Laman

Jumat, 13 Oktober 2017

mengenal alam malakut


Alloh berfirman " اَلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَ تُكَلِّمُنَا أَيْدِيْهِمْ وَ تَشْهَدُ اَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ
"Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan."
(QS. 36:65)
penjelasan ayat: اَلْيَوْمَ = "pada hari itu"
hari itu adalah hari kebangkitan (ket. hari kebangkitan itu bukan terjadi setelah nyawa lepas dari jasad tapi hari kebangkitan itu adalah hari sekarang dimana alam-alam malakut, jabarut dan lahut di tampakkan dikehidupan sekarang ini)
.
nabi saw bersada : بُعِثْتُ وَ السَّاعَةُ كَهَتَيْنِ
"Sesungguhnya aku di utus, dengan datangnya hari kiamat (kebangkitan) adalah sebagaimana antara kedua jari ini (antara jari tengah dan telunjuk)." (Hadits shoheh bukhori no. 4555)
.
hadis ini menjelaskan bahwa hari kebangkitan bukan nanti setelah nyawa tidak ada, tapi hari kebangkitan itu adalah ketika nabi diutus itulah hari kebangkitan, maksudnya dengan diutusnya nabi saw. disaat itulah hari kebangkitan pada keadaan nabi saw. karena dekatnya diibaratkan dua jari tengah dan telunjuk yang bergandengan ..
.
dan jika orang mengetahui tentang alam malakut, jabarut dan lahut, dia akan paham sekali bahwa yang di maksud hadits nabi saw. tentang kebangkitan itu adalah saat-saat dibukanya tentang alam-alam tersebut sekarang ini bukan nanti.
kembali pada ayat di atas ....
jadi yang dimaksud hari itu adalah hari kebangkitan ketika alam-alam malakut, jabarut dan lahut di tampakkan ...
.
penjelasan ayat : نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ = "Kami tutup mulut mereka"
maka pada hari itu ... semua mulut ditutup ... artinya, bahasanya sudah bukan bahasa lisan, sudah bukan bahasa nama-nama .... disinilah hari pertanyaan malaikat mungkar dan nakir siapa tuhanmu dan siapa nabimu ... yang jawabannya bukan dengan nama "Alloh" atau nama "muhammad" tapi jawabannya adalah dengan ma'rifatulluh dan ma'rifaturrosul, mengenal Alloh, dan mengenal nabi saw. inilah alam malakut.
penjelasan ayat : وَ تُكَلِّمُنَا أَيْدِيْهِمْ = "berkatalah kepada Kami tangan mereka"
seharusnya kita berpikir dengan akal kita, jangan dengan hayalan dan prasangka, saya sudah sering menyampaikan di status-status sebelumnya, bahwa mempelajari ilmu hakikat itu jangan dengan prasangka hayalan.
,
seandainya kita mau berfikir.
seperti apakah jika tangan berkata ..?
suara apakah yang keluar ? apakah yang keluar nam-nama? inilah yang dimaksud bahwa nama-nama itu sudah tidak terpakai lagi ... berkatanya tangan itu adalah dengan bahasa sifat-sifat hakikat yang dikenalinya ... tanpa suara dan tanpa kata-kata ..
.
orang yang pernah mengalaminya akan paham hal ini ..
.
penjelasan ayat : وَ تَشْهَدُ اَرْجُلُهُمْ = "memberi kesaksianlah kaki mereka"
.
ayat ini menjelaskan tentang alam lahut atau alam lauh mahfudz karena di alam lahut ini, adalah alam kesaksian yaitu penyaksian kepada dzat ... penyaksian kepada Rosul .. penyaksian kepada kalamulloh ... dan penyaksian terhadap segala yang Alloh sampaikan kepada RosulNya, termasuk penyaksian kepada Alloh ...
.
penjelasan : بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ = "terhadap apa yang mereka usahakan."
.
dan ayat ini adalah menjelaskan alam jabarut, alam perbuatan yang segala perbuatan sudah tidak ada lagi selain perbuatanNya, semua perbuatan telah dikuasai oleh perbuatanNya dengan sifat jabbar-Nya maha memaksa ... (JAbARRUT) ...
.
. SEMOGA MANFAAT
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar