Laman

Jumat, 07 Maret 2014

*** SEBUAH NASEHAT ***


Duduk bersama orang-orang sholeh atau mendengar percakapan (nasihat) mereka. Atau mendengar hadits dari mereka.... Atau membaca manaqib dan keutamaan mereka adalah daripada perkara yang membuat hati tenang dengannya..... Dada menjadi lapang dan membaikkan akhlaq dan ‘amalan.

= Di dalam kitab: "Jala adh-Dholaam ‘ala ‘Aqidatil Awwam" pula disebutkan: ** Ketahuilah...!!!, Sayogia bagi setiap muslim yang menuntut kelebihan dan kebaikan (dari Allah Ta’ala). Bahwa dia mencari Barakah, Nafahat, Makbulnya doa dan turunnya curahan rahmat pada Auliya’ di dalam Majlis perhimpunan mereka.

Baik ketika mereka masih hidup atau telah meninggal dunia......... Ketika berada disisi kubur mereka atau ketika berziarah...... Atau Ketika menyebut keutamaan mereka dan membaca manaqib mereka.

= Dan di dalam Kitab: "Ainul Adab was Siyasah", halaman 158, disebutkan: Sayyiduna Umar bin al-Khattab:

** “Hendaklah kalian mendengar cerita-cerita tentang orang-orang yang memiliki keutamaan, kerana hal itu termasuk dari kemuliaan dan padanya terdapat kedudukan dan kenikmatan bagi jiwa....”.

= Di dalam kitab tersebut juga, menyebut: ** Ali bin ‘Abdurrahman bin Hudzail berkata:

“Ketahuilah...!!, bahwa membaca kisah-kisah dan sejarah-sejarah tentang orang yang memiliki keutamaan akan memberikan ketenangan dan kesenangan dalam jiwa seseorang. Kisah-kisah tersebut akan melegakan hati serta mengisi kehampaan. Membentuk watak yang penuh semangat dilandasi kebaikan, serta menghilangkan rasa malas”.

= Kata al-Habib ‘Ali bin Muhammad bin Hussin al-Habsyi: **Jika riwayat hidup kaum ‘arifin dibacakan kepada orang yang beriman.... Maka keimanannya kepada Allah akan semakin kokoh. Sebab, kehidupan mereka merupakan cermin daripada Kitabullah yang didalamnya terkandung ilmu orang-orang terdahulu dan yang akan datang.... Dan juga gambaran dari hadits-hadits Rasulullah Saw.

= Al-'Arifbillah al-Quthb al-Habib Ahmad bin Hasan al-Atthas. ** Sewaktu beliau masih ada kota Tarim pada suatu majlis yang dihadiri oleh banyak orang dari golongan Saadah Bani Alawi dan lainnya. Setelah selesai pembacaan kitab dan qasidah daripada kalam salaf (para leluhur ahlulbait terdahulu)..... Beliau berkata: " Apabila seseorang merasakan hatinya susah atau anggota badannya terasa malas untuk melakukan amal kebajikan. Maka lihatlah atau bacalah kalam (ucapan) para salaf, agar hilang perasaan susah dan rasa malas yang ada pada dirinya. Janganlah seseorang memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang tidak mampu untuk dilakukan. Bertakwalah kepada Allah semampumu. Bersyukurlah kepada Allah jika engkau diberi taufiq untuk dapat melakukan amal-amal shaleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar