Laman

Selasa, 28 Januari 2014

DZIKIR MENGINGAT ALLAH

Banyak ayat Qur’an yang memerintahkan kita untuk berdzikir mengingat Allah secara terus menerus setiap saat. Antara lain dalam surat An Nisa 103.

an-nisa-103103. Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring…… (An Nisa’ 103)

Dalam surat An Nisa ayat 103 diatas Allah memerintahkan kita untuk selalu ingat kepada Allah ketika berdiri , duduk dan berbaring. Kalau kita cermati itu adalah posisi yang kita jalani dan alami setiap detik dari kehidupan kita. Kalau tidak berdiri , tentu kita duduk atau berbaring, tidak ada posisi diluar itu. Ini berarti Allah memerintahkan kita untuk selalu ingat padaNya setiap saat dimanapun kita berada.

mengemudikan-kendaraanBagaimana mungkin kita berdzikir setiap saat, sedangkan kita selalu disibukan oleh kegiatan sehari hari. Apa mungkin kita berdzikir sambil berjalan, mengemudikan kendaraan, berlari, mengikuti rapat, metting, menulis, bekerja, dan lain sebagainya. Tentu Allah tidak akan memerintahkan kita mengerjakan sesuatu yang tidak mungkin kita laksanakan.

Berdzikir setiap saat bukanlah sesuatu yang tidak mungkin kita lakukan . Berdzikir bisa kita lakukan secara lisan, didalam hati, seorang diri ataupun berjamaah. Kegiatan shalat merupakan salah satu bentuk kegiatan dzikir yang bisa kita lakukan seorang diri, maupun berjamaah dengan lisan secara siir maupun jahar.

Agar kita bisa berzikir setiap saat kita harus melatih kemampuan berdzikir secara siir ( didalam hati, rahasia) .Dalam surat Al A’raaf ayat 205 Allah telah memerintahkan kita untuk berdzikir menyebut namaNya didalam hati dengan merendahkan diri danbtidak mengeraskan suara diwaktu pagi dan petang hari.

Al A'raaf 205

205. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.(Al A’raaf 205)

Kalimat dzikir yang dibaca didalam hati tidak akan mengganggu kegiatan kita sehari hari, kita bisa berdzikir mengagungkan Allah ketika berjalan, berlari, bekerja dan lain sebagainya tanpa mengganggu aktifitas kita sehari hari . Untuk bisa melakukan hal tersebut tentu harus dilatih dan dibiasakan setiap hari.

Dzikir mengingat Allah didalam hati

Kegiatan berdzikir yang dilakukan didalam hati bisa dilaksanakan tanpa mengganggu kegiatan dan aktivitas sehari hari. Kegiatan ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa diketahui orang lain. Orang yang ada dikiri kanan kita tidak akan tahu kalau kita sedang berdzikir. Ini adalah kegiatan yang dianjurkan Allah dalam surat Al A’raaf ayat 205.

Berbeda dengan kegiatan shalat, membaca qur’an, dzikir berjamaah atau seorang diri di Masjid, semua kegiatan itu membutuhkan waktu dan tempat yang khusus. Kegiatan seperti itu tentu tidak bisa dicampur dengan aktivitas lainnya. Semua kegiatan tersebut bisa diamati dan disaksikan oleh orang lain disekitar kita.

Dzikir didalam hati bisa kita lakukan ketika berjalan, berlari, olah raga, bekerja, mengendarai kendaraan, menunggu kendaraan di terminal bus atau kereta api, menunggu obat dirumah sakit atay apotik , ketika menghadiri rapat atau seminar, ketika sedang belajar di sekolah atau kampus . Kegiatan ini dapat kita lakukan tanpa menggangu aktivitas yang sedang kita kerjakan kapan saja dan dimana saja.

Kita bisa membaca kalimat tahlil laa ilaha illallah , tasbih subhanallah, tahmid alhamdulillah, takbir allahu akbar, asmaulhusna , membaca ayat ayat pendek didalam hati sambil melaksakan atifitas sehari hari.

Allah telah menjelaskan bahwa segala sesuatu yang ada dilangit dan bumi seperti bintang, bulan , matahari, asteroid, meteor, awan, hujan , halilintar, binatang yang melata dibumi, setiap sel atom dan partikel dibumi ini setiap saat selalu bertasbih mensucikan dan mengagungkan Allah sebagaimana disebutkan dalam surat al Israak ayat 44 :

Al Israak 4444. Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.( Al Israak 44)

Jika segala sesuatu yang ada di langit dan bumi sibuk bertasbih mensucikan Allah, maka sebagian besar manusia di bumi ini sibuk dengan urusan dunia dan pekerjaannya masing masing. Mereka tidak punya waktu untuk mengangungkan dan mensucikan Allah sedikitpun, kecuali orang yang beriman yang mau memperhatikan perintah Allah.

Berdzikir didalam hati merupakan sarana untuk mendekatkan diri pada Allah, yang tidak perlu menyediakan waktu dan tempat yang khusus , bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Namun sedikit sekali manusia yang melakukannya, sebagian besar manusia berada dalam keadaan lalai seperti yang diingatkan Allah dalam surat Al A’raaf ayat 205 wala takum minal ghoofilin …jangan kamu termasuk kelompok orang yang lalai.

Manfaat dzikir mengingat Allah

Dzikir mengingat Allah sangat besar manfaatnya bagi orang yang beriman sebagaimana disebutkan Allah dalam surat al ankabut ayat 45 …waladzikrullahu akbar, karena itu perintah untuk melaksanakan dzikir ini amat banyak disebutkan dalam Qur’an. Shalat dan membaca Qur’an merupakan salah satu kegiatan dzikir yang membutuhkan waktu dan tempat khusus untuk melakukannya. Beberapa manfaat dzikir yang disebutkan allah didalam al qur’an antara lain :

Selalu diingat dan diperhatikan Allah

Orang yang selalu ingat pada Allah akan selalu diperhatikan dan diingat Allah dimanapun dia berada , sebagaimana disebutkan dalam surat al Baqarah ayat 152 :

al-baqarah-1521

152. Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (Al Baqarah 152 )

Allah akan memperhatikan , menjaga dan memenuhi semua hajat kebutuhannya. Hidupnya diliputi keberkahan dan kemudahan, tidak ada masalah yang sulit baginya. Bersama Allah dia bisa menyelesaikan berbagai masalah yang hadir dihadapannya.

Bebas dari rasa gelisah, cemas dan takut yang berkepanjangan

Orang yang selalu ingat pada Allah terbebas dari rasa gelisah, cemas, tertekan, takut , stress berkepanjangan sebagaimana disebutkan dalam surat Ar Ra’d 28 :

ar-rad-28

28. (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.(Ar Ra’d 28)

Rasa cemas, gelisah, takut, strees berkepanjangan merupakan penyakit kejiwaan yang banyak dialami orang yang hidup dikota besar. Jika penyakit ini dibiarkan akan berlanjut pada berbagai macam penyakit fisik seperti darah tinggi, lever, jantung, tumor, dan lain sebagainya , dimana untuk menyembuhkannya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Doanya didengar dan diijabah Allah

Orang yang banyak berdzikir mengingat Allah mempunyai maqom dan kedudukan yang dekat dengan Allah. Jika dia mopon sesuatu Allah cepat memperhatikan dan mengabulkannya sebagaimana disebutkan Allah dalam surat Al Baqarah 186 :

186. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran (Al Baqarah 186)

Orang yang banyak berdzikir seperti ini tidak pernah larut dalam kesulitan dan kesukaran hidup yang berkepanjangan, ia bisa segera mengatasi berbagai masalah yang datang padanya dengan mudah. Doanya cepat diijabah dan dikabulkan Allah.

Mendapatkan shalawat dan rahmat dari Allah dan para Malaikatnya

Orang yang banyak berdzikir mendapatkan ucapan shalawat dan rahmat dari Allah dan para Malaikatnya , yang mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya, dari kesempitan pada kelapangan, dari tempat yang hina ketempat yang mulia sebagaimana disebutkan dalam surat al ahzab ayat 43 :

43. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman (al Ahzab 43)

Allah dan para Malaikatnya mengucapka shalawat pada orang yang berdzikir sebagaimana Allah mengucapkan salawat kepada para nabi seperti yang disebutkan dalam surat Al Ahzab ayat 56.

Membentengi diri dari gangguan jin dan sihir

Orang yang hatinya selalu berdzikir mengingat Allah selalu berada dalam pengawasan dan penjagaan Allah . Tentu saja dengan sendirinya Allah juga melindungi dan menjaganya dari kejahatan sihir, gangguan jin , syetan dan orang yang dengki sebagaimana disebutkan Allah dalam surat al Baqarah 102 , surat al Falaq dan an Naas.

Itulah beberapa manfaat yang didapat orang yang berdzikir mengingat Allah selama hidup didunia ini, sedangkan manfaat akhirat jauh lebih besar dari itu.

Mari kita hiasi hidup ini dengan banyak berdzikir mengingat Allah setiap saat dimanapun kita berada. Dzikir yang paling mudah pelaksanaan adalah dzikir yang dilakukan didalam hati, karena bisa kita lakukan bersamaan dengan kegiatan dan aktivitas kita sehari hari. Namun demikian untuk mampu melakukan dzikir didalam hati ini tetap saja dibutuhkan latihan untuk membiasakannya.

Kenyataannya dalam kehidupan sehari hari hati dan fikiran kita hanya dipenuhi oleh urusan pekerjaan dan masalah duniawi semata. Yang ada difikiran dan hati kita hanya masalah pekerjaan saja, sedikit sekali kita ingat pada Allah. Kebanyakan manusia berada dalam keadaan lalai dari mengigat Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar