Laman

Jumat, 10 Januari 2014

Mengenal 7 Latifah Pada Manusia


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mengenal 7 Latifah Pada Manusia

Bismillahirahmanirahiim

Manusia diciptakan Allah SWT sebagai mahluk yang palling Mulia diantara mahluk lainnya,namun dibalik ini semua banyak juga yang merendahkan derajatnya sebagai mahluk yang paling Mulia.

Manusia bisa melebihi Malaikat dalam beribadah dan bisa menjadi syaitan dan bahkan lebih parah dari binatang.

Didalam diri manusia terdapat 7 tempat lahir dan batin,ada pun yang lahir seperti mata,telinga,hidung,mulut,tangan,kaki,syahwat,sampai perut.Sedangkan yang batin dikenal dengan nama latifah adalah sebagai berikut :

1)Latifah Qalbi
letaknya berada dua jari dibawah payudara kiri,disinilah letak sifat" kemusyrikan,kekafiran,tahayul,dan sifat iblis.Jika latifah ini disucikan maka akan terisi iman,islam,ihsan,dan ma'fia.

2)Latifah Ruhi
letakny berada dua jari diatas payudara kanan,disinilah terletak sifat binatang jinak  yaitu sifat yang menuruti hawa nafsu yang selalu berada dalam ketaatan kepada Allah SWT.

3)Latifah Sirri
letaknya berada dua jari diatas payudara kiri,disinilah terletak sifat binatang buas yaitu:Sifat Zhalim,pemarah,pendendam,jika latifah ini disucikan maka akan terisi sifat kasih sayang dan ramah tamah.

4)Latifah Khafi
letaknya berada dua jari diatas payudara kanan,disinilah sifat pendengki,khianat,jika latifah ini disucikan maka akan terisi sifat syukur dan sabar.

5)Latifah Akhfa
letaknya berada ditengah" dada,disinilah letaknya sifat riya,sombong,membanggakan diri,memamerkan kebaikan diri,takabur,jika sifat ini disucikan maka akan ikhlas,khusu,tawadhu.

6)Latifah Nafsu Natiqo
letaknya berada diantara dua kening , disinilah letaknya nafsu amarah yaitu nafsu yang selalu mendorong pada kejahatan.Jika latifah ini disucikan maka akan tentram dan pikiran tenang.

7)Latifah Kullu Jasad
terletak diseluruh tubuh jasmani,disinilah terletak sifat malas beribadah,jahil.Jika latifah ini disucikan maka akan terisi ilmu dan amal.

Untuk mensucikan latifah ini tentunya harus banyak beristighfar,mohon ampun kepada Allah dan berdzikir ada pun dzikir yang digunakan seperti dzikir nafi is'bat " Laa ilaaha illallah" meniadakan ( nafi ) seluruh bentuk Tuhan seperti Tuhan,Hawa nafsu,Patung",Jin,Berhala,Thaghut,Syirik  dan menetapkan(isbat)bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah.Selain itu ada dzikir Ismuzat"Allah".

 Tentunya dalam hal pemahaman dan pengalaman ini perlu belajar pada orang" yang benar" faham dan mengerti agar tidak keliru untuk mencapai tauhid yang sesungguhnya serta mencapaii ma'arifat.

** KEEP ISTIQAMAH ** 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

  Bismillahirahmanirahiim Manusia diciptakan Allah SWT sebagai mahluk yang palling Mulia diantara mahluk lainnya,namun dibalik ini semua banyak juga yang merendahkan derajatnya sebagai mahluk yang paling Mulia. Manusia bisa melebihi Malaikat dalam beribadah dan bisa menjadi syaitan dan bahkan lebih parah dari binatang. Didalam diri manusia terdapat 7 tempat lahir dan batin,ada pun yang lahir seperti mata,telinga,hidung,mulut,tangan,kaki,syahwat,sampai perut.Sedangkan yang batin dikenal dengan nama latifah adalah sebagai berikut : 1)Latifah Qalbi letaknya berada dua jari dibawah payudara kiri,disinilah letak sifat" kemusyrikan,kekafiran,tahayul,dan sifat iblis.Jika latifah ini disucikan maka akan terisi iman,islam,ihsan,dan ma'fia. 2)Latifah Ruhi letakny berada dua jari diatas payudara kanan,disinilah terletak sifat binatang jinak yaitu sifat yang menuruti hawa nafsu yang selalu berada dalam ketaatan kepada Allah SWT. 3)Latifah Sirri letaknya berada dua jari diatas payudara kiri,disinilah terletak sifat binatang buas yaitu:Sifat Zhalim,pemarah,pendendam,jika latifah ini disucikan maka akan terisi sifat kasih sayang dan ramah tamah. 4)Latifah Khafi letaknya berada dua jari diatas payudara kanan,disinilah sifat pendengki,khianat,jika latifah ini disucikan maka akan terisi sifat syukur dan sabar. 5)Latifah Akhfa letaknya berada ditengah" dada,disinilah letaknya sifat riya,sombong,membanggakan diri,memamerkan kebaikan diri,takabur,jika sifat ini disucikan maka akan ikhlas,khusu,tawadhu. 6)Latifah Nafsu Natiqo letaknya berada diantara dua kening , disinilah letaknya nafsu amarah yaitu nafsu yang selalu mendorong pada kejahatan.Jika latifah ini disucikan maka akan tentram dan pikiran tenang. 7)Latifah Kullu Jasad terletak diseluruh tubuh jasmani,disinilah terletak sifat malas beribadah,jahil.Jika latifah ini disucikan maka akan terisi ilmu dan amal. Untuk mensucikan latifah ini tentunya harus banyak beristighfar,mohon ampun kepada Allah dan berdzikir ada pun dzikir yang digunakan seperti dzikir nafi is'bat " Laa ilaaha illallah" meniadakan ( nafi ) seluruh bentuk Tuhan seperti Tuhan,Hawa nafsu,Patung",Jin,Berhala,Thaghut,Syirik dan menetapkan(isbat)bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah.Selain itu ada dzikir Ismuzat"Allah". Tentunya dalam hal pemahaman dan pengalaman ini perlu belajar pada orang" yang benar" faham dan mengerti agar tidak keliru untuk mencapai tauhid yang sesungguhnya serta mencapaii ma'arifat. ** KEEP ISTIQAMAH **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar