Laman

Selasa, 12 April 2016

SYAHADAT

SYAHADAT
1. Syahadatun Bil Qouli artinya penyaksian dengan lesan.
2. Syahadatun Bil Qolbi artinya penyaksian dengan hati.
3. Syahadatun Bil Arkaan penyaksian dengan seluruh anggauta badan.
Dan sehubungan dengan 3 Syahadat diatas, disini akan menerangkan lima rukun Islam, yang dalam istilah ABOGE-nya disingkat :
1. Jidat : Siji Syahadat (Nomer satu Syahadat).
2. Rolat : Loro Sholat (Nomer dua Sholat lima waktu).
3. Lukat : telu zakat (Nomer tiga Zakat).
4. Patso : papat poso (Nomer empat puasa dibulan Romadlon).
5. Moji : limo lungo kaji (Nomer lima pergi Haji).
SYAHADAT
Dalam Hadits Rosululloh SAW. pernah bersabda :
QOOLA ROSUULULLOOHI SHOLLALLOOHU ‘ALAIHI WASALLAM : MAN SYAHIDA ANLAA ILAAHA ILLALLOOH WA-ANNA MUHAMMADAN ROSULULLOOH HARROMALLOOHU ‘ALAIHIN NAAR (‘An Ubbadah) Hadits Shohih. Rowahu Ahmad Wa Muslim Wat-Tirmdzi.
Artinya : “ Bersabda Rosululloh SAW : Barang siapa yang bersaksi sesungguhnya tidak ada tuhan selain Alloh dan sesungguhnya Muhammad itu utusan Alloh, Maka Alloh mengharamkan atas orang tersebut masuk neraka”.
Jadi orang yang berSyahadat : Asyhadu Anlaa Ilaaha Illalloh Wa Asyhadu Anna Muhammadan Rosululloh , maka orang tersebut haram masuk ke neraka, dan halal masuk ke surga. Akan tetapi disini yang dimaksud bersyahadat adalah harus syahadat satu-kesatuan dari 3 Syahadat yang telah tersebut diatas, yakni :
1. Syahadatun Bil Qouli.
2. Syahadatun Bil Qolbi.
3. Syahadatun Bil Arkan.
Jadi kalau lesan mengucap : “Asyhadu Anlaa Ilaaha Illalloh Wa Asyhadu Anna Muhammadan Rosululloh” , maka hati-nyapun harus yakin bahwa ; Tidak ada tuhan lainnya Alloh dan Muhammad itu utusannya Alloh, begitu juga anggauta badannyapun harus bersaksi juga, yakni dengan melaksanakan perintah-perintah Alloh dan Rosululloh dan juga menjauhi larangan-larangan Alloh dan Rosululloh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar