Laman

Rabu, 07 Agustus 2013

HADIRKAN HATI SAAT BERDOA ..



Bismillahirrahmannirrahim,

.. Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Al-Mu’min: 60)

“ Ketahuilah, sungguh Allah tidak akan mengabulkan doa dari hati yang lupa dan lalai.” (HR. Tirmidzi & Hakim)

Hadirkan Hati Ketika Berdoa

Hati yang lalai, adalah hati yang kosong ketika berdoa, atau hanya bibir saja yang bergerak tanpa ada perasaan apa-apa ketika berdoa. Ar-Razi mengatakan: “Para ulama sepakat bahwa doa yang diucapkan dengan hati kosong akan sedikit manfaat dan tidak membawa pengaruh apa-apa dalam jiwanya.”

Mendidik hati untuk menghadirkan Allah dalam dzikir dan doa adalah dengan mengosongkan hati , ingatlah akan dosa-dosa kita, ingat maksiat yang pernah kita lakukan. Ingat hanya Allah yang berhak mengampuni. Dan hanya Allah yang berhak mengabulkan setiap doa.

Hadirkan pula rasa kelak kita mati, tidak ada yang bisa menolong di alam kubur dan akhirat nanti kecuali Allah.
Berusahalah terus sampai terasa bahwa tanpa pertolongan Allah kita tidak mampu apa-apa.

Pecahkan kekerasan dan keegoan hati kita.
Sesungguhnya hati yang lembut adalah hati yang bergetar dan mudah meneteskan airmata manakala asma Allah, Dzat Yang Maha Agung disebut.

@@@

Ya Allah, karuniakanlah ketakwaan kepada jiwa kami , sucikanlah jiwa kami , karena Engkaulah sebaik-baik yang menyucikan jiwa, Engkaulah Yang Menguasai dan melindungi jiwa.

Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu', hawa nafsu yang tidak pernah puas dan doa yang tidak dikabulkan.. (HR. Muslim)

Aamiin yaa Robbal alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar