyebutkan: “Allah pernah memberi ilham kepada para siddiq: “Sesungguhnya ada hamba-hambaKu yang mencintaiKu dan selalu merindukan Aku dan Akupun demikian. Mereka suka mengingatiKu dan memandangKu dan Akupun demikian. Jika engkau menempuh jalan mereka, maka Aku mencintaimu. Sebaliknya, jika engkau berpaling dari jalan mereka, maka Aku murka kepadamu. ”
Tanya seorang siddiq: “Ya Allah, apa tanda-tanda mereka?” Firman Allah: “Di siang hari mereka selalu menaungi diri mereka, seperti seorang pengembala yang menaungi kambingnya dengan penuh kasih sayang, mereka merindukan terbenamnya matahari, seperti burung merindukan sarangnya. Jika malam hari telah tiba tempat tidur telah diisi oleh orang-orang yang tidur dan setiap kekasih telah bercinta dengan kekasihnya, maka mereka berdiri tegak dalam solatnya. Mereka merendahkan dahi-dahi mereka ketika bersujud, mereka bermunajat, menjerit, menangis, mengadu dan memohon kepadaKu. Mereka berdiri, duduk, ruku’, sujud untukKu. Mereka rindu dengan kasih sayangKu.
Mereka Aku beri tiga kurniaan: Pertama, mereka Aku beri cahayaKu di dalam hati mereka, sehingga mereka dapat menyampaikan ajaranKu kepada manusia. Kedua, andaikata langit dan bumi dan seluruh isinya ditimbang dengan mereka, maka mereka lebih unggul dari keduanya. Ketiga, Aku hadapkan wajahKu kepada mereka. Kiranya engkau akan tahu, apa yang akan Aku berikan kepada mereka?”
Rujukan:-
Nahjul Balaghah hal 595 dan Al Hilya jilid 1 hal.. 80
Ihya’ Ulumuddin jilid IV hal 324 dan Jilid I hal 358
9. Mereka suka menangis dan mengingat Allah.
‘Iyadz ibnu Ghanam menuturkan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: “Malaikat memberitahu kepadaku: “Sebaik-baik umatku berada di tingkatan-tingkatan tinggi. Mereka suka tertawa secara terang, jika mendapat nikmat dan rahmat dari Allah, tetapi mereka suka menangis secara rahsia, kerana mereka takut mendapat siksa dari Allah. Mereka suka mengingat Tuhannya di waktu pagi dan petang di rumah-rumah Tuhannya.
Mereka suka berdoa dengan penuh harapan dan ketakutan. Mereka suka memohon dengan tangan mereka ke atas dan ke bawah. Hati mereka selalu merindukan Allah. Mereka suka memberi perhatian kepada manusia, meskipun mereka tidak dipedulikan orang. Mereka berjalan di muka bumi dengan rendah hati, tidak congkak, tidak bersikap bodoh dan selalu berjalan dengan tenang. Mereka suka berpakaian sederhana. Mereka suka mengikuti nasihat dan petunjuk Al Qur’an. Mereka suka membaca Al Qur’an dan suka berkorban. Allah suka memandangi mereka dengan kasih sayangNya.
Mereka suka membahagikan nikmat Allah kepada sesama mereka dan suka memikirkan negeri-negeri yang lain. Jasad mereka di bumi, tapi pandangan mereka ke atas. Kaki mereka di tanah, tetapi hati mereka di langit. Jiwa mereka di bumi, tetapi hati mereka di Arsy. Roh mereka di dunia, tetapi akal mereka di akhirat. Mereka hanya memikirkan kesenangan akhirat. Dunia dinilai sebagai kubur bagi mereka. Kubur mereka di dunia, tetapi kedudukan mereka di sisi Allah sangat tinggi. Kemudian beliau menyebutkan firman Allah yang artinya: “Kedudukan yang setinggi itu adalah untuk orang-orang yang takut kepada hadiratKu dan yang takut kepada ancamanKu.”
10. Jika mereka berkeinginan, maka Allah memenuhinya.
Dari Anas ibnu Malik ra berkata: “Rasul saw bersabda: “Berapa banyak manusia lemah dan dekil yang selalu dihina orang, tetapi jika ia berkeinginan, maka Allah memenuhinya, dan Al Barra’ ibnu Malik, salah seorang di antara mereka.”
Ketika Barra’ memerangi kaum musyrikin, para sahabat: berkata: “Wahai Barra’, sesungguhnya Rasulullah saw pernah bersabda: “Andaikata Barra’ berdoa, pasti akan terkabul. Oleh kerana itu, berdoalah untuk kami.” Maka Barra’ berdoa, sehingga kami diberi kemenangan.
Di medan peperangan Sus, Barra’ berdo’a: “Ya Allah, aku mohon, berilah kemenangan kaum Muslimin dan temukanlah aku dengan NabiMu.” Maka kaum Muslimin diberi kemenangan dan Barra’ gugur sebagai syahid.
Rujukan:-
Hadis riwayat Abu Nu’aim dalam Hilya jilid I, hal 16
11. Keyakinan mereka dapat menggoncangkan gunung.
Abdullah ibnu Mas’ud pernah menuturkan:
“Pada suatu waktu ia pernah membaca firman Allah: “Afahasibtum annamaa khalaqnakum ‘abathan”, pada telinga seorang yang pengsan. Maka dengan izin Allah, orang itu segera sedar, sehingga Rasuulllah saw bertanya kepadanya: “Apa yang engkau baca di telinga orang itu?” Kata Abdullah: “Aku tadi membaca firman Allah: “Afahasibtum annamaa khalaqnakum ‘abathan” sampai akhir surah.” Maka Rasul saw bersabda: “Andaikata seseorang yakin kemujarabannya dan ia membacakannya kepada suatu gunung, pasti gunung itu akan hancur.”
– Hadis riwayat Abu Nu’aim dalam Al Hilya jilid I hal 7
PEMBAHAGIAN WALI-WALI ALLAH
1. Al-Aqtab
Al Aqtab berasal dari kata tunggal Al Qutub yang mempunyai erti penghulu. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa Al Aqtab adalah darjat kewalian yang tertinggi. Jumlah wali yang mempunyai darjat tersebut hanya terbatas seorang saja untuk setiap masanya. Seperti Abu Yazid Al Busthami dan Ahmad Ibnu Harun Rasyid Assity. Di antara mereka ada yang mempunyai kedudukan di bidang pemerintahan, meskipun tingkatan taqarrubnya juga mencapai darjat tinggi, seperti para Khulafa’ur Rasyidin, Al Hasan Ibnu Ali, Muawiyah Ibnu Yazid, Umar Ibnu Abdul Aziz dan Al Mutawakkil.
2. Al-A immah
Al Aimmah berasal dari kata tunggal imam yang mempunyai erti pemimpin. Setiap masanya hanya ada dua orang saja yang dapat mencapai darjat Al Aimmah. Keistimewaannya, ada di antara mereka yang pandangannya hanya tertumpu ke alam malakut saja, ada pula yang pandangannya hanya tertumpu di alam malaikat saja.
3. Al-Autad
Al Autad berasal dari kata tunggal Al Watad yang mempunyai erti pasak. Yang memperoleh darjat Al Autad hanya ada empat orang saja setiap masanya. Kami menjumpai seorang di antara mereka dikota Fez di Morocco. Mereka tinggal di utara, di timur, di barat dan di selatan bumi, mereka bagaikan penjaga di setiap pelusuk bumi.
4. Al-Abdal
Al Abdal berasal dari kata Badal yang mempunyai erti menggantikan. Yang memperoleh darjat Al Abdal itu hanya ada tujuh orang dalam setiap masanya. Setiap wali Abdal ditugaskan oleh Allah swt untuk menjaga suatu wilayah di
bumi ini. Dikatakan di bumi ini mempunyai tujuh daerah. Setiap daerah dijaga oleh seorang wali Abdal. Jika wali Abdal itu meninggalkan tempatnya, maka ia akan digantikan oleh yang lain. Ada seorang yang bernama Abdul Majid Bin Salamah pernah bertanya pada seorang wali Abdal yang bernama Muaz Bin Asyrash, amalan apa yang dikerjakannya sampai ia menjadi wali Abdal? Jawab Muaz Bin Asyrash: “Para wali Abdal mendapatkan darjat tersebut dengan empat kebiasaan, yaitu sering lapar, gemar beribadah di malam hari, suka diam dan mengasingkan diri”.
5. An-Nuqaba’
An Nuqaba’ berasal dari kata tunggal Naqib yang mempunyai erti ketua suatu kaum. Jumlah wali Nuqaba’ dalam setiap masanya hanya ada dua belas orang. Wali Nuqaba’ itu diberi karamah mengerti sedalam-dalamnya tentang hukum-hukum syariat. Dan mereka juga diberi pengetahuan tentang rahsia yang tersembunyi di hati seseorang. Selanjutnya mereka pun mampu untuk meramal tentang watak dan nasib seorang melalui bekas jejak kaki seseorang yang ada di tanah. Sebenarnya hal ini tidaklah aneh. Kalau ahli jejak dari Mesir mampu mengungkap rahsia seorang setelah melihat bekas jejaknya. Apakah Allah tidak mampu membuka rahsia seseorang kepada seorang waliNya?
6. An-Nujaba’
An Nujaba’ berasal dari kata tunggal Najib yang mempunyai erti bangsa yang mulia. Wali Nujaba’ pada umumnya selalu disukai orang. Dimana sahaja mereka mendapatkan sambutan orang ramai. Kebanyakan para wali tingkatan ini tidak merasakan diri mereka adalah para wali Allah. Yang dapat mengetahui bahawa mereka adalah wali Allah hanyalah seorang wali yang lebih tinggi darjatnya. Setiap zaman jumlah mereka hanya tidak lebih dari lapan orang.
7. Al-Hawariyun
Al Hawariyun berasal dari kata tunggal Hawariy yang mempunyai erti penolong. Jumlah wali Hawariy ini hanya ada satu orang sahaja di setiap zamannya. Jika seorang wali Hawariy meninggal, maka kedudukannya akan di-ganti orang lain. Di zaman Nabi hanya sahabat Zubair Bin Awwam saja yang mendapatkan darjat wali Hawariy seperti yang dikatakan oleh sabda Nabi:
“Setiap Nabi mempunyai Hawariy. Hawariyku adalah Zubair ibnul Awwam”.
Walaupun pada waktu itu Nabi mempunyai cukup banyak sahabat yang setia dan selalu berjuang di sisi beliau. Tetapi beliau saw berkata demikian, kerana beliau tahu hanya Zubair sahaja yang meraih darjat wali Hawariy. Kelebihan seorang wali Hawariy biasanya seorang yang berani dan pandai berhujjah.
Wallahualam

Kamis, 18 Januari 2018

*SUAMI DAN KERIDHOANNYA*


Ada seorang ibu, mau cerai dari suaminya. Lalu dia diskusi panjang dengan saya....
+ Pak Ustadz, sy sudah ga kuat dengan suami saya. Saya mau cerai saja...
-: emangnya kenapa bu?
+ ya suami saya udah ga ada kerjanya, ga kreatif, ga bisa jadi pemimpin untuk anak-anak. Nanti gimana anak-anak saya kalau ayahnya modelnya kayak begitu. Saya harus cari nafkah cape-cape dia santai aja di rumah.
-: oh gitu, cuma itu aja?
+ sebenarnya masih banyak lagi, tapi ya itu mungkin sebab yang paling utama.
-: oooh... iya... mau tahu pandangan saya ga bu?
+ boleh Pak Ustadz.
-: gini... ibarat orang punya kulkas, tapi dipakainya untuk lemari pakaian, ya akhirnya ga bakal puas dengan produk kulkas tersebut. Sudahlah ga muat banyak, ga ada gantungan pakaiannya, ga ada lacinya, ga bisa dikunci, malah boros listrik...
Nah... itulah kalau kita pakai produk ga sesuai fungsi. Sebagus apapun produknya kalau dipakai tidak sesuai peruntukannya ya ga akan puas.
+ Mmm... terus apa hubungannya sama suami saya?
-: ya... ibu berharap banget suami ibu jalankan fungsi yang sekunder, bahkan tersier barangkali. Tapi fungsi primernya ga dipakai.
+ saya ga berharap lebih koq pak Ustadz. Sy cuma pengen dia nafkahi keluarga dengan baik. Saya cuma pengen dia jadi pemimpin yang baik.
-: iya... itu mah cuma fungsi sampingan dari suami. Sayang atuh suami cuma diharapkan jadi begitu aja. Fungsi primernya yang paling utama malah ga ibu harapkan dan kejar.
+ mmm... emang apa fungsi primernya seorang suami?
*-: Fungsi primer suami ibu itu adalah untuk jadi tameng bagi dosa-dosa ibu di neraka.*
Saat ibu dapat ridho dari suami, maka... semua dosa-dosa ibu langsung dimaafkan sama Allah atas keridhoan suami ibu.
Jadi, seorang suami duduk diem aja, itu sangat manfaat untuk ibu, tinggal ibu aja gunakan fungsinya dengan maksimal. Lakukan apapun yang terbaik yang ibu bisa lakukan untuk dapatkan ridho suami.
Dalam sebuah hadits shohih disebutkan “ayyuman roatin maatat wa zaujuha ‘anha roodhin dakholatil jannah”
Yang artinya “Seorang istri meninggal dunia dan suaminya ridho sepenuhnya kepadanya, maka langsung masuk syurga”
Selebihnya, itu cuma fungsi-fungsi sekunder dari suami. Kejar dulu yang utama ini.
Suami ga kerja ya ga apa-apa... yang penting sudah jadi suami ibu. Jangan lepaskan, jangan dicerai. Biarkan dia jadi tameng saja bagi neraka.
Kalau cerai, nanti ibu langsung berhadapan dengan api neraka. Dosa-dosa ibu ga ada yang menghapusnya, kecuali amalan ibu sangat spesial dan udah ga ada dosa sama sekali.
Ibu tinggal cari ridhonya suami. Kalau memang ibu yang cari nafkah ya ga papa. Semua harta yang ibu berikan ke anak dan rumah tangga itu semuanya terhitung sedekah yang sangat mulia. Jauh lebih mulia daripada sedekah ke anak yatim.
+ koq bisa lebih mulia dari anak yatim?
-: ya karena anak yatim ini bukan bagian dari hidup ibu. Memberikannya adalah sedekah yang hukumnya sunnah. Sementara suami, sudah terikat dengan akad nikah, sudah menjadi bagian dari ibu.
Silahkan dibagi sedekah untuk orang lain dengan sedekah untuk keluarga, tapi yang untuk keluarga, itu yang lebih utama.
+ Tapi... kalau suami zhalim bagaimana? Bahkan KDRT ke keluarga?
-: ya ga papa juga... tetap pertahankan. Karena semua perbuatan zhalim akan kembali kepada yang melakukannya. Suami akan menanggung akibat KDRT yang dilakukannya. Siksaan Allah sangat pedih bagi suami yang tega menyakiti keluarganya.
Sementara... Ibu fokus aja terus cari ridhonya suami.
Pernah dengar? Istrinya Fir’aun masuk syurga? Apa kurangnya coba Fir’aun melakukan KDRT? Bukan hanya ke sang istri, Fir’aun bahkan tega membunuh bayi-bayi.
Ke istrinya Asiyah, Fir’aun menyiksanya dan bahkan membunuhnya. Doa terakhir Asiyah diabadikan oleh Allah di dalam Al-Qur’an.
Dia tidak meminta Fir’aun di adzab. Dia hanya meminta imbalan atas kesabarannya “ya Tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam syurga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang zalim” (66 : 11)
+ ya Allah... Pak Ustadz... terimakasih atas diskusinya. Lalu apa yang harus saya lakukan?
-: ibu mau ikuti games dari saya?
+ Apa itu Pak Ustadz?
-: Lakukan ini selama 7 hari saja... setiap malam , tanyakan ke suami, “abang, berapa persen ridhonya abang sama aku hari ini?”
Kalau dia jawab 95%... jangan tidur. Lakukan apapun untuk membuatnya menjawab sampai 100%. Mungkin dipijitin, mungkin dibuatkan makanan, teh, hidangkan buah, apapun... sampai dia mau jawab 100%. Baru setelah dia jawab “iya, aku ridho sama kamu 100%” nah silahkan tidur....
Lakukan selama 7 hari dan rasakan kenikmatan dan kebahagiaan yang akan ibu dapatkan.
+ siap pak Ustadz
-: Semoga Allah muliakan ibu dan suami.
+ Aaaamiin ya Rabb... trmksh Pak Ustadz...
*****
BARU 5 HARI BERLALU
+ Pak Ustadz.... ya Allah... terimakasih banyak... saya ga tahu mau ngomong apa sama Pak Ustadz... terimakasih sudah merubah hidup saya... hanya Allah yang bisa memuliakan Pak Ustadz dan keluarga...
-: Alhamdulillah... gimana, gamesnya dijalankan?
+ Iya Pak Ustadz... dan saya rasakan saya lebih bahagia sekarang. Ini suami juga sudah mulai inisiatif cari kerjaan... walaupun belum dapat, saya sudah cukup bahagia Pak Ustadz, dia mau bantuin saya nganter kemana-mana.... ya Allah... enak banget Pak Ustadz...
-: Alhamdulillah...
+ Saya mau terusin gamesnya, ga 7 hari... mau selama-lamanya boleh Pak Ustadz...?
-
: Buoleh banget... lakukan sampai salah satu dari ibu atau suami, dijemput malaikat dengan husnul Khotimah...
+ Huhuhu... makasiiiiih Pak Ustaaadz...
-: Sama-sama...

Rabu, 17 Januari 2018

Berselawat ke atas Nabi Muhammad S.A.W.

Allahumma Salli Ala Sayyidina Muhammad wa’ala ali sayyidina Muhammad….
Sheikh Abdul Qadir Al-Jilani Al-Hasani menyatakan tentang kelebihan berselawat ke atas Nabi Muhammad s.a.w. di dalam kitabnya al-Safinah al-Qadiriyyah. Beliau meriwayatkan daripada Ibnu Farhun berkata: Berselawat kepada Nabi Muhammad s.a.w. itu mempunyai empat puluh dua kelebihan. Hal ini tertulis di dalam kitabnya ‘Hadaiq al-Anwar’:
1. Melaksanakan perintah Allah.
2. Bersamaan dengan selawat Allah kepada Rasulullah s.a.w.
3. Bersamaan dengan selawat para malaikat.
4. Mendapat ganjaran sepuluh kali selawat daripada Allah atas setiap kali selawat yang diucapkan (selawat daripada Allah bererti rahmat).
5. Dikurniakan oleh Allah sepuluh darjat atas tiap-tiap satu selawat.
6. Dituliskan oleh malaikat sepuluh kebaikan atas setiap selawat.
7. Dihapuskan oleh Allah sepuluh kejahatan atas setiap selawat.
8. Segala doa akan diperkenankan oleh Allah.
9. Mendapat syafaat daripada Rasulullah s.a.w.
10. Mendapat keampunan Allah serta akan ditutup segala keaiban.
11. Allah akan menutupi segala dukacita.
12. Dikurniakan maqam hampir kepada Rasulullah s.a.w.
13. Mendapat darjat al-Sidq.
14. Ditunaikan segala hajat.
15. Salam sejahtera pada hari kiamat.
16. Allah dan para malaikat akan berselawat ke atas individu yang berselawat.
17. Mendapat khabar gembira daripada Allah dengan balasan syurga.
18. Salam sejahtera pada huru-hara hari kiamat.
19. Rasulullah s..a.w. akan menjawab secara langsung ke atas setiap selawat yang dibacakan.
20. Mudah mengingat semula perkara-perkara yang lupa.
21. Mendapat kedudukan yang baik pada hari kiamat serta tidak akan kecewa pada hari itu.
22. Tidak akan merasai fakir.
23. Terpelihara daripada dihinggapi sifat bakhil.
24. Mendapat kesejahteraan daripada doa Rasulullah s.a.w. kepada yang berselawat.
25. Selawat akan menjemput setiap pengucapanya ke jalan syurga.
26. Menjauhkan seseorang itu daripada terlibat dalam majlis-majlis yang tidak disebut padanya nama Allah dan Rasul-Nya atau daripada majlis-majlis lagha.
27. Berselawat menyempurnakan kalam pujian Allah apabila disebut (di dalam doa), maka akan disambut selepas itu dengan kalimah selawat ke atas Nabi Muhammad s.a.w.
28. Selamat melintasi titian Sirat al-Mustaqim pada hari kiamat.
29. Disambut oleh Allah pada hari kiamat dengan kata-kata pujian yang lunak.
30. Mendapat balasan rahmat yang luas daripada Allah.
31. Mendapat keberkatan daripada Allah.
32. Mendapat kesempurnaan iman.
33. Kasih dan cinta kepada Rasulullah s.a.w.
34. Mendapat hidayah Allah dan dikurniakan hati yang sentiasa hidup mengingati Allah.
35. Setiap selawat yang dibaca akan dibentangkan di hadapan Rasulullah s.a.w. secara langsung.
36. Teguh pendirian dengan kebenaran.
37. Berselawat bererti kita menggunakan sebahagian hak-hak Rasulullah s.a.w. ke atas diri kita. Di samping itu ianya dianggap sebagai mensyukuri nikmat Allah yang mengurniakan dan mengutuskan Rasulullah s.a.w. kepada kita.
38. Berselawat juga bererti zikrullah, bersyukur serta mengikut segala nikmat yang dikurniakan oleh Allah.
39. Berselawat bererti melengkapkan pengertian berdoa dan memohon kepada Allah, ke atas Rasulullah s.a.w. dan kepada diri sendiri.
40. Antara kelebihan yang paling hebat kepada setiap individu ialah akan terjelma gambaran Rasulullah s.a.w. di dalam jiwanya.
41. Dikurniakan oleh Allah maqam seorang Syeikh dan Murabbi.
42. Mendapat kebahagiaan, ketenangan hidup didunia dan akhirat.
Firman Allah Ta’ala yang bermaksud: “Sesungguhnya Allah dan malaikatNya berselawat (memberi segala penghormatan dan kebaikan) kepada Nabi (Muhammad s.a.w); wahai orang-orang yang beriman berselawatlah kamu kepadanya serta ucapkanlah salam sejahtera dengan penghormatan yang sepenuhnya.” (Surah Al-Ahzaab 33:56)
Wallahu’alam...
Boleh Rujuk:
– Al-Quran & Hadis
– Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM)
– Buku 60 Kisah Bertemu Rasulullah s.a.w



SYARAH HADIS JIBRIL TENTANG ISLAM, IMAN DAN IHSAN


عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَيْضًا قَالَ : بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم ذَاتَ يَوْمٍ إِذْ طَلَعَ عَلَيْنَا رَجُلٌ شَدِيْدُ بَيَاضِ الثِّيَابِ شَدِيْدُ سَوَادِ الشَّعْرِ, لاَ يُرَى عَلَيْهِ أَثَرُ السَّفَرِ وَلاَ يَعْرِفُهُ مِنَّا أَحَدٌ, حَتَّى جَلَسَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم, فأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى رُكْبَتَيْهِ, وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذَيْهِ, وَ قَالَ : يَا مُحَمَّدُ أَخْبِرْنِيْ عَنِ الإِسْلاَمِ, فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم : اَلإِسْلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَإِ لَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ, وَتُقِيْمُ الصَّلاَةَ, وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ, وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ, وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً. قَالَ : صَدَقْتُ. فَعَجِبْنَا لَهُ يَسْئَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ. قَالَ : فَأَخْبِرْنِيْ عَنِ الإِيْمَانِ, قَالَ : أَنْ بِاللهِ, وَمَلاَئِكَتِهِ, وَكُتُبِهِ, وَرُسُلِهِ, وَالْيَوْمِ الآخِرِ, وَ تُؤْمِنَ بِالْقَدْرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ. قَالَ : صَدَقْتَ. قَالَ : فَأَخْبِرْنِيْ عَنِ الإِحْسَانِ, قَالَ : أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ. قَالَ : فَأَخْبِرْنِيْ عَنِ السَّاعَةِ قَالَ : مَا الْمَسْؤُوْلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ. قَالَ : فَأَخْبِرْنِيْ عَنْ أَمَارَاتِهَا, قَالَ : أَنْ تَلِدَ الأَمَةُ رَبَّتَهَا, وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُوْنَ فِيْ الْبُنْيَانِ, ثم اَنْطَلَقَ, فَلَبِثْتُ مَلِيًّا, ثُمَّ قَالَ : يَا عُمَرُ, أَتَدْرِيْ مَنِ السَّائِل؟ قُلْتُ : اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَعْلَمُ. قَالَ : فَإِنَّهُ جِبْرِيْلُ
 أَتَاكُمْ يُعَلِّمُكُمْ دِيْنَكُمْ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Umar bin Khattab Radhiallahu anhu berkata :
Suatu ketika, kami (para sahabat) duduk dekat Rasululah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tiba-tiba muncul kepada kami seorang lelaki mengenakan pakaian yang sangat putih dan rambutnya amat hitam. Tak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan, dan tak ada seorang pun di antara kami yang mengenalnya. Ia segera duduk di hadapan Nabi, lalu lututnya disandarkan kepada lutut Nabi dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua paha Nabi, kemudian ia berkata : “Hai, Muhammad! Beritahukan kepadaku tentang Islam.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,”Islam adalah, engkau bersaksi tidak ada yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah Rasul Allah; mendirikan sholat; menunaikan zakat; berpuasa di bulan Ramadhan, dan engkau menunaikan haji ke Baitullah, jika engkau telah mampu melakukannya,” lelaki itu berkata,”Engkau benar,” maka kami hairan, ia yang bertanya ia pula yang membenarkannya.
Kemudian ia bertanya lagi: “Beritahukan kepadaku tentang Iman”.
Nabi menjawab,”Iman adalah, engkau beriman kepada Allah; malaikatNya; kitab-kitabNya; para RasulNya; hari Akhir, dan beriman kepada takdir Allah yang baik dan yang buruk,” ia berkata, “Engkau benar.”

Dia bertanya lagi: “Beritahukan kepadaku tentang ihsan”.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,”Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya. Kalaupun engkau tidak melihatNya, sesungguhnya rasakan yang Dia melihatmu.”

Lelaki itu berkata lagi : “Beritahukan kepadaku bila terjadi Kiamat?”
Nabi menjawab,”Yang ditanya tidaklah lebih tahu daripada yang bertanya.”
Dia pun bertanya lagi : “Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya!”
Nabi menjawab,”Jika seorang budak wanita telah melahirkan tuannya; jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (miskin papa) serta manusia saling berlumba² dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi.”
Kemudian lelaki tersebut segera pergi. Aku pun terdiam, sehingga Nabi bertanya kepadaku : “Wahai, Umar! Tahukah engkau, siapa yang bertanya tadi?”
Aku menjawab,”Allah dan RasulNya lebih mengetahui,” Beliau bersabda,”Dia adalah Jibril yang mengajarkan kalian tentang agama kalian.” [HR Muslim,]
TAKRIJ HADIS

Hadis ini secara lengkap diriwayatkan oleh Imam Muslim, dan diriwayatkan juga oleh Imam Ahmad, Abu Daud, at Tirmidzi, an Nasaa-i, Ibnu Majah, Ibnu Mandah dalam al Iman, ath Thoyalisi, Ibnu Hibban , al Aajurri dalam asy Syari’ah, Abu Ya’la, al Baghawi dalam Syarhus Sunnah, al Marwazi dalam Ta’zhim Qadris Shalat, ‘Abdullah bin Ahmad dalam as Sunnah , al Bukhari dalam Khalqu Af’aalil ‘Ibaad (190), Ibnu Khuzaimah dari sahabat Ibnu ‘Umar dari ayahnya ‘Umar bin Khathab.
Hadis ini mempunyai syawahid (penguat) dari lima orang sahabat. Mereka disebutkan oleh al Hafizh Ibnu Hajar al ‘Asqalani dalam Fathul Baari (I/115-116), yaitu :
– Abu Dzar al Ghifari (HR Abu Dawud dan Nasaa-i).
– Ibnu ‘Umar (HR Ahmad, Thabrani, Abu Nu’aim).
– Anas (HR Bukhari dalam kitab Khalqu Af’aalil Ibaad).
– Jarir bin ‘Abdullah al Bajali (HR Abu ‘Awanah).
– Ibnu ‘Abbas dan Abu Amir al ‘Asy’ari (HR Ahmad, sanadnya hasan)

hadis mutawatir tidak banyak, wajib diibadahi..
ianya asas tunjang bagi muslimin muslimat, dan kata Prof dr abdullah muhamad basmeih, jika tiada salah satu ni maka rosakklah akidah seseorang..
Qadhi ‘Iyaadh (wafat th. 544 H) berkata : “Hadits ini mencakup penjelasan semua amal ibadah yang zhahir maupun bathin, di antaranya ikatan iman, perbuatan anggota badan, keikhlasan, menjaga diri dari perosak-perosak amal. Bahkan ilmu-ilmu syari’at, semuanya kembali kepada hadis ini dan merupakan pecahannya”.
Beliau melanjutkan: “Atas dasar hadis ini dan ketiga macamnya, aku menulis kitab yang aku namakan al Maqooshid al Hisaan fii ma Yalzamul Insaan. kerana tidak menyimpang dari yang wajib, sunnah, anjuran, peringatan, makruh dari ketiga macamnya. Wallahu a’lam. [Syarah Shahih Muslim I/158].

Imam Nawawi (wafat th. 676 H) berkata,”Ketahuilah, bahwa hadis ini menghimpun berbagai macam ilmu, pengetahuan, adab, dan kelemah-lembutan. Bahkan hadis ini merupakan pokok Islam, seperti yang kami riwayatkan dari Qadhi ‘Iyaadh. [Ibid. I/160].
Imam al Qurthubi (wafat th. 671 H) berkata,”Hadis ini layak disebut sebagai Ummus Sunnah (induk hadis), kerana mengandung ilmu hadis.” [Fathul Baari I/125].


4 (empat) HAWA NAFSU

Pada jasmani kita (manusia) , ada 4 kelompok HAWA NAFSU yaitu:
1. NAFSU AMARAH
yang bentuk perwujudannya berupa sifat marah, dengki, ujub dan syirik.
_
Nafsu ini sumbernya di TELINGA yang dapat timbul melalui hantaran pendengaran.
_
(2 lubang Telinga, disimbolkan pintu Umar bin Khatab)
-----------------------------------------------------------------------------------------------
2. NAFSU LAWAMAH
yang termanifestasikan dalam bentuk sifat rakus, tamak, loba dan malas.
_
Nafsu ini sumbernya di MULUT yang dapat dimbul melalui hantaran pengucapan atau peengecapan.
_
(1 lubang mulut disimbolkan pintu Ali bin Thalib)
-----------------------------------------------------------------------------------------------
3. NAFSU SUFIYAH
yang termanifestasikan dalam bentuk sifat cinta, kekaguman, dan keindahan.
_
Nafsu tersebut berada pada MATA yang akan timbul melalui hantaran penglihatan.
_
(2 lubang mata disimbolkan pintu Usman bin Affan)
-----------------------------------------------------------------------------------------------
4. NAFSU MUTHMAINAH
yang termanifestasikan dalam sifat ketenangan dan kedamaian.
_
Nafsu tersebut berada di HIDUNG yang dapat timbul melalui hantaran pernafasan.
_
(2 lubang hidung disimbolkan pintu Abu Bakar)
------------------------------------------------------------------------------------------------
Ke 4 (empat) NAFSU yang termanifestaasikan dalam bentuk pendengaran, pengucapan (pengecapan), penglihatan dan pernafasan, pada akhirnya akan menimbulkan “HAWA” yang berbentuk RASA JASMANI yakni
Rasa Pendengaran.
Rasa Pengecapan atau pengucapan
Rasa Penglihatan
Rasa Pernafasan atau penciuman
Semua bentuk “RASA” tersebut bersifat ghaib atau bathin yang tidak berwujud tetapi bisa dirasakan keberadaannya.
_
Ke-empat RASA dari NAFSU tersebut dapat dimatikan maupun dihidupkan, tergantung dari bagaimana kita menutup atau membuka “pintu” keluar masuknya RASA dari Sumber NAFSU tersebut.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Cara menutup pintu HAWA NAFSU tersebut, dengan mempergunakan “alat” yang telah diberikan oleh ALLAH kepada setiap manusia, sesuai firman ALLAH :
“Carilah Akhirat dengan “alat” yang telah Kami anugerahkan kepadamu dan janganlah kamu lupakan kenikmatan dunia” (QS Al Qashash 28: 77)
_
“Tatkala aku berada di sisi Rasulullah Saw, tiba-tiba beliau bertanya : Adakah orang asing diantara kamu ?” lantas beliau memerintahkan supaya pintu di tutup dan bersabda “Angkat tangan kamu” (HR Al Hakim)
_
“Tutup pintumu dan ingatlah ALLAH ”. (HR Bukhari).
_
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas dari Nabi saw ” Tutuplah seluruh pintu-pintu kecuali pintu Abu Bakar.”
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Prosesi “menutup pintu” HAWA NAFSU yang ada pada kepala manusia, inilah yang dinamakan dengan “Takbiratul Ihram”, (Takbir Larangan) yang mempunyai arti bahwa ketika kita mengangkat kedua telapak tangan kita saat mengawali SHOLAT, kita diharamkan atau dilarang untuk melakukan aktifitas inderawi seperti mendengar, melihat, dan berbicara kecuali BERNAFAS (simbol pintu Abu Bakar), karena kita sedang berhadapan dengan ALLAH Swt (bertawajuh).
_
Hal ini sesuai dengan firmanNYA yang artinya,
“Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada RABB yang menciptakan langit dan bumi, dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan”. (QS Al An’am 6: 79)
_
Ayat di atas merupakan pernyataan setiap kali kita SHOLAT, bahwa kita menyadari sedang menghadapkan wajah kita kepada ALLAH , yang Maha Suci (bertawajuh).
_
Kemudian dilanjutkan dengan penegasan bahwa
“Sholatku, Ibadahku, Hidupku dan Matiku semata-mata hanya untuk Allah semata”.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Jika keadaan ini terjadi, tak mungkin akal kita berkeliaran tak terkendali mengingat selain ALLAH . Kita juga tidak akan melakukan perbuatan yang melanggar tuntunan ALLAH .
_
“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab dan dirikan sholat. Sesungguhya sholat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat ALLAH dalam (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah lain)” (QS Al Ankabut 29: 45)
ALLAH memberikan gelar kepada orang yang SHOLAT tidak sesuai dengan ikrar/sumpahnya sebagai SHOLATnya orang munafik.
_
“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu ALLAH dan ALLAH akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk Sholat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan sholat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka dzikrullah (menyebut ALLAH ) kecuali hanya sedikit sekali” (QS An-Nisa 4: 142)
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Ketika melakukan SHOLAT,
ada kalanya mengalami rasa jenuh dan tidak kusyu’, padahal dalam doa iftitah kita telah berikrar bahwa kita sedang menghadapkan wajah kita kepada ALLAH
Hal ini terjadi karena tidak mengetahui bagaimana cara melakukan Takbiratul Ihram dengan baik.
_
Nabi Muhammad Saw bersabda, bahwa “SHOLAT itu adalah mi’rajnya orang-orang mukmin”. Yaitu naiknya JIWA meninggalkan ikatan NAFSU yang terdapat dalam fisik manusia menuju ke hadirat ALLAH .
_
Apakah kita bisa “bertemu” dengan ALLAH ketika SHOLAT ?
Sebagian orang menanggapi hadits tersebut dengan sikap apriori dan berkeyakinan bahwa manusia tidak mungkin bertemu dengan ALLAH di dunia. Akibatnya kebanyakan orang tak mau pusing mengenai hakikat SHOLAT atau bahkan hanya menganggap SHOLAT sebagai kewajiban yang harus dilakukan tanpa harus memikirkan fungsi dan tujuannya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Dilain pihak ada orang yang melakukan SHOLAT, telah mengerahkan segenap daya untuk mencapai kusyu’, akan tetapi tetap saja pikiran masih menerawang tidak karuan sehingga tanpa disadari sudah keluar dari “kesadaran SHOLAT”.
_
ALLAH telah mengingatkan hal ini, bahwa banyak orang SHOLAT akan tetapi kesadarannya telah terseret keluar dari keadaan SHOLAT itu sendiri, yaitu bergeser NIATnya bukan lagi karena ALLAH .
_
Hal itu terjadi bagi orang yang dalam SHOLATnya tidak menyadari bahwa ia sedang berhadapan dengan Tuhannya sehingga pikirannya melayang liar tanpa kendali.
_
SHOLAT yang demikian adalah SHOLAT yang shahun.
_
Keadaan tersebut bertentangan dengan firman ALLAH yang menghendaki SHOLAT sebagai jalan untuk mengingat ALLAH .
_
“… maka sembahlah AKU dan dirikanlah sholat untuk mengingat AKU” (QS Thaha 20: 14)
“… dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai” (QS Al A’raaf 7: 205)
Inilah rangkaian ayat yang menunjukkan kepada masalah kedalaman ibadah SHOLAT, yaitu untuk mengingat ALLAH, bukan sekedar membungkuk, bersujud dan komat-kamit tiada sadar dengan yang dilakukan.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
SHOLAT yang hanya komat-kamit inilah yang banyak dilakukan orang, sehingga sampai sekarang banyak yang tak mampu mencerminkan watak MUSHALILIN yang sebenarnya, yaitu tercegah dari perbuatan keji dan mungkar.
_
“Jangan engkau mendekati SHOLAT sedang kamu dalam keadaan mabuk (tidak sadar)… “ (QS An nisa 4: 43)
Nahyi (larangan) ditujukan kepada MUSHALILIN agar tidak melakukan SHOLAT jika masih belum sadar bahwa dirinya sedang berhadapan dengan Sang Khaliq. Larangan itu merupakan syarat mutlak dari ALLAH .
_
Coba kita renungkan...,
untuk mendekati saja kita dilarang, apalagi untuk melakukannya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Jika tetap dilakukan maka ALLAH akan murka, yang ditunjukkan dengan sabda-NYA :
“..maka celakalah orang yang SHOLAT, (yaitu) orang-orang yang lalai dalam SHOLATnya dan orang-orang yang berbuat riya” (QS Al-ma’un 107: 4-6)”
_
ALLAH juga memberikan pujian kepada orang-orang mukmin yang khusyu dalam SHOLATnya
_
“Sungguh beruntunglah mereka yang beriman yaitu orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya” (QS Al Mukminun 23: 1-2),
AL-QUR'AN menyebutkan penyebab dicabutnya ILMU KHUSYU’, yaitu karena memperturutkan HAWA NAFSU dan me-LALAI-kan SHOLATnya.
_
Dalam AL-QUR’AN ALLAH juga telah menunjukkan jalan bagi yang mendapatkan kekhusyu’an
_
“Jadikanlah SABAR dan SHOLAT sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-NYA.” (QS Al Baqarah 2: 45-46)
------------------------------------------------------------------------------------------------
Semoga kita dapat merasakan menemui ALLAH, kedekatan dengan ALLAH, mengetahui posisi/derajat kita di sisi ALLAH .
_
Semakin kita dekat dengan ALLAH maka kita akan semakin sibuk dengan Allah, semakin jauh kita dengan ALLAH maka kita akan semakin sibuk dengan diri kita sendiri.
_
Semakin kita dekat dengan ALLAH maka kita yakin bahwa segala keperluan kita didunia, ALLAH akan mencukupkannya,
Sedangkan semakin jauh kita dengan ALLAH maka kita akan “kepayahan” dengan upaya sendiri memenuhi segala keperluan kita di dunia.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Orang yang dekat dengan ALLAH dikenal sebagai orang-orang Arif.
_
Orang-orang Arif adalah orang yang menyibukkan dirinya dengan ALLAH dan hanya melakukan perbuatan jika ALLAH yang berkenan bukan karena keinginan mereka sendiri.
_
Mereka paham bahwa ALLAH memberi mereka sesuatu yang lebih daripada apa yang mereka berikan untuk diri mereka sendiri.
_
Jalan untuk dapat selalu menyibukkan diri dengan ALLAH atau mengetahui apa yang ALLAH berkenan adalah dengan “mengenal” ALLAH , yakni yang kita kenal MAKRIFATULLAH.
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Dengan mengenal ALLAH (MAKRIFATULLAH) maka kita bisa memahami apa yang ALLAH berkenan.
_
ILMU untuk mempelajari tentang MAKRIFATULLAH itulah Ilmu TASAWUF.
_
Untuk mencapai pemahaman orang-orang arif tidak cukup dengan metode pemahaman secara harfiah atau tekstual akan tetapi melalui metode pemahaman yang lebih dalam / maknawi atau dikenal “mengambil pelajaran” dengan hikmah.
------------------------------------------------------------------------------------------------
Sesuai dengan firman ALLAH ,
“ ALLAH menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang AL-QUR’AN dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-NYA. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman ALLAH ).” (Al-Baqarah – 269).