Laman

Jumat, 10 Januari 2014

4 jenis Manusia Menurut Quthubul Ghouts

Menurut Syeh Abdul Qodir Jailani ada Empat Jenis manusia yang hidup di Dunia, yaitu

Pertama : Mereka yang tidak Berlidah dan Berhati. Mereka ini adalah Orang yang bertaraf Biasa. Berakhlak Tumpul dan tidak mengenal Allah SWT.

Kedua : Mereka yang Berlidah tetapi tidak Berhati. Mereka ini adalah Orang – orang yang pandai bercakap (Berbicara) tetapi tidak melakukan seperti yang diucapkannya, mengajar manusia menuju Allah SWT tetapi Dia sendiri lari dai Allah SWT. Mereka benahi maksiat orang lain tetapi Dia bergelimang dengan Maksiat itu sendiri. Mereka ini disebut Orang Alim yang Jahat atau Harimau yang Berpakaian.

Ketiga : Orang yang Berhati tetapi tidak Berlidah. Mereka ini adalah orang – orang yang beriman, orang yang dapat melihat cacat diri sendiri, tetapi Mereka sadar tentang kejahatan yang timbul karena mencampuri urusan orang lain maka Mereka tidak terlalu berkata banyak tentang kebenaran. Orang – orang dari golongan ini termasuk dalam Golongan Orang – orang yang Pendiam.

Keempat : Mereka yang diberi Pakaian Kemulyaan dan Mereka adalah orang – orang yang memiliki ilmu ketuhanan, memegang rahasia – rahasia Allah SWT yang tidak diberikan kepada orang lain. Hati mereka akan dilapangkan untuk menerima rahasia dan ilmu yang tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa mereka ini termasuk Orang – orang Allah SWT yang setingkat Wali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar