Laman

Selasa, 05 Januari 2016

YANG MEMACU DOSA BESAR


Assalamualaikum wr wb
Sahabatku rahimakumullah,
Sudah menjadi kebiasaan kita, suka memperhatikan yang besar dan meremehkan yang kecil. Padahal yang kecil bisa lebih membahayakan bagi kita. Orang umumnya jatuh tersandung bukan karena batu besar, tapi karena kerikil kecil. Api yang membakar sebuah pabrik besar dimulai oleh percikan api yang kecil.

Demikian pula dengan dosa, banyak orang yang berhasil menghindari dosa yang besar, sementara ia mengumpulkan dosa2 kecil. Padahal Agama mengajarkan kepada kita untuk tidak pernah meremehkan dosa, walau dosa kecil.

Allah SWT berfirman, "Kalian berprasangka itu sepele, padahal di sisi Allah sangatlah besar."(QS An-Nur: 15).

Menurut Ulama, Dosa besar terbilang kecil jika dibandingkan dengan kemurahan Allah. Tetapi, dosa kecil jika dilakukan berulang-ulang akan menjadi besar. "Dosa kecil sama seperti percikan api. Bila dibiarkan, ia bisa membakar sebuah kota."

Dosa kecil juga bisa menjadi Pelopor (Pemicu) terjadinya Dosa besar. Sayyidina Ali kw memberi nasehat bijak,"Seseorang harus memandang DOSA KECIL sebagai PELOPOR (pemacu) DOSA BESAR, dan berusaha menjauhinya sehingga tidak melakukan dosa besar”.

Tentang kecenderungan meremehkan dosa kecil, Ulama besar, Ibnu Atha'illah dlm Taj Al-Arus memberi nasehat : "Hal yang paling ditakutkan merusak dirimu adalah dosa2 kecil. Sebab, bisa jadi engkau takut terhadap dosa-dosa besar hingga langsung bertobat karenanya. Sedangkan, terhadap dosa2 kecil engkau meremehkannya. Hal ini seperti ketika bertemu dengan seekor singa, lalu kemudian diselamatkan oleh Allah dari itu. Kemudian, ketika bertemu dengan 50 ekor serigala, engkau dikalahkan mereka”.

So, jangan pernah remehkan dosa kecil, karena ibarat kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, gunung yang besar itu terdiri dari jutaan atau milyaran batu. Juga jangan pernah remehkan dosa kecil karena dosa kecil itu memacu kita melakukan dosa besar.

Semoga kita dan anak2 keturunan kita termasuk ke dalam golongan orang2 saleh yang senantiasa dilindungi Allah Swt dan menghindar dan menjauh dari dosa , baik dosa kecil, terlebih dosa besar. Aamiin

Semangat Pagi Sahabat, Semangat menjemput rezeki_nya Jangan lupa untuk senantiasa berbuat baik dan saling berlomba dalam kebaikan, dan saling berpesan dalam kebenaran dan kesabaran.

Baraka Allah fikum. Aamiin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar