Laman

Rabu, 25 April 2018

CAHAYA TUHAN


Cahaya Tuhan adalah perkara abstrak karena itu bukanlah cahaya sebagaimana cahaya matahari, namun cahaya maknawiah yang tidak mungkin nampak oleh mata, bahkan mata batin sekalipun.
Cahaya Tuhan itu berisikan sifat sifat Tuhan yang Agung, maka sesiapapun diliputi cahayaNya, seolah olah orang orang akan memandangnya sebagaimana mereka memandang Tuhan yang penuh keindahan, mempesona dan menakjubkan, seakan tersihir dan terkesima.
Padahal mereka baru memandang wajah manusia yang diliputi cahaya Tuhan, baru memandang dan terkena "efek samping" dari cahaya Tuhan, belum lagi terpandang cahayaNya yang maha indah.
Lalu diantara manusia bahkan disembah sebagaimana Isa as disembah, akibat orang orang yang tak mampu menahan luapan hati mereka tatkala Isa as memancarkan cahaya Tuhan dari dalam dirinya.
Demikianlah nasib yang diterima orang orang yang telah diliputi cahaya Tuhan dalam dirinya, maka jikalau Allah tiada menolong dan menghijab "rahasia" itu, niscaya orang orang awam akan menyembahnya.
Bagaimanakah keadaan dirimu sudah terpana akan cahaya?..... engkau sudah tak sadarkan diri mendapati keindahan dan mabuk karenanya.
Maka mengertilah engkau betapa dahsyatnya sifat Al-Jamal, kemahaindahan yang menyertai cahaya Tuhan..... Tak ada satupun manusia yang akan sanggup menahan luapan rasa batinnya, walau ia orang yang sekuat dan sekokoh apapun, maka semuanya pastilah akan karam tenggelam.
Sebab engkau tak bisa bermain main dengan lautan luas, selain ia akan melalap jiwamu habis tanpa sisa.
Jika engkau menggunakan hati dan rasamu yang benar benar dalam, benar benar khusyuk.maka perkataanku ini akan engkau fahami.
Dan ketahuilah, oleh sebab hal itulah maka Allah menghijab cahayanya.
di nukil dari syekh muhammad zuhri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar