Laman

Sabtu, 08 Februari 2014

Korbankan Dirimu


Suatu hari, Abu Sa'id pergi berjalan-jalan. Beberapa orang murid, termasuk Sankani, ikut

menemaninya. Ketika mereka tengah berjalan, Abu Said melihat bahwa Sankani terlalu sibuk dengan

penampilannya sendiri. Ia melarang Sankani untuk berjalan di depannya. Si murid itu pun pindah ke

samping kiri Syeikh. Setelah beberapa saat, ia meminta lagi, Jangan berjalan di sebelah kiriku. Sankani

berpindah lagi ke sebelah kanan tapi Abu Said kembali melarangnya berjalan di sisi itu.

Sankani kebingungan dan kesal. Ia bertanya, "Lalu di mana saya harus berjalan" Abu Said

menjawabnya dengan sebuah cerita: "Dahulu aku senang bepergian. Lalu aku menyesal karena

perjalananku telah membuat aku kehilangan waktu untuk berguru kepada seorang syeikh. Ketika aku

kembali belajar kepada syeikh itu, ia berkata bahwa aku tak usah menyesali sepuluh tahun kepergianku

itu karena selama itu yang ia ajarkan sebenarnya hanya satu hal -dan hal itu pun amat singkat:

Korbankan ego-mu. Itu saja."

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar