Laman

Minggu, 26 Januari 2014

REZEKI BERLIMPAH SETELAH KEYAKINAN SEMPURNA



"Abdullah ibn Utbah menuturkan, 'Ketika Usman bin Affan r.a.terbunuh, kekayaan yang dimilikinya sebanyak 100.000 dinar, sejuta dirham, seribu kuda, seribu budak, beserta sumur Aris, Khaibar, dan Wadil Qura yang nilainya sekitar 200.000 dinar.

Sedangkan Amr bin Ash meninggalkan 300.000 dinar. Lalu, harta Zubair Ibn Awwam mencapai 50.000 dinar, 1000 kuda dan 1000 budak.

Kekayaan Abdurrahman bin Auf r.a. sudah sangat terkenal dan tak perlu disebutkan lagi. Dunia berada di tangan mereka; tidak di hati mereka. Mereka bersabar ketika harta itu pergi dari mereka dan bersyukur ketika harta itu bersama mereka.

Pada awalnya, Allah menguji mereka dengan kefakiran sampai. Cahaya mereka sempurna dan jiwa mereka bersih. Barulah kemudian Allah melimpahkan mereka dengan berbagai anugerah. Jika harta itu diberikan lebih dini, bisa jadi mereka akan rusak akibat harta. Tapi, ketika mereka diberi harta sesudah memiliki keyakinan yang kuat maka mereka mempergunakannya dengan amanah. Mereka menjalankan perintah Allah yang berbunyi, "Keluarkanlah dari harta yang diamanahkan kepada kalian!" (QS Al-Hadid: 7)"

--Ibnu Atha'illah dalam kitab Taj Al-'Arus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar