Laman

Kamis, 06 Maret 2014

Ahli Surga yang Memiliki Derajat Tinggi dan Surga Kenikmatan Yang Kekal.



1. Para Syuhada
Diriwayatkan dari Nu’aim bin Hammar ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Para syuhada yang paling utama adalah mereka yang berperang di barisan terdepan. Mereka tidak pernah menoleh atau mundur sehingga mati terbunuh. Merekalah orang-orang yang akan masuk kamar-kamar tingkat tinggi di dalam surga. Allah akan tertawa melihat mereka. ketika Allah sudah tertawa menyaksikan seorang hamba saat penempatan, amal orang tersebut tidak akan perlu dihitung atau dihisab.”

2. Pengasuh Anak Yatim
Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang mengasuh anak yatim, baik yang ada hubungan keluarga dengannya maupun tidak, aku dan orang ini kelak di surga seperti dua jari ini.” Malik bin Anas, perawi hadits ini memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah. (HR Muslim)

3. Orang-orang yang mengurus Janda dan Orang Miskin
Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang mengurus janda dan orang miskin, bagaikan orang yang berjuang di jalan Allah.” Aku juga menduga beliau bersabda, “Bagaikan orang yang selalu shalat malam, tetapi tidak pernah merasa lelah, dan bagaikan orang yang berpuasa yang tidak pernah berbuka.” (HR Muslim)

4. Orang-orang yang hafal al-Qur’an dan Mengamalkannya
Dari Abdullah bin Amr bi Ash ra. bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, “Nanti di surga, akan diperintahkan kepada orang yang senang membaca al-Qur’an, ‘Bacalah al-Qur’an dengan baik dan tartil, sebagaimana kamu membacanya dengan tartil ketika kamu di dunia karena sesungguhnya tempatmu bergantung pada akhir ayat yang kamu baca.” (HR Abu Daud dan Turmudzi, Turmudzi berkata, “Hadits ini hasan shahih.”)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar